Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Cek Pajak Kendaraan Riau Online Terbaru 2024, Mudah!

Otomotif

2024-02-15

3 Cek Pajak Kendaraan Riau Tanpa Nomor Rangka, Mudah!

Setiap kendaraan yang memasuki masa tenggang pembayaran pajak memiliki kewajiban untuk melunasi pajaknya. Salah satu syarat penting dalam proses pengecekan pajak adalah memasukkan nomor rangka kendaraan.

Meski begitu, bagi pemilik kendaraan yang telah mengalami beberapa proses modifikasi atau servis, kemungkinan kehilangan nomor rangka bisa menjadi kendala.

Untuk anda warga Riau yang akan membayar pajak kendaraan bermotornya, tak perlu khawatir, karena di artikel ini, kami akan menjelaskan cara cek pajak kendaraan Riaun tanpa nomor rangka dengan mudah.

Cara Cek Pajak Kendaraan Riau tanpa Nomor Rangka

Berikut, beberapa cara mudah cek pajak kendaraan Riau tanpa nomor rangka :

1. Menggunakan SMS

Pengecekan pajak kendaraan Riau tanpa nomor rangka bisa Anda lakukan melalui via SMS dengan cara:

  1. Pertama-tama buka terlebih dahulu menu pesan atau message di ponsel Anda.
  2. Langkah kedua, Anda tinggal mengetik format seperti berikut. Info (spasi) kode plat nomor polisi daerah Riau atau nomor seri plat nomor dan kombinasi huruf di belakang nomor seri (spasi) warna kendaraan. Contohnya seperti berikut: BM/4160/RF Merah.
  3. Langkah ketiga, kirim format SMS tersebut ke nomor 08112119211. Tunggu sebentar, hingga Anda mendapatkan balasan informasi mengenai seputar kendaraan Anda, kode pembayaran pajak beserta besaran pajak yang harus Anda bayarkan.
  4. Langkah keempat, lakukan pembayaran. Anda bisa melakukan pembayaran melalui kantor SAMSAT secara langsung atau secara online melalui transfer bank ataupun marketplace.

Baca Juga : Cara Melihat Pajak Motor di STNK Secara Online

2. Menggunakan Aplikasi SAMSAT Digital Nasional (SIGNAL)

Opsi kedua, Anda bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan Riau tanpa nomor rangka menggunakan aplikasi SIGNAL. Caranya cukup mudah sekali, Anda hanya perlu memperhatikan langkah-langkah berikut.

  1. Pertama-tama Anda buka terlebih dahulu aplikasi pengunduhan di ponsel Anda. Selanjutnya, Anda ketik di halaman pencarian dengan kata kunci “aplikasi SAMSAT Digital Nasional” atau SIGNAL.
  2. Selanjutnya, Anda tinggal mengunduh aplikasi tersebut lalu install.
  3. Jika sudah terinstall, Anda buka aplikasi tersebut lalu pilih pendaftaran pada menu.
  4. Selanjutnya, masukkan plat nomor kendaraan Anda, lalu tekan tombol lanjut.
  5. Tunggu beberapa saat, hingga muncul informasi mengenai identitas kendaraan Anda beserta besaran pajak yang harus dibayarkan. 
  6. Selanjutnya, tekan tombol proses pembayaran agar Anda mendapatkan kode billing pembayaran dan bayar sesuai tagihan. Jangan lupa untuk menyimpan bukti telah melakukan pembayaran. Bukti tersebut nantinya perlu Anda tukar ke SAMSAT terdekat sebagai bukti bahwa Anda telah melakukan pembayaran pajak.

Baca Juga : 4 Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor

3. Melalui Kantor SAMSAT Terdekat

Cara ketiga, Anda bisa langsung melakukan pengecekan dan pembayaran pajak di SAMSAT terdekat. Di SAMSAT nantinya nomor rangka akan di cek oleh petugas pengecekan fisik kendaraan. Anda tinggal melakukan pendaftaran, cek fisik kendaraan, dan membayar biaya pajak sesuai dengan yang ditagihkan.

4. Melalui E-Samsat Riau

Demi mempermudah warga Riau dalam mengakses informasi tagihan pajak kendaraan, Bapenda Riau menyediakan situs resmi bernama e-Samsat. Fungsi e-samsat ini adalah memfasilitasi masyarakat untuk memenuhi kewajiban membayar pajak dengan lebih sederhana. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti dengan mudah:

  1. Kunjungi situs web resmi Samsat melalui alamat e-Samsat Riau.
  2. Isi kode pelat nomor kendaraan Anda.
  3. Lanjutkan dengan memasukkan nomor pelat kendaraan dan nomor seri kendaraan.
  4. Ketikkan 5 digit angka terakhir dari nomor rangka kendaraan Anda.
  5. Pilih provinsi registrasi kendaraan yang sesuai.

Setelah seluruh informasi terisi, cukup tekan tombol "Cek sekarang" dan berikan waktu beberapa saat. Secara otomatis, situs akan menampilkan informasi lengkap mengenai identitas kendaraan Anda dan rincian tagihan pajak yang perlu dibayarkan. Dengan tata cara yang terstruktur ini, proses pengecekan dan pembayaran pajak kendaraan menjadi lebih cepat dan efisien bagi para pengguna.

5. Melalui Bapenda Riau

Cara lain untuk mengecek tagihan pajak mobil Anda adalah melalui situs web resmi Badan Pendapatan Daerah Riau, atau Bapenda Riau. Prosesnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengunjungi situs Bapenda Riau, kemudian masukkan kode pelat nomor kendaraan dan 5 digit angka terakhir dari nomor rangka kendaraan.

Selanjutnya, pilih opsi Pajak 1 Tahunan atau 5 Tahunan, dan situs akan segera menampilkan identitas kendaraan beserta rincian tagihan pajak yang perlu dibayarkan. Informasi lainnya, seperti PKB, denda PKB, SWDKLLJ, denda SWDKLLJ, hingga parkir berlangganan, juga tersedia untuk kemudahan Anda. Dengan langkah-langkah yang jelas dan aksesibilitas yang tinggi, Anda dapat mengelola pembayaran pajak kendaraan dengan efisien melalui situs Bapenda Riau.

Di mana saja Alamat Samsat area Riau?

Berikut ini adalah informasi terkait kantor Samsat Riau yang diperoleh dari laman resmi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau, dengan rincian untuk beberapa kota dan kabupaten di Riau:

1. Samsat Pekanbaru

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 6, Simpang Tiga Pekanbaru, Kode Pos: 28284.

Kontak: 0761-7079852.

Jam Operasional:

  • Senin-Kamis: 08:00-14:00 WIB
  • Jumat-Sabtu: 08:00-11:00 WIB

2. Samsat Bangkinang (Kampar)

Alamat: Jl. Letnan Boyak No. 47, Langgini, Bangkinang, Kab. Kampar, Kode Pos: 28463.

Kontak: 0762-20186.

Jam Operasional:

  • Senin-Kamis: 08:00-15:00 WIB
  • Jumat-Sabtu: 08:00-11:00 WIB

3. Kantor Samsat Duri (Bengkalis)

Alamat: Jl. Harapan Jaya No. 14 (samping SPBU Hangtuah), Duri.

Kontak: 0765-94289.

Jam Operasional:

  • Senin-Kamis: 08:00-14:00 WIB
  • Jumat-Sabtu: 08:00-11:00 WIB

4. Kantor Samsat Tembilahan (Indragiri Hilir)

Alamat: Jl. Pendidikan No. 9, Tembilahan.

Kontak: 0768-22734.

Jam Operasional:

  • Senin-Kamis: 08:00-15:00 WIB
  • Jumat-Sabtu: 08:00-11:00 WIB

5. Kantor Samsat Rengat (Indragiri Hulu)

Alamat: Jl. Raya Pematang Reba, Pematang Reba, Kec. Rengat, Kode Pos: 29351.

Kontak: 0877-1215-7749.

Jam Operasional:

  • Senin-Kamis: 08:00-15:00 WIB
  • Jumat-Sabtu: 08:00-11:00 WIB

Harap dicatat bahwa jadwal operasional dapat mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Sebaiknya, kunjungi kantor Samsat dengan waktu yang cukup agar dapat menghindari antrean panjang.

Demikian beberapa cara cek pajak kendaraan Riau tanpa nomor rangka yang bisa Anda contoh. Jika Anda lupa nomor rangka kendaraan, sebenarnya Anda bisa mengecek di STNK kendaraan bermotor Anda. Di sana terdapat informasi mengenai nomor rangka kendaraan Anda.

Selain beberapa cara di atas, mengecek pajak kendaraan bisa Anda lakukan secara online melalui situs resmi Badan Pendapatan Daerah yaitu https://badanpendapatan.riau.go.id. Atau bisa juga dengan mengunjungi situs resmi SAMSAT Riau yaitu https://esamsat.riau.go.id/.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berapa Tingkat Kekentalan Oli Mobil yang Baik? Ini Cara Mengetahuinya

2023-02-16

Mengetahui berapa tingkat kekentalan oli mobil yang baik sangat berguna bagi Anda ketika hendak membeli oli mobil. Seperti diketahui,

thumbnail

3 Fungsi Sekring Mobil, Jenis, dan Cara Kerjanya

2022-11-22

Fungsi utama sekring pada mobil sangatlah krusial terutama pada sistem kelistrikan mobil. Komponen ini bertanggung jawab mencegah risiko kerusakan komponen-komponen

thumbnail

16 Arti Kode Sekring Mobil & Cara Membaca Dengan Mudah

2022-08-16

Biasanya kerusakan pada sistem kelistrikan mobil terjadi disebabkan putusnya sekring mobil. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui arti kode sekring mobil dan cara membacanya sebelu

thumbnail

Bagaimana Memilih Mobil Pick Up Terbaik? Yuk Simak Tips dari Kami

2020-11-09

Memilih mobil pick up terbaik adalah hal yang gampang-gampang susah. Bila kurang cermat, kita akan sulit mendapatkan mobil pick up terbaik yang sesuai kebutuhan.Kalau sekarang Sahabat sedang