Logo Daihatsu
Menu

4 Alasan Mengapa Mobil Susah Distarter Saat Mesin Dingin

Otomotif

2021-01-12

mobil susah distarter saat mesin dingin

Kendaraan bermotor dalam keadaan mesin yang dingin harus lebih dulu dipanasi selama beberapa saat agar tidak ada kendala yang terjadi. 

Akan tetapi seringkali mobil tidak bisa nyala saat distarter di pagi hari. 

Penyebab mobil susah distarter saat mesin dingin ini harus diketahui agar dapat memperbaikinya. Yuk cek ulasannya di bawah ini!

1. Tegangan Aki Kurang

Di pagi hari, Anda harus memanaskan mobil lebih dulu sebelum dipakai agar tidak mogok secara mendadak. Akan tetapi, kondisi yang membuat panik di pagi hari justru mobil yang tidak bisa distarter. 

Penyebab pertama yang memungkinkan hal ini terjadi, yaitu tegangan aki kurang sehingga tidak ada tenaga yang memutar mesin.

Untuk memperbaikinya, Anda bisa memakai voltmeter atau multimeter untuk mengecek kondisi aki. Pastikan sumber masalah pada aki atau baterainya, sehingga bisa ditemukan solusi yang tepat.

Bila baterai menjadi masalah utama, maka Anda bisa meminta orang lain untuk mendorong mobil hingga mesinnya menyala.

2. Busi Bermasalah

Kondisi yang tak kalah sering terjadi, yaitu busi bermasalah sehingga mesin mobil tidak bisa distarter. Salah satu alasan mobil susah distarter saat mesin dingin yaitu busi yang kotor. 

Anda bisa memakai kawat atau amplas untuk membersihkan busi, sehingga bisa membuat kendaraan kembali nyala dan pastikan membersihkan secara hati hati.

Bila busi tidak kotor, maka pemilik mobil bisa mengecek kerenggangan pada busi. Pastikan tidak terlalu rapat atau renggang agar mobil bisa distarter dalam keadaan mesin yang dingin. 

Busi yang terlalu renggang bisa dikencangkan, begitu pula sebaliknya atau Anda juga bisa mengganti busi bila sudah habis dan tipis.

Baca juga: Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak

3. Karburator Banjir

Mobil yang dikeluarkan atau dirilis pada tahun 1990-an masih memakai karburator sebagai tempat pencampuran bahan bakar dan udara. Salah satu masalah yang sering timbul yaitu karburator banjir karena bahan bakarnya terlalu banyak. 

Akibatnya, mesin mobil tidak bisa menyala saat distarter di pagi hari. Mobil susah distarter saat mesin dingin ini bisa diatasi dengan membongkar komponen ini secara perlahan. 

Setelah itu, Anda harus menyetel ulang pelampung di dalam karburator sehingga bahan bakar yang masuk tidak terlalu banyak. Bila Anda tidak bisa melakukannya seorang diri, maka dapat membawa mobil ke bengkel atau memanggil montir.

4. Pompa Bensin Lemah

Mobil yang bisa nyala saat distarter karena aliran bensin ke karburator sangat lancar. Oleh sebab itu, dibutuhkan pompa bensin yang mengalirkan bensin dari tangki menuju ke karburator. Bila komponen satu ini melemah, maka fungsinya tidak dapat dijalankan secara maksimal sehingga mobil susah nyala saat mesin dingin.

Oleh sebab itu, Anda harus mengganti komponen tersebut agar tidak menyulitkan pengguna saat akan menghidupkan mobil. Cara lainnya, pemilik mobil bisa memukul secara ringan agar pompa bensin kembali hidup dan dapat mengalirkan bensin ke karburator. 

Kondisi ini saat kunci kontak on, sehingga mobil susah distarter saat mesin dingin dapat diatasi. Menyetir mobil di pagi hari merupakan kegiatan wajib yang tak boleh Anda lewatkan. Hal tersebut penting agar mesin mobil panas lebih dulu sebelum digunakan. 

Baca juga :  4 Tips Merawat Mobil yang Menggunakan Sistem Bahan Bakar Bensin


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Apa Itu Sistem Starter Mobil Beserta Komponennya

2021-01-12

Pada dasarnya, mobil berpaku kuat pada seluruh rangkaian komponen mesin yang digunakan. Yang mengawali semua proses tersebut adalah sistem starter mobil. 

thumbnail

7 Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan, Ciri-Ciri & Cara Mengatasi

2022-12-28

Mengetahui ciri-ciri, serta penyebab mobil limbung sejak dini sangatlah diperlukan. Seperti Anda ketahui, mobil yang limbung ketika berjalan dapat berpotensi besar m

thumbnail

Memahami Prinsip dan Cara Kerja Rem Mobil

2020-11-17

Komponen rem pasti tidak akan luput dari segala macam kendaraan. Rem sendiri memiliki fungsi untuk mengurangi laju atau kecepatan kendaraan. Untuk mengatur laju kendaraa

thumbnail

Persiapan Mudik Membawa Bayi agar Selama Perjalanan Lebih Nyaman

2020-12-15

Persiapan mudik membawa bayi merupakan satu hal yang perlu diperhitungkan matang agar si kecil betah selama perjalanan. Tak cuma faktor kenyamanan saja yang perlu diperh