Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
4 Tips Merawat Mobil yang Menggunakan Sistem Bahan Bakar Bensin
17 November 2020
Sistem Bahan Bakar Bensin

Tidak bisa dipungkiri, kendaraan merupakan salah satu sarana yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Namun apakah anda tahu, bahwa dalam sebuah penelitian menjelaskan sebanyak 5 persen kerusakan fatal yang dialami mobil diakibatkan kelalaian pemilik dalam perawatannya. Lalu apakah ada tips merawat mobil yang menggunakan sistem bahan bakar bensin? Simak ulasannya.

Tips Penting Perawatan Mesin pada Mobil Bensin

1. Memeriksa Semua Cairan pada Mesin Mobil

Apakah anda tahu bahwa setiap mesin mobil membutuhkan beberapa zat cair untuk bekerja? Cairan yang dimaksud tersebut diantaranya minyak rem, minyak power steering, oli mesin atau transmisi, air pencuci untuk wiper kaca depan, serta air radiator. Seluruh cairan ini memiliki peran yang sangat besar demi meningkatkan performa kendaraan serta menunjang keselamatan.

Anda bisa memeriksa keadaan setiap cairan tersebut secara berkala, baik di bengkel maupun sendiri. Bahkan pabrikan kendaraan pun menyarankan untuk selalu memeriksa keadaan setiap cairan yang berada di dalamnya. Bila saja anda lalai memperhatikan semua unsur zat cair tersebut, maka ada kemungkinan terjadinya kerusakan pada kendaraan anda terutama mesinnya.

2. Memeriksa Aki atau Baterai Mobil

Tips merawat kendaraan dengan sistem bahan bakar bensin selanjutnya yaitu dengan memeriksa keadaan aki atau baterai. Aki atau baterai mobil memiliki peranan yang sangat penting guna memberikan tenaga pada mesin untuk menggerakkan mobil. Bahkan aki atau baterai ini pun termasuk ke dalam suku cadang kendaraan yang wajib diganti secara rutin.

Aki kendaraan sendiri dibagi menjadi dua tipe yaitu cair atau basah dan kering. Periksa cairan aki apakah masih berisi atau sudah habis. Jika anda lupa mengisi ulang cairan elektrolitnya, maka sel aki bisa terbakar dan tidak dapat menyimpan listrik kembali. Beda halnya dengan baterai kering, yang mana anda tidak diperlukan untuk mengisi cairan. 

3. Memeriksa V Belt Mesin Secara Rutin

V Belt atau disebut dengan sabuk mesin merupakan komponen penting penyusun kendaraan dengan sistem bahan bakar bensin. Merawat v belt secara teratur adalah cara yang paling ampuh untuk menjaga performa kendaraan tetap prima. Biasanya sabuk mesin akan aus apabila sudah sampai di batas kilometer penggunaan. Hal tersebut akan mengakibatkan gangguan pada performa mesin.

Sama halnya dengan aki atau baterai mobil, v belt juga termasuk ke dalam suku cadang yang harus diganti secara berkala. Anda bisa mengganti sabuk mesin sebelum terjadinya keretakan guna mencegah kabel v belt putus. Karena jika sabuk mesin tidak dipantau dengan baik, maka akan berakibat buruk pada mesin kendaraan.

4. Menggunakan Bensin atau Bahan Bakar yang Sesuai

Biasanya pabrikan kendaraan bermotor merekomendasikan bensin yang memiliki oktan tinggi dan bebas timbal. Hal tersebut tentunya tidak bisa dilanggar begitu saja, karena berkaitan dengan mesin mobil anda. Himbauan tersebut juga menandakan bahwa mesin mobil anda telah menggunakan sistem bahan bakar bensin beroktan tinggi dan bebas kotoran ataupun timbal.

Merawat kendaraan kesayangan dengan membawa ke servis resmi merupakan salah satu langkah terbaik demi menjaga performa kendaraan tetap prima. Namun jika memungkinkan anda juga bisa melakukan perawatan sendiri dengan memperhatikan beberapa tips yang telah disebutkan diatas. Pastikan periksa segala komponen serta suku cadangnya secara berkala guna menghindari kerusakan.

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor