Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Total, Anda Wajib Tahu

Otomotif

2021-01-07

cara memperbaiki lampu sein mobil mati total

Para pengendara kendaraan bermotor tentunya tidak asing dengan lampu sein. Lampu yang dapat berkedip untuk memberikan sinyal kepada pengendara lainnya ini, memiliki peranan cukup penting. 

Sayangnya lampu keamanan ini kerap mengalami kerusakan akibat beberapa faktor. Bagaimana cara memperbaiki lampu sein mobil mati total? Berikut ulasannya. 

1. Kabel Sekring Terputus 

Pernahkan Anda mendapati lampu penanda belok tidak dapat berfungsi meski tuas sein telah dinyalakan? Usahakan untuk tidak panik terlebih dahulu, karena Anda harus memeriksa sekring yang terhubung langsung pada lampu sein terlebih dahulu. 

Sebab, kondisi ini dapat terjadi akibat kabel penghubungnya terputus. 

Pertama tama, silahkan cari dimana sekring lampu berada untuk menemukan petunjuk dari pabrikannya. Petunjuk tersebut akan memberikan informasi terkait letak sekring lampu berada. 

Apabila sudah menemukannya, carilah apakah ada kabel yang terputus atau sebaliknya. Segera ganti dengan sekring baru sesuai kebutuhan sebagai cara memperbaiki lampu sein mobil mati total. 

2. Bohlam Rusak

Simbol sein pada kendaraan terus berkedip dengan tempo yang cepat dari biasanya, menjadi pertanda adanya kerusakan pada lampu sein. 

Jika mendapati kondisi tersebut, silahkan cek seluruh bohlam lampunya untuk memastikan faktor penyebab kerusakan. Bagaimana jika bohlam lampu sein ditemukan dalam keadaan terputus?

Dalam kondisi tersebut, sang pemilik kendaran bisa mengganti bohlam lampunya sesuai dengan tipe mobil sebagai alternatif terbaiknya. 

Dengan memilih bohlam lampu reting yang tepat, maka lampu tersebut dapat dioperasikan dengan maksimal sesuai kebutuhan pengendara. Jika tidak memahami jenis lampu yang tepat, silahkan meminta bantuan pada teknisi bengkel terdekat.   

3. Kerusakan pada Flasher

Bagaimana jika sekering pada lampu sein dalam kondisi prima, namun lampu tersebut masih belum menyala? 

Pada kasus ini, ada kemungkinan penyebab utama kerusakannya terletak pada Flasher

Cara memperbaiki lampu sein mobil mati total akibat flasher, dapat dilakukan dengan membeli flasher yang baru dan pasangkan pada dudukannya. 

Mengapa harus membeli Flasher baru? Sebab hal ini terjadi karena saklar otomatis tersebut terdapat bekas bakar, sehingga mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru agar bekerja optimal kembali. 

Kondisi inilah yang membuat lampu sein tidak berkedip seperti biasanya meski tuasnya dalam kondisi on

Baca juga: 3 Penyebab Utama Lampu Hazard Mobil Mati

4. Memeriksa Kondisi Aki  

Dalam beberapa kasus, kemungkinan Anda mendapati lampu sein berhasil menyala namun lampunya tidak dapat berkedip seperti sedia kala? Tidak perlu panik, karena Anda bisa memeriksa sambungan kabel sekaligus melihat kondisi aki kendaran terlebih dahulu. 

Apabila tegangan arus belum mencukupi atau berkurang, tentu saja lampu sein tidak dapat berkedip. 

5. Kabel Terputus 

Apabila keempat poin sebelumnya bukanlah penyebab utama lampu sein mati, kemungkinan besar terdapat kabel yang terputus. 

Membawa kendaraan ke bengkel terdekat agar ditangani sang ahli, merupakan cara memperbaiki lampu sein mobil mati total akibat kabel terputus 

Lampu sein merupakan aksesoris yang memberikan tanda pada pengendara lainnya, bahwa kendaraan akan berbelok baik ke kanan maupun ke kiri. 

Dengan kata lain, lampu satu ini wajib digunakan ketika hendak membelokkan arah kendaraan demi menekan angka kecelakaan. Ketika menyadari lampu ini mati, sudah menjadi kewajiban Anda untuk memperbaikinya. 

Baca juga: Tips Memilih Fog Lamp atau Lampu Sorot


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Facelift pada Mobil? Kenali Perbedaanya dengan All New

2023-02-01

Anda pasti pernah mendengar istilah Facelift dan All New ketika sedang membaca brosur penjualan kendaraan. Ataupun ketika sedang melihat iklan penjualan kendaraan. B

thumbnail

Daftar Mobil Bekas Daihatsu Dibawah 200 Juta, Cek Disini!

2023-03-08

Bagi kamu yang mencari mobil bekas Daihatsu dibawah 200 jutaan, kamu sedang berada di artikel yang tepat! Jika sebelumnya kita sudah memberikan rekomendasi

thumbnail

Nggak Perlu ke Bengkel, Begini Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar

2020-11-22

Oli mobil memiliki peran penting dalam menjaga performa mobil. Setidaknya oli mobil harus diganti secara berkala, minimal tiga bulan sekali atau setiap 5.000 kilometer. Nggak perlu diba

thumbnail

Bahaya Meninggalkan Anak Sendirian di Dalam Mobil

2022-03-12

Bagi Sahabat yang sering meninggalkan anak sendirian di mobil, ketahuilah apa bahayanya. Karena walaupun hanya sebentar, tak menutup kemungkinan hal-hal yang tidak diing