Logo Daihatsu
Menu

4 Cara Mengatasi Mual Saat Berkendara Mobil Paling Ampuh

Otomotif

2020-11-09

cara mengatasi mual saat berkendara mobil

Melakukan perjalanan dengan kendaraan roda dua seakan menjadi salah satu opsi paling mudah untuk bepergian bersama keluarga. 

Namun sayangnya, tidak sedikit yang mengalami rasa mual atau bahkan mabuk saat berkendara mobil. Lalu bagaimana cara mengatasi mual saat berkendara mobil tersebut? berikut tipsnya.

1. Minum Obat Anti Mabuk 

Bagi Anda yang sudah sering mabuk perjalanan atau memiliki riwayat penyakit ini, maka solusi yang paling mudah adalah minum obat anti mual. 

Obat  anti mual umumnya dikonsumsi 1-2 jam sebelum keberangkatan. Dengan begitu kandungan dimenhidrinat yang ada dalam obat antihistamin ini akan memberikan efek selama perjalanan.

Tidak bisa dipungkiri jika obat ini adalah salah satu solusi terbaik dan efektif. Obat ini akan membuat badan terasa lebih ringan sehingga rasa mual pun mereda. Sayangnya obat anti mual ini tidak dianjurkan dikonsumsi oleh pengemudi mobil, obat ini hanya boleh diminum oleh penumpang saja.

Baca juga: Pusing Saat Baca di Mobil? Ini Penyebabnya!

2. Makan Permen Karet 

Cara mengatasi mual saat berkendara mobil yang cukup unik adalah mengonsumsi permen. Mengunyah permen atau permen karet disinyalir mampu mengurangi rasa mual dan ingin muntah. 

Rasa manis dan juga aktivitas pada rongga mulut akan meredakan produksi asam lambung penyebab mual dan muntah. Namun apabila Anda sudah terlanjur muntah, maka konsumsi air putih secukupnya. 

Konsumsi air mineral disinyalir akan membantu menstabilkan kekurangan cairan dalam tubuh dan mengurangi rasa mual. Selain itu, ada baiknya Anda makan makanan ringan untuk mengisi perut kembali. 

3. Hindari Makan Terlalu Kenyang Sebelum Berangkat 

Pada umumnya, penyebab mabuk perjalanan terjadi karena kondisi tubuh yang kurang fit. Namun, makan terlalu kenyang juga akan memicu rasa mual tersebut. 

Karena itulah, cara mengatasi mual saat berkendara mobil yang ampuh adalah mengurangi asupan makanan sebelum berangkat. Pastikan Anda sudah mengisi perut, namun jangan terlalu kenyang. 

Kondisi perut yang terlalu penuh atau terlalu kenyang justru akan memicu rasa mual saat berkendara. Hal ini dikarenakan banyaknya guncangan selama perjalanan yang menjadi stimulus rasa mual dan ingin muntah. 

Namun bukan berarti Anda harus pergi dengan perut kosong, pastikan saja makan tanpa merasa kekenyangan. 

Baca juga: 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Agar Aman Dan Nyaman

4. Tidur dan Istirahat Sejenak

Mengingat efek dari obat anti mabuk adalah mengantuk, maka bisa dipastikan kalau memejamkan mata dan tidur selama perjalanan adalah solusi yang paling tepat. 

Usahakan Anda tidur dengan posisi yang baik dan juga nyaman, sehingga tidak akan membuat rasa mual dan ingin muntah semakin parah. 

Hindari tidur dengan posisi berbaring dan pastikan posisi kepala berada di atas. Secara gamblang, cara mengatasi mual saat berkendara mobil ini juga termasuk dengan berhenti sejenak dan beristirahat. 

Terutama jika Anda mengalami rasa mual, pusing, dan keinginan untuk muntah yang sangat parah. Pada umumnya mabuk perjalanan terjadi karena kondisi tubuh yang kurang fit atau kinerja otak yang tidak sinkron. 

Kondisi ini memang bukan hal yang berbahaya, namun ada baiknya segera diatasi agar perjalanan tidak terganggu. Anda bisa coba meminum obat, tidur, makan permen, dan kurangi makan sebelum berangkat. 

Baca juga:

Agar Selamat Sampai Tujuan, Berikut Doa Perjalanan Jauh Naik Mobil.

Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jenis-jenis Lampu Mobil dan Fungsinya

2021-02-19

Salah satu kelengkapan yang mesti ada pada mobilmu adalah lampu. Dengan adanya lampu, kamu bisa lebih aman dalam berkendara, lho. Bahkan di tengah malam dan hujan deras,

thumbnail

STNK Diblokir ETLE? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

2023-11-17

Penerapan ETLE sebagai sistem tilang terbaru saat ini sudah merata di Indonesia. Meski sistem tilang ETLE tidak langsung menyertakan polisi lalu lintas di jalanan se

thumbnail

Cara Mengetahui Apakah Kena Tilang Elektronik? Simak di Sini!

2023-10-30

Cara mengetahui kena tilang elektronik perlu diketahui oleh semua pengendara. Sebab tilang elektronik saat ini sudah diterapkan di seluruh wilayah Indonesia sejak aw

thumbnail

Penyebab Elektroda Busi Mobil Jadi Hitam

2022-04-12

Kendaraan bisa digunakan normal apabila businya dalam kondisi terbaik. Busi pada kendaraan memiliki fungsi penting sebagai pemantik api pada ruang bakar. Akibat busi bek