Logo Daihatsu
Menu

3 Cara Pasang Alarm Mobil dengan Benar

Otomotif

2021-01-06

cara pasang alarm mobil

Pencurian mobil masih marak di beberapa wilayah Indonesia, terutama jika Anda tinggal di kota metropolitan dengan tingkat mobilitas tinggi. 

Demi melindungi kendaraan dari tangan oknum kurang bertanggung jawab, banyak pemilik mobil yang berinisiatif menerapkan cara pasang alarm mobil sendiri. Bagaimana caranya? Simak ulasan singkat berikut. 

1. Memilih Central Lock dan Alarm 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum proses pemasangan alarm pada kendaraan dilakukan. Misalnya Anda harus memahami bagaimana cara kerja dari alarm mobil jauh hari sebelum pemasangan fitur keamanan tersebut dilakukan. 

Hal yang tidak kalah penting diperhatikan, yaitu apakah alarm mobil yang sudah dipilih cocok dengan tipe kendaraan Anda. 

Bahkan membeli alarm mobil dengan harga tinggi tidak akan menjamin jika fitur keamanan tersebut dapat berfungsi optimal, apabila spesifikasinya sendiri tidak cocok dengan mobil Anda. 

Oleh karenanya, Anda tidak bisa memasang fitur canggih tersebut sembarangan tanpa memperhatikan beberapa hal penting tersebut. 

Agar tidak mengalami kesulitan dan kesalahan dalam pemasangannya, setidaknya ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebelum menerapkan cara pasang alarm mobil. 

Pertama tama, Anda harus memahami penempatan alarm yang sesuai dengan tipe kendaraan. Dengan meletakkannya di tempat yang tepat, maka aksesoris tersebut dapat berfungsi optimal. 

Kedua, Anda harus memahami instalasi kelistrikan kendaraan serta memperhatikan sumber tenaga yang digunakan agar alarm dapat berfungsi optimal.

Apabila instalasi dilakukan dengan benar, saatnya memilih central lock serta alarm yang sesuai. Umumnya satu paket central lock dan alarm sudah terdiri dari beberapa komponen penting. 

2. Panduan Memasang Central Lock dan Alarm

Pada langkah selanjutnya, Anda perlu mengebor sisi pintu yang akan disematkan lock actuator. Hal ini penting dilakukan, karena lock actuator sendiri terdiri dari 5 kabel berwarna warni. 

Apabila cara pasang alarm mobil kurang tepat, maka tidak heran jika fitur keamanan ini tidak dapat berfungsi optimal. 

Nantinya terdapat kabel akan ditempatkan pada bagian pintu utama (pintu pengemudi), sedangkan lock actuator lainnya akan ditempatkan pada bagian pintu lainnya. 

Khusus untuk kabel bawaan central locknya, akan disesuaikan dengan modul lock actuatornya. Agar modul central lock tetap terlindungi, Anda bisa meletakkannya di bagian bawah dashboard kendaraan. 

Setelah pemasangan kabelnya sudah berhasil dilakukan, saatnya untuk menyambungkan kabel power dari modul central lock menuju aki. Ketika pemasangan dilakukan dengan tepat, maka lock actuator akan berfungsi dengan baik. 

Hal ini ditandai dengan tuas pengunci pada pintu kendaraan bergerak naik atau turun ketika fiturnya dinyalakan. 

3. Menyambungkan Central Lock dan Remote Alarm

Cara pasang alarm mobil yang terakhir adalah menyambungkan central lock dan remote alarm-nya. 

Cara menyambungkannya cukup mudah, di mana Anda harus sambungkan kabel berwarna merah (+) menuju aki dan kabel berwarna hitam (-) disambungkan ke bodi mobil. 

Sedangkan kabel coklat disambungkan dengan lampu sein, dan kabel merah muda ke speaker. 

Memasang alarm pada kendaraan kesayangan, merupakan salah satu langkah pencegahan terjadinya pencurian.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mau Beli Odometer Mobil Bekas? Cek Dulu Keasliannya dengan Cara Ini!

2021-05-06

Bila Sahabat hendak membeli odometer mobil bekas, harap sedikit lebih hati-hati. Soalnya, sekarang banyak dijual odometer bekas yang palsu. Odometer semacam itu biasanya

thumbnail

Apa itu Kompresi pada Mobil? Ini Daftar Rasionya!

2022-12-15

Kompresi secara bahasa artinya adalah pemampatan. Dalam proses kompresi tentu saja menimbulkan tekanan. Oleh karena itu dalam dunia otomotif, kompresi adalah pemampa

thumbnail

Apakah Oli Mobil Bisa untuk Motor? Ini Penjelasannya!

2023-05-09

Apakah oli mobil bisa untuk motor, merupakan pertanyaan yang kerap kali menghiasi sosial media khususnya penggemar

thumbnail

Kelebihan Cuci Mobil Premium Dibandingkan Cuci Mobil Biasa

2022-05-27

Salah satu opsi perawatan ekstra pada mobil yaitu cuci mobil premium atau premium car wash. Ini biasanya disediakan oleh workshop car detailing yang tentunya mema