Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Suspensi Mobil? Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya!

Otomotif

2023-12-12

Apa itu Suspensi Mobil? Kenali Komponennya di Sini!

Peningkatan pesat dalam kebutuhan akan mobil sebagai alat transportasi telah menjadi tren yang tak terbantahkan setiap tahunnya. Perubahan gaya hidup, perkembangan teknologi, dan kebutuhan akan kenyamanan berkendara semakin mendorong inovasi di industri otomotif. Bagi para pemilik mobil baru, pemahaman mendalam tentang suspensi mobil dan komponennya adalah kunci untuk pengalaman berkendara yang optimal.

Suspensi mobil sendiri merupakan sebuah aspek yang sering terabaikan namun memegang peranan penting dalam kenyamanan dan keamanan perjalanan. Dengan mengetahui lebih banyak tentang suspensi dan komponen lainnya, Anda dapat menguasai kendaraan Anda dan mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin muncul. Oleh karena itu, berikut kami paparkan informasi mengenai pengertian suspensi mobil, fungsinya, dan cara kerja komponennya. 

Apa itu Suspensi Mobil?

Suspensi mobil adalah sebuah sistem yang dirancang oleh produsen kendaraan guna menjaga stabilitas mobil selama perjalanan. Sistem ini menggunakan daya pegas untuk mengatasi pergerakan naik-turun, getaran, dan kejutan yang mungkin terjadi saat mobil melintasi permukaan jalan yang tidak rata. Dengan bekerja secara sinergis dengan sistem pengereman, suspensi tidak hanya meningkatkan kenyamanan berkendara, tetapi juga memperbaiki kinerja pengereman dan kontrol kendaraan.

Sebagai contoh, suspensi independen pada setiap roda memungkinkan respon yang lebih akurat terhadap perubahan kondisi jalan, seperti tikungan tajam atau perubahan kecepatan. Teknologi terkini juga melibatkan penggunaan sensor elektronik yang dapat menyesuaikan kekakuan jenis suspensi mobil secara otomatis, menciptakan pengalaman berkendara yang lebih dinamis.

Fungsi dan Cara Kerja Komponen Pada Suspensi Mobil

Dalam struktur sistem suspensi mobil, terdapat sejumlah komponen yang memiliki peran krusial dalam mendukung kelancaran fungsi sistem ini. Berikut adalah rangkuman lengkap mengenai komponen-komponen tersebut beserta peran vital yang diemban oleh masing-masingnya.

1. Pegas

Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, untuk meredam getaran dan kejutan, sistem suspensi mengandalkan gaya pegas. Gaya ini diperoleh melalui pemanfaatan salah satu komponen suspensi yang dikenal sebagai pegas.

Pegas ini terdiri dari beberapa jenis, seperti pegas daun, pegas koil, dan pegas batang. Varian-varian ini berperan penting dalam meningkatkan daya cengkram pada roda mobil, sehingga penumpang dapat tetap merasakan kenyamanan meskipun melintasi jalan yang tidak rata.

2. Shock absorber

Bagian berikutnya adalah shock absorber yang bertugas sebagai peredam osilasi atau gerakan naik-turun yang disebabkan oleh komponen pegas saat meredam getaran. Pada komponen ini, terdapat minyak shock absorber yang berfungsi sebagai pelumas selama proses osilasi berlangsung.

3. Ball joint

Komponen selanjutnya adalah ball joint yang berperan sebagai penanggung beban horizontal atau lateral. Komponen ini dapat dianggap sebagai sumbu putar karena membantu roda mobil saat melakukan belok.

4. Stabilizer bar

Komponen berikutnya adalah stabilizer bar yang berfungsi untuk menyeimbangkan bodi mobil saat melakukan belok. Fungsinya adalah meredam gaya sentrifugal, sehingga mobil tetap stabil dan tidak rentan tergelincir atau terbalik.

5. Lateral control rod

Komponen berikutnya adalah lateral control rod yang berperan sebagai penahan axle ketika terdapat beban di bagian samping mobil.

6. Upper dan lower arm

Komponen berikutnya adalah upper dan lower arm yang berperan sebagai penghubung antara knuckle arm dengan bagian bodi mobil. Keberadaan kedua komponen ini memastikan stabilitas mobil tetap terjaga saat melakukan belok.

7. Knuckle arm

Komponen berikutnya adalah knuckle arm yang berperan sebagai perantara putaran dari roda mobil saat kendaraan bergerak. Tidak hanya itu, knuckle arm juga bertugas untuk menstabilkan mobil ketika berbelok, karena terhubung dengan ball joint dan lower arm.

Sebagaimana diketahui, ball joint berfungsi sebagai sumbu putaran, sementara lower arm berperan seperti tangan manusia yang dapat bergerak naik dan turun, memberikan kontribusi pada keberhasilan mekanisme kerja knuckle arm. Dengan sinergi ketiganya, mobil dapat menjaga stabilitasnya dalam berbagai situasi perjalanan.

8. Strut bar

Bagian berikutnya adalah strut bar yang berfungsi sebagai penyangga untuk lower arm. Strut bar bertugas memastikan kemiringan roda depan mobil tetap sesuai dengan standar kemiringan yang ditentukan. Dengan cara ini, setir dapat kembali ke posisi lurus secara otomatis setelah mobil melakukan belokan.

9. Bumper

Bagian terakhir adalah bumper mobil. Selain berperan sebagai pelindung untuk bagian belakang bodi mobil, bumper juga memainkan peran krusial dalam sistem suspensi mobil. Di dalam bumper terdapat bounding yang berfungsi untuk melindungi mobil ketika komponen pegas mengerut melebihi batas pengerutan standar yang ditetapkan.

Sebagai tambahan, rebounding bumper turut berperan dalam melindungi mobil saat komponen pegas mengembang di luar batas standar maksimum. Dengan demikian, kedua elemen ini berkontribusi pada keamanan dan kinerja optimal sistem suspensi.

Bagaimana cara mengetahui jika suspensi mobil perlu diperiksa atau diperbaiki?

Tanda-tanda suspensi yang perlu diperiksa meliputi getaran yang tidak normal, suara berdecit, atau kecenderungan mobil untuk menyamping saat berbelok.

Apakah suspensi mobil berpengaruh pada konsumsi bahan bakar?

Ya, suspensi yang baik dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan memastikan kontak roda yang optimal dengan jalan, mengurangi gesekan yang tidak perlu.

Bagaimana dampak beban berlebih pada suspensi mobil?

Beban berlebih dapat menyebabkan keausan lebih cepat pada komponen suspensi, mengurangi efisiensi sistem, dan mengancam kenyamanan serta keamanan berkendara.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami bocor atau kebocoran pada shock absorber?

Shock absorber yang bocor dapat memengaruhi kinerja suspensi. Sebaiknya, segera periksakan dan ganti jika ditemukan kebocoran.

Itulah informasi mengenai suspensi mobil dan komponen pentingnya yang harus anda pahami. Mengingat perannya yang sangat penting dalam memastikan kenyamanan dan keamanan selama berkendara, disarankan untuk secara rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan terhadap komponen-komponen tersebut.

Untuk mendapatkan perawatan optimal, Anda dapat mengunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat, di mana teknisi yang berpengalaman dapat memberikan perhatian dan layanan terbaik untuk kendaraan Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bagaimana Jika Tidak Lulus Uji Emisi Kendaraan? Ini Penyebab dan Solusinya!

2023-11-21

Banyak orang bertanya-tanya tentang bagaimana jika tidak lulus uji emisi? Lantas, sebenarnya apakah hal yang menyebabkan kegagalan tersebut dan seperti apa solusinya

thumbnail

Cara Menghilangkan Residu Kampas Rem pada Velg Mobil

2022-04-07

Dengan memiliki mobil, Anda tentu memiliki tanggung jawab untuk memberikan perawatan terbaik pada mobil Anda agar kondisinya selalu prima. Bahkan terkadang ada saja pemi

thumbnail

Deretan Warna Cat Mobil Paling Aman dari Risiko Kecelakaan

2022-01-30

Bukan hanya performa, ada yang perlu mendapat pertimbangan sebelum membeli kendaraan. Warna cat mobil paling aman dari kecelakaan, salah satunya.Produsen kendaraan banyak mengeluarkan produk

thumbnail

Tips Modifikasi Xenia Agar Terlihat Sporty

2021-11-30

Terkenal sebagai mobil sejuta umat karena bisa ditemukan di mana-mana, beberapa pemilik melakukan modifikasi Xenia sport agar tampak berbeda. Anda juga