Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Alasan Mengapa Parkir Mobil Ban Harus Lurus untuk Kenyamanan Berkendara
08 Februari 2021
parkir mobil ban lurus

Parkir mobil merupakan salah satu bagian yang cukup krusial dalam menjaga komponen kendaraan agar tidak rusak. Mulai dari cara parkir, posisi ban dan setir, hingga lokasi untuk parkir mobil tidak boleh sembarangan. Terlebih lagi jika mobil berada di tempat umum, sahabat harus lebih mewaspadai potensi terjadinya pencurian atau pengrusakan.

Mengapa parkir mobil ban harus lurus merupakan pertanyaan yang sering dianggap mitos dan juga fakta terkait dengan fungsi kendaraan. Karena itulah, sahabat perlu mengetahui lebih lanjut mengenai posisi parkir mobil yang aman untuk kendaraan. Nah, berikut inilah alasan posisi ban yang harus lurus saat memarkir.

Mengurangi beban power steering

Inilah alasan yang sering diperdebatkan sebagai mitos atau fakta saat parkir. Sebenarnya, posisi ban mobil yang diposisikan lurus adalah anjuran untuk mobil dengan power steering hidrolik yang masih mengandalkan oli. Hal ini disebabkan karena sistem hidrolik memiliki tekanan saat setir mobil atau ban dibelokkan, termasuk saat posisi mobil terparkir. Jika dibiarkan terus menerus, sil karet pada sistem hidrolik tersebut akan cepat rusak

Pada posisi ban yang berbelok, power steering yang masih menggunakan sistem hidrolik atau fluida umumnya akan mengakibatkan beberapa seal power steering bocor. Namun, untuk power steering yang sudah mengadaptasi model elektrik juga bisa terpengaruh dari sisi komponen motor elektriknya yang akan cepat rusak.

Mengoptimalkan posisi lahan parkir

Secara umum, posisi parkir mobil dengan ban lurus juga sebenarnya lebih memudahkan pengaturan kendaraan, terutama saat berada di lahan parkir umum. Posisi ban mobil yang lurus akan memudahkan mobil dipindah ketika sahabat memarkir kendaraan di lahan parkir yang terbatas. Dengan begitu, area parkir mobil yang terbatas pun bisa dioptimalkan untuk menampung jumlah mobil lebih banyak.

Pada saat parkir mobil paralel, pasti sahabat pernah diminta untuk dapat memposisikan rem tangan dalam posisi netral. Nah, hal ini berfungsi agar posisi mobil bisa didorong dan dipindahkan meskipun mesinnya padam. Memindahkan mobil dengan posisi ban lurus akan lebih mudah, tapi mobil akan sulit didorong jika posisi ban berbelok, loh.

Jika sahabat tidak ingin terganggu saat sedang parkir, sebaiknya posisikan ban dan setir dalam posisi lurus saat parkir paralel. Dengan begitu, mobil yang sahabat parkirkan secara paralel tidak akan menghalangi mobil lain yang akan keluar dari lahan parkir, deh.

Posisi ban perlu dibelokkan di jalan menurun

Meski begitu, ada saatnya sahabat perlu memarkirkan mobil dengan kondisi ban dibelokkan. Ya, salah satu pertimbangan utama yang harus diingat adalah faktor keamanan. Saat kendaraan harus parkir dalam kondisi menanjak atau menurun, ban mobil boleh diposisikan dalam kondisi berbelok.

Jika setir dibelokkan dengan posisi ban yang juga berbelok, mobil tidak akan meluncur lurus menabrak kendaraan lain yang terparkir di depan atau belakangnya. Dengan begitu, sahabat bisa berjaga-jaga seandainya rem terlepas dan mobil turun dengan sendirinya. Posisi ban yang berbelok diharapkan akan membuat mobil tertahan oleh trotoar atau tembok sehingga meminimalisir resiko bahaya kecelakaan.

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi alasan untuk memastikan posisi setir dan ban tetap lurus saat sedang parkir. Intinya, posisi ban lurus saat parkir ditujukan agar sahabat juga bisa lebih nyaman saat parkir dan tidak terganggu. Selain itu, sahabat juga bisa memastikan komponen mobil tetap aman dan terhindar dari risiko kecelakaan.

Penulis : Rizkita Darajat

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor