Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Mengenal Fungsi V Belt Beserta Cara Perawatannya
30 Oktober 2020
fungsi v belt

Mobil terdiri dari berbagai komponen yang saling bekerjasama agar mesin dapat berfungsi optimal. Dari sekian banyak komponen yang dibenamkan dalam suatu kendaraan, Anda pasti tidak asing mendengar V belt. Sebenarnya apa fungsi v belt bagi kendaraan? Berikut penjelasan singkatnya. 

Mengenal Fungsi Beserta Cara Kerja Van Belt 

Van belt atau v belt merupakan suatu komponen di dalam kendaraan bermotor yang posisinya melingkar. Komponen penting satu ini terbuat dari campuran karet khusus serta serat nilon, dan ada beberapa diantaranya yang dilapisi bahan kampas anti slip pada setiap sisinya. 

Walaupun bentuknya sedikit unik dan berbeda dibandingkan komponen lainnya, ternyata van belt memiliki peran penting bagi sebuah kendaraan. Fungsi V Belt adalah sebagai penghasil daya yang nantinya daya tersebut disalurkan menuju berbagai komponen listrik yang membutuhkan penggerak. 

Baca juga: Ketahui Penyebab Naiknya Temperatur Mobil Kamu!

Cara Tepat Merawat Van Belt 

Berdasarkan penjelasan fungsi v belt pada poin sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa komponen kendaraan satu ini memiliki peran penting. Oleh karenanya, Anda harus rutin melakukan perawatan agar kondisi kendaraan tetap prima di setiap waktu. Bagaimana cara merawatnya ?  

Sebagai langkah pencegahan, sang pemilik kendaraan diwajibkan melakukan service berkala. Cara perawatan satu ini juga sangat diperlukan, terutama jika kendaraan telah menempuh perjalanan jauh hingga lebih dari 10.000 km. Dengan perawatan rutin, kerusakan dapat diminimalisir karena mendapatkan perawatan dini. 

Sebagai pemilik kendaraan, Anda juga diwajibkan mengganti van belt setiap 6 bulan sekali demi menjaga performanya tetap terjaga. Bahkan penggantian tersebut bahkan harus dilakukan bahkan jarak yang ditempuhnya masih berada di bawah 10.000 km sekalipun. 

Ternyata perawatan van belt tidak harus dilakukan di tempat service, karena Anda juga bisa memberikan perawatan sederhana dengan melakukan pengecekan van belt secara visual. Lewat rangkaian perawatan satu ini, Anda bisa mengetahui kondisi van belt apakah masih layak digunakan atau sebaliknya. 

Baca juga: Trik Mudah Merawat Dinamo Starter Mobil dan Motor

Bagaimana jika dalam pemeriksaan visual ditemukan kerusakan kecil seperti keretakan ataupun sejenisnya? Berdasarkan fungsi v belt itu sendiri, tentu saja komponen kendaraan tersebut harus mendapatkan penanganan agar kerusakan tidak semakin parah dan tidak perlu menunggu 6 bulan untuk menggantinya. 

Apabila kerusakan dibiarkan begitu saja, ada kemungkinan kecil nantinya van belt terputus di tengah perjalanan. Tentu saja kondisi ini sangat merepotkan, oleh karenanya Anda harus segera memberikan perawatan tepat. Apabila tidak mendapatkan penanganan, ditakutkan dapat membahayakan penumpangnya. 

Sebagai pemilik kendaraan, Anda wajib melakukan pengecekan kekencangan van belt kendaraan. Pastikan jika komponen tersebut tidak mengikat terlalu kuat ataupun kendur, dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Sebab van belt yang terlalu kendur dapat mengakibatkan slip dan begitu pula sebaliknya. 

Demi menjaga performanya tetap terjaga, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan sederhana setiap kali kendaraan hendak digunakan. Cara ini dilakukan sebagai langkah pencegahan terjadinya kerusakan saat berada di tengah perjalanan, mengingat fungsi v belt begitu penting bagi kendaraan bermotor. 

Van belt termasuk salah satu komponen kendaraan yang membutuhkan perawatan agar tidak terjadi kerusakan. Sebab jika komponen satu ini terputus, maka kendaraan Anda tidak dapat melaju bahkan ketika mesin dinyalakan. Sebelum van belt terputus di tengah perjalanan, sebaiknya berikan perawatan tepat secara rutin.

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor