Logo Daihatsu
Menu

5 Fakta Unik yang Membuat Medan Semakin Istimewa

Travel

2020-12-15

medan

Medan adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan keragaman budayanya. Keberagaman agama, seni, tradisi, hingga etnis membuat Medan terasa istimewa karena kedamaian tetap terjaga di antara masyarakatnya.

Tidak hanya mengenai keberagaman budaya, Medan semakin istimewa dengan 5 hal unik berikut. Mulai dari fakta menjadi tiga teratas kota terbesar di Indonesia hingga terkenal sebagai surga bagi para pecinta durian, Medan akan memanjakan mata dan lidah Sahabat ketika berkunjung ke kota di Sumatera Utara tersebut.

Kota Terbesar Ketiga di Indonesia

Sebagai kota terbesar di Sumatera, Medan kerap kali menjadi primadona bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya. Kota ini bahkan menjadi pusat ekonomi dan komersial di seluruh pulau Sumatra.

Tidak hanya itu, Medan yang memiliki kepadatan penduduk lebih dari 2,2 juta jiwa tentu saja tergolong sebagai kota metropolitan. Tidak hanya itu, kota ini juga tergolong sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya loh, Sahabat.

Bagian dari Ibu Kota Negara

Sesuai dengan sejarah Indonesia, negara ini pernah berdiri sebagai negara federal dengan 7 negara bagian. Meskipun hanya berumur hitungan bulan, bentuk negara Indonesia yang disebut Republik Indonesia Serikat (RIS) ini tetap penting dalam sejarah Indonesia.

Berlangsung dari Desember 1949 hingga Agustus 1950, salah satu negara bagian dari RIS adalah Sumatra. Medan tentu saja menjadi ibu kota negara Sumatera. Di sinilah Medan menjadi bagian penting sejarah Indonesia hingga sekarang berbentuk NKRI.

Rumah Para Seniman

Medan terkenal sebagai kota seniman. Banyak pelaku seni yang berasal dari sana, mulai dari penyanyi, sineas, hingga penyair.

Siapa yang tak kenal dengan Chairil Anwar? Penyair yang terkenal dengan puisi-puisi romantis nan beraninya. Penyair yang dijuluki dengan sebutan “Si Binatang Jalang” ini lahir di Medan pada 26 Juli 1922.

Joko Anwar, sineas yang belakangan terkenal karena film-film garapannya menembus Box Office dunia juga berasal dari Medan. Banyak pula penyanyi bersuara emas jebolan ajang pencarian bakat berasal dari kota ini, seperti Maria Simorangkir, Vionita Veronika Sihombing, Lyodra Ginting, hingga si cantik Mawar Eva De Jongh yang pada 2015 keluar sebagai juara di ajang Miss Celebrity Indonesia dan sekarang suara indahnya melalang di berbagai platform pemutaran musik.

Asal Mula Catur di Indonesia

Salah satu serial berjudul The Queen’s Gambit membuat permainan catur naik daun belakangan ini. Di Indonesia sendiri, ternyata awal mula sejarah catur berawal di Medan loh, Sahabat, yaitu sekitar tahun 1904.

Permainan olahraga yang lebih mengandalkan strategi otak ini pertama kali diberitakan di surat kabar Sumatra Post pada 11 Juni 1904. Saat itu di salah satu artikel menuturkan dua lelaki yang berdialog tentang catur. Konon, bentuk dan permainan catur di Medan diadopsi dari dua persilangan budaya Batak dan asing.

Medan Surga Durian

Medan menjadi wilayah yang menggembirakan bagi pecinta durian. Hal tersebut karena mudah sekali menemukan durian dengan cita rasa lezat dengan aroma tajamnya di Medan.

Banyak kebun yang menanam durian di kota ini atau bahkan didatangkan dari kota-kota terdekat sehingga harga durian di sini tergolong murah. Untuk satu buahnya, Sahabat bisa membeli dengan harga mulai dari Rp10.000 saja loh. Wah, pasti puas sekali ya pecinta durian di Medan ketika musim panen durian tiba.

Dari 5 fakta menarik di atas, Medan tidak lagi mengenai bahasa Batak saja ya, Sahabat. Medan benar-benar unik daya tariknya untuk dikunjungi. Yuk, agendakan berkunjung ke Medan dengan teman atau keluarga!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Taman Wisata Jambi Paradise

2021-01-18

Taman Wisata Jambi Paradise merupakan salah satu tempat wisata di Jambi yang banyak dikunjungi. Sebelum pandemi, rata-rata ada 20 ribu pengunjung setiap harinya saat mus

thumbnail

7 Tips Liburan ke Lembang yang Nyaman Bersama Keluarga

2020-12-15

Lembang merupakan salah satu kawasan favorit yang dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Bandung. Seperti layaknya orang lebih mengenal Bali daripada Indonesia, se

thumbnail

17 Makanan Khas Madiun yang Paling Diburu Wisatawan

2021-02-26

Pergi liburan ke suatu daerah, pasti rasanya kurang lengkap kalau tidak sekaligus mencoba makanan khasnya. Terlebih jika anda jalan jalan ke Madiun, pasalnya kota yang a

thumbnail

Tempat Wisata di Yogyakarta yang Instagramable, Cocok untuk Berfoto

2020-10-28

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, tempat wisata di Yogyakarta memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Kentalnya unsur budaya Jawa m