Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Cara Menetralkan Mobil Matic Saat Parkir Paralel
01 Agustus 2022
5 Cara Menetralkan Mobil Matic Saat Parkir Paralel

Bagi pemula yang yang mempunyai mobil matic, biasanya bingung bagaimana cara menetralkan mobil saat parkir. Sebenarnya, cara parkir mobil matic sangat mudah dilakukan. Simak sampai tuntas pembahasan dibawah ini, ya!

Menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari tidak lepas dari proses memarkirkan mobil. Entah  itu di kantor, mall, atau pinggir jalan. Sering kali proses parkir mobil ini membuat jantung berdebar untuk Anda yang belum sering memarkirkan mobil.

Saat memarkirkan mobil pun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Anda tidak boleh menggunakan rem tangan jika lahan parkir bukan berupa tanjakan.

Menggunakan rem tangan saat memarkirkan mobil akan merepotkan orang lain dan tentu saja Anda akan dicari petugas parkir ketika hendak menggeser mobil Anda. Cara yang paling bijak adalah dengan menetralkan mobil saat saat parkir.

Baca Juga : Cara Parkir Mobil Aman Tanpa Merusak Transmisi Otomatis Mobil

Cara Parkir Netral Mobil Matic

Cara menetralkan mobil matic saat parkir cukup susah untuk Anda yang pertama kali mencobanya. Biasanya hal ini terjadi karena Anda gugup atau takut gagal.

Namun, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini untuk memudahkan menetralkan mobil matic saat parkir.

1. Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi P

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memposisikan tuas transmisi D ke posisi P. Fungsinya dari pemindahan posisi tuas ke P adalah agar mesin mobil bisa dimatikan secara sempurna.

Anda jangan langsung mengubah posisi ke N. Jika langsung ke posisi N, mesin memang mati, namun sistem elektronik di mobil masih menyala. Efeknya adalah Anda tidak bisa mengunci mobil Anda dari luar.

2. Aktifkan Rem Tangan

Setelah posisi tuas dari D ke P, langkah selanjutnya adalah Anda matikan mesin mobil dengan tombol engine stop lalu aktifkan rem tangan. Dengan menggunakan rem tangan memiliki fungsi agar mobil tidak bergerak saat Anda memindahkan tuas dari posisi P ke posisi N.

3. Aktifkan Shift Lock

Langkah selanjutnya adalah Anda aktifkan Shift Lock. Fitur Shift Lock di beberapa mobil berupa tombol kecil. Sedangkan di mobil lain berupa lubang yang harus dimasukkan anak kunci lalu Anda tekan untuk mengaktifkan fitur Shift Lock ini.

Shift Lock berfungsi untuk membolehkan Anda memindahkan posisi P ke N. Jika Anda tidak mengaktifkan fungsi Shift Lock ini, tuas transmisi akan terkunci di P, tidak bisa dipindahkan ke posisi N.

4. Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi N

Setelah fitur Shift Lock Anda aktifkan, langkah selanjutnya adalah Anda tinggal geser tuas transmisi ke posisi N. Bagaimana? Tidak terkunci bukan tuasnya?

5. Nonaktifkan Rem Tangan

Ketika tuas sudah pada posisi N, jangan lupa untuk menonaktifkan rem tangan. Rem tangan posisikan pada kondisi tidak melakukan pengereman. Selanjutnya Anda bisa meninggalkan mobil Anda dan mengunci pintunya.

Jika Anda masih ragu dengan posisi tersebut, Anda bisa mencobanya dengan mendorong mobil Anda. Jika langkah yang Anda lakukan benar dan tidak ada yang terlewat, harusnya mobil bisa didorong dengan mudah.

Baca Juga : Alasan Mengapa Parkir Mobil Ban Harus Lurus untuk Kenyamanan Berkendara

Tips Menetralkan Mobil di Tanjakan atau Turunan

Idealnya memang memarkirkan mobil di tempat yang rata. Namun, sesekali Anda akan menemui tempat parkir yang agak menanjak atau menurun.

Anda tetap bisa menggunakan tips menetralkan mobil di atas, ditambahkan dengan mengganjal ban mobil Anda dengan batu agar mobil Anda tidak jalan sendiri. Anda bisa mencari batu di sekitar tempat parkir atau meminta bantuan petugas parkir di tempat.

Itulah cara menetralkan mobil matic saat parkir yang bisa Anda praktikkan. Untuk tips trik lainnya, Anda bisa terus mengikuti artikel terbaru di website resmi Daihatsu ini.

Tips Sahabat Lainnya
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku