Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Merek Alat Pengukur Tekanan Ban yang Bagus
22 Desember 2020
alat pengukur tekanan ban

Alat pengukur tekanan ban adalah aksesoris tambahan yang berfungsi mengontrol tekanan ban mobil agar tetap ideal. Kegunaannya apalagi kalau bukan menunjang keawetan ban mobil, efisiensi bahan bakar hingga meningkatkan performa mobil. 

Berbagai merek alat pengukur tekanan ban mobil ada di pasaran. Sahabat harus lebih cermat dalam memilih alat pengukur tekanan ban biar nggak salah pilih. 

Salah satu fungsi yang paling penting pada alat ini adalah soal kualitas dan keakuratannya. Sahabat bisa bayangkan kalau alat pengukurnya tidak akurat, ketika tekanan ban sudah ideal padahal nyatanya tidak, tentu bisa membahayakan. 

Sejumlah merek pengukur tekanan ban juga dilengkapi berbagai fitur tambahan. Namun Sahabat bisa memilih apakah fitur itu benar-benar dibutuhkan? Mengingat adanya tambahan fitur pasti harganya juga lebih mahal. 

Oleh sebab itu, yuk simak ulasan berikut ini terkait rekomendasi merek alat pengukur tekanan ban yang cocok dengan kebutuhan. 

1. Ghana Round Type Tire Gauge 

Alat pengukur tekanan ban satu ini memiliki bentuk dan dimensi yang kecil, sehingga mudah digunakan dan disimpan. Merek ini memiliki tiga keunggulan, yaitu mampu mengukur tekanan ban yang akurat sehingga bisa mengurangi keausan ban saat bersentuhan dengan aspal. 

Alat ini mampu mengukur hingga tekanan maksimal 50 psi. Bentuk dan ukurannya yang kecil membuat alat ini sangat berguna untuk perjalanan jarak jauh. 

2. Wheel Pressure Manometer Digital 

Alat pengukur tekanan angin ban digital ini dilengkapi dengan layar monitor yang

akan memberikan informasi tekanan ban secara digital. Dilengkapi fitur LCD Display 1/4 inchi, alat pengukur ini bisa menampilkan satuan tekanan ban psi, bar, Kg/cm2 dan KPa. 

Cara menggunakannya juga simpel, pengguna hanya perlu memasangkan alat ini ke ujung klep ban, kemudian tekan tombol ON dan tekanan ban mobil bisa langsung terlihat. Harga di marketplace untuk alat ini berkisar Rp73 ribuan. 

3. Tekiro Tire Pressure Gauge 

Alat ini juga memiliki bentuk dan ukuran yang kecil, sehingga mudah disimpan dan digunakan. Tekiro Tire Pressure Gauge dapat digunakan pada ban mobil, motor bahkan sepeda. Maksimal tekanan yang bisa dicek adalah 60 psi. Harga di pasaran juga cukup murah sekitar Rp75 ribuan. 

4. Rundong Tire Inflator 

Sebenarnya alat ini tak cuma bisa mendeteksi tekanan mobil, tapi juga dilengkapi pompa angin atau biasa disebut inflator. Fiturnya dilengkapi senter LED dan layar kecil untuk mengetahui tekanan ban mobil secara digital dalam satuan psi dan KPa.

Rundong Tire Inflator sangat berguna untuk bepergian jarak jauh dan ketika sulit menemukan bengkel tambal ban. Dalam satu menit, pompa elektrik ini mampu menghasilkan angin hingga 35 liter. Karena kapasitasnya terbatas, alat ini hanya bisa digunakan untuk mobil kecil seperti LCGC, City Car hingga sedan. 

5. Michelin Bibendum Man Keyring Pressure Gauge

Alat pengukur tekanan ban satu ini sangat unik karena bentuknya mumi maskot produsen ban ternama, Michelin. Ukurannya juga hanya sebesar gantungan kunci, sehingga bisa disimpan di mana saja. 

Tampilan pengukurnya menggunakan layar monokrom sehingga dapat menunjukkan tekanan ban mobil secara digital. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya tinggal ditancapkan ke ujung klep ban, tahan tiga menit dan hasilnya bisa langsung terlihat. 

Fitur yang tersedia juga cukup lengkap, range tekanan yang diperiksa mulai dari 5-99 psi. Alat ini bisa digunakan untuk mengukur tekanan ban mobil, motor atau sepeda. 

Itulah beberapa rekomendasi alat pengukur tekanan ban mobil yang bisa Sahabat pilih. Perlu diketahui, tekanan ban mobil yang ideal tentu dapat menunjang keamanan, kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. 

Mengingat ukurannya yang kecil dan fungsinya yang berguna, tak ada salahnya jika alat pengukur tekanan ban mobil wajib Sahabat miliki. 

Penulis : Dinno Baskoro

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku