Logo Daihatsu
Menu

4 Jenis Suspensi Mobil yang Paling Sering Digunakan

Otomotif

2023-12-12

jenis suspensi mobil

Mmobil memiliki berbagai macam jenis suspensi yang berbeda agar dapat menyesuaikan kegunaan kendaraan tersebut. Mau tahu apa saja jenis-jenis suspensi mobil yang saat ini banyak digunakan? Yuk, simak penjelasannya berikut.

1. Suspensi MacPherson Strut

Sebagian besar mobil yang ada di dunia memakai jenis suspensi yang ditemukan oleh Earle MacPherson ini, terutama mobil sedan. Salah satu alasan penggunaan suspensi jenis ini, karena bentuknya yang sangat sederhana. 

Dengan begitu, Anda dapat mengaplikasikannya secara mudah serta dilengkapi kenyamanan yang baik bagi pengguna mobil tersebut. Produsen otomotif di dunia juga masih melirik suspensi jenis ini untuk berbagai produk yang mereka garap. 

Hal itu didukung karena harga MacPherson yang sangat terjangkau, dapat ditemukan dengan mudah, dan komponen pembentuknya sederhana. Alasan itulah yang membuat produsen mobil mewah setia menggunakan MacPherson.

2. Suspensi Double Wishbone

Jenis kedua yang tak kalah sering dipakai ini didesain dengan dua lengan di bagian atas dan bawah. Keduanya berfungsi sebagai penopang dari sistem yang dipakai, sehingga terlihat lebih kokoh. 

Akan tetapi jenis suspensi mobil ini membuat kendaraan yang dimiliki tak dapat direparasi oleh sembarang orang, karena konstruksi suspensinya yang rumit.

Anda juga harus meluangkan waktu yang lebih lama daripada mobil lain yang tak memakai suspensi ini. Hal ini disebabkan oleh waktu yang dibutuhkan untuk membongkar pun lebih lama, begitu pula saat Anda ingin mengganti shockbreaker.

Baca juga: 5 Komponen Terpenting Dalam Mobil yang Wajib Sahabat Ketahui

3. Suspensi Multi Link

Diklaim sebagai suspensi yang memiliki konstruksi lebih rumit daripada jenis lainnya, karena bentuk ini diadaptasi dari Double Wishbone. Multi Link dibuat karena hasil dari pengembangan dan penyempurnaan dari jenis sebelumnya. 

Oleh sebab itu, mobil keluaran terbaru melirik Suspensi Multi Link dan meninggalkan model lama.

Jenis suspensi mobil satu ini memang didesain dengan konstruksi yang cukup rumit. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir mengenai kenyamanan yang diperoleh oleh pengguna. 

Keunggulan yang ditawarkan oleh Multi Link, yaitu roda mobil akan tetap aman saat menginjak lubang atau mendapat benturan dari benda asing.

4.  Suspensi Air

Diklaim sebagai suspensi telah didesain dengan keunggulan tinggi dan kinerjanya baik, meskipun memiliki konstruksi yang sangat rumit. Bahkan desain untuk suspensi ini lebih rumit daripada ketiga jenis sebelumnya. 

Anda dapat menemukan jenis ini pada mobil mewah, karena produsen kendaraan itu ingin membekali produknya dengan spesifikasi tinggi.

Menariknya, penggunaan air suspension ini sangat memudahkan pengguna karena pengaturannya telah terhubung dengan aplikasi smartphone. Anda tak perlu lagi membawa mobil ke bengkel, karena jenis suspensi mobil ini telah dibekali teknologi canggih. 

Untuk mendapatkan kenyamanan yang tinggi di dalam kendaraan, modifikator mobil telah melengkapi produknya dengan suspensi mobil yang berkualitas. Oleh sebab itu, Anda dapat menyesuaikan kantong dengan jenis mobil yang diinginkan dan suspensi yang ditanam di dalamnya.

Baca juga: Berkendara Dengan Banyak Muatan, Ini 6 Resiko Yang Bisa Terjadi


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Aman Menyetir Mobil Malam Hari

2021-06-30

Menyetir mobil di malam hari jauh lebih beresiko dibandingkan berkendara ketika pagi atau siang hari. Kondisi jalan yang gelap, minim penerangan, ditambah sorot lampu ke

thumbnail

Plat I Daerah Mana? Yuk Simak di Sini Informasinya!

2024-02-22

Mengetahui daerah asal plat nomor kendaraan, seperti plat i dapat menambah wawasan Anda. Apalagi jika Anda berniat membeli kendaraan dengan kode pelat tersebut. Deng

thumbnail

Kelebihan Daihatsu Rocky Terbaru yang Akan Segera Rilis

2021-05-06

Salah satu mobil yang kini tengah dinanti adalah Daihatsu Rocky. Mobil SUV reinkarnasi dari Rocky edisi 1980-an ini p

thumbnail

3 Cara Pasang Alarm Mobil dengan Benar

2021-01-06

Pencurian mobil masih marak di beberapa wilayah Indonesia, terutama jika Anda tinggal di kota metropolitan dengan tingkat mobilitas tinggi.