Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Mengemudi Mobil Manual Di Tanjakan

Otomotif

2020-11-14

cara mengemudi mobil manual di tanjakan

Melenggang di jalan perkotaan yang cenderung mulus dan rata mungkin adalah pekerjaan sederhana bagi sebagian orang, namun bagaimana jika Anda harus menempuh rintangan berupa jalan tanjakan ketika mengunjungi suatu wilayah baru? Tentu saja Anda harus tahu dasar bagaimana cara mengemudi mobil manual di tanjakan, agar kendaraan tidak berjalan mundur. Berikut tipsnya. 

1. Memastikan Kemiringan Medan Jalan 

Berkunjung ke wilayah baru adalah sebuah tantangan tersendiri bagi pengemudi. Sebab dirinya masih terasa asing dengan semua medan yang harus dilaluinya, sehingga pengemudi harus selalu waspada dan fokus selama di perjalanan. 

Menyusuri jalanan perkotaan mungkin tidak akan terlalu sulit, mengingat medannya yang tidak terlalu ekstrim dan terlihat mulus. 

Namun bagaimana jika Anda harus melewati jalan berbukit atau pegunungan yang cenderung menanjak? Tentu saja kondisi ini sudah berbeda cerita, sebab Anda harus bisa menganalisa tingkat kemiringan medan yang harus ditempuhnya. 

Jika jalan menanjak tidak terlalu ekstrim, Anda bisa memilih persneling sedang sebagai alternatif cara mengemudi mobil manual di tanjakan. 

Baca juga: Ini Cara Mengendarai Mobil Matic Yang Bisa Kamu Pelajari

2. Kemacetan Saat Posisi Menanjak  

Ketika musim liburan tiba, sudah bukan menjadi pemandangan asing jika warga perkotaan berbondong bondong mendatangi berbagai wilayah dengan pemandangan alam asri dan menyejukkan seperti di pegunungan. Alhasil akses menuju kesana dipenuhi dengan pengendara yang berasal dari berbagai daerah.

Jika sudah demikian, kemacetan panjang di jalanan tanjakan sudah tidak bisa dihindari lagi. Dalam kondisi tersebut, pengemudi harus bersiap dan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan rem serta mengatur ada gigi rendah agar kendaraan tidak berjalan mundur yang tentunya membahayakan pengendara lainnya. 

3. Manfaatkan Rem Tangan

Menyadari bahwa kendaraan harus berhenti di jalan menanjak, pengemudi harus siaga menggunakan rem tangan sebagai cara mengemudi mobil manual di tanjakan.

Ketika hendak melaju kembali, Anda harus menginjak pedal kopling secara penuh, lalu geser tuas transmisi pada gigi satu. Sedangkan kaki lainnya harus bersiap menginjak pedal gas ketika rem tangan dilepaskan. 

Sebenarnya berapa jauh pedal gas harus diinjak akan tergantung dengan tingkat kecuraman medan jalannya. Semakin curam tanjakannya, maka mesin perlu mengeluakan tenaga ekstra untuk menjalankan perintah. 

Baca juga: Mengemudi Mobil Matic di Jalan Menanjak Gak Susah Jika Kamu Ikuti 4 Tips Ini  

 4. Menggunakan Pedal Rem 

Salah satu cara agar kendaraan tidak berjalan mundur di tanjakan adalah menggunakan pedal rem. Teknik pengereman satu ini terbilang cukup sulit, karena pengendara harus menginjak kopling dan pedal rem secara bersamaan. Anda harus mengimbangi antara kecepatan kendaraan serta rem agar kendaraan terus melaju ke depan tanpa meluncur ke belakang. 

5. Berikan Jarak Bagi Pengendara Lainnya

Cara mengemudi mobil manual di tanjakan adalah memberikan jarak bagi pengendara lainnya. Pemberian jarak ideal harus dilakukan agar kendaraan satu dan lainnya tidak terlalu jauh atau terlalu dekat, serta membiarkan pengendara lainnya untuk selalu siaga ketika harus menghadapi hal yang tidak terduga. 

Pernahkah Anda menjumpai sebuah kendaraan mendadak berjalan mundur ketika berada di tanjakan? Kondisi tersebut bisa terjadi, ketika pengendara mobil tersebut tidak mampu menguasai kendaraannya sendiri. Mengendarai mobil di jalan tanjakan tidaklah semudah seperti yang dibayangkan, karena Anda membutuhkan keterampilan yang selalu diasah. 

 

Rekomendasi bacaan lainnya

Cara Mudah Menyetir Mobil Manual

4 Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup dan Cara Mengatasinya

2023-08-02

Ada berbagai macam faktor penyebab mobil diesel tidak mau hidup. Masing-masing memiliki cara menyelesaikan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui

thumbnail

Plat BH Daerah Mana? Yuk, Simak Informasinya di Sini!

2024-01-31

Ketika Anda mengendarai mobil di jalan raya, tentu banyak kendaraan yang berlalu lalang dengan plat nomor yang berbeda-beda. Namun, apakah Anda pernah menemui kendar

thumbnail

10 Penyebab Mobil Hilang Tenaga Saat Digas & Mengatasinya

2022-09-23

Bicara pengalaman berkendara, pasti ada pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan, seperti mobil hilang tenaga saat digas.

thumbnail

Fuel Tank Mobil: Fungsi, Komponen dan Cara Merawatnya

2023-10-30

Fuel tank mobil merupakan salah satu komponen terpenting mobil yang berperan penting terhadap operasional mobil. Bisa dibilang komponen ini memiliki fungsi yang cuku