Logo Daihatsu
Menu

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mendengung pada Mobil

Otomotif

2023-09-29

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mendengung pada Mobil

Suara mesin mendengung yang dialami oleh mobil umumnya terjadi karena usia kendaraan sudah berumur. Suara mendengung pada mobil terasa sampai kabin terjadi karena suku cadang mobil tua cenderung sudah rusak dan usang, terlebih jika pemiliknya malas untuk merawat kendaraan. Berikut penyebab serta cara mengatasinya!

Penyebab Suara Mendengung pada Mobil

Berikut ini penyebab suara berisik pada mesin kendaraan yang perlu diketahui.

1. Pompa power steering rusak

Pompa power steering rusak dapat menyebabkan suara mesin mendengung, umumnya terjadi pada mobil yang menggunakan power steering hidrolik. Pasalnya terdapat beberapa komponen yang menempel dengan mesin guna mengurangi beban pengendara.

2. Bearing pulley aus

Saat bearing pulley mesin mengalami aus, dapat memengaruhi kenyamanan berkendara karena komponen tersebut cukup vital bagi kendaraan. Pada mesin terdapat banyak lilitan belt dengan pulley, sebut saja pulley mesin, alternator, hingga idler. Apabila salah satunya mengalami kerusakan maka perlu segera diganti dengan baru. 

3. Kerusakan Kompresor AC

Kompresor AC rusak dapat menjadi penyebab munculnya suara mendengung pada mobil. Hal ini terjadi ketika metal kompresor AC mengalami aus, terlebih ketika freon AC tersumbat sehingga dapat memperburuk kondisi.

4. Joint kopel rusak

Kendaraan roda empat memiliki joint kopel guna menyalurkan putaran ke bagian roda. Komponen tersebut rawan aus sehingga mengakibatkan suara dengungan.

5. Timing belt salah pasang atau rusak

Timing belt yang usianya sudah tua juga dapat menyebabkan dengungan yang cukup mengganggu. Selain timing belt tua, pemasangan komponen tersebut yang kurang tepat juga dapat menyebabkan terdengarnya suara berisik tersebut. 

Baca Juga : 5 Penyebab Mobil Berdengung pada Kecepatan Rendah & Solusinya

Cara Mengatasi Suara Mendengung pada Mobil

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut cara mengatasi suara berisik pada kendaraan roda empat.

1. Lakukan pengecekan berkala power steering

Pemilik perlu melakukan pengecekan berkala terlebih pada komponen power steering. Pasalnya suara dengung umumnya berasal dari komponen ini, dan bisa ditangani apabila telah dilakukan pengecekan sebelumnya.

2. Lakukan perbaikan bearing

Suara berisik yang masuk ke kabin kendaraan tentu mengurangi tingkat kenyamanan pengemudi maupun penumpang. Untuk itu lakukan perbaikan pada bagian bearing atau leher roda apabila komponen ini mengalami kerusakan.

3. Lakukan pengecekan kompresor AC

Cobalah untuk melakukan pengecekan pada bagian kompresor AC dengan cara mematikannya saat mesin menyala. Ketika AC dimatikan, maka suara mendengung akan hilang secara perlahan. Jika memang mengalami permasalahan, segera bawa kendaraan ke bengkel AC mobil terdekat.

4. Rutin ganti pelumas

Selain itu untuk mengatasi suara dengungan terdengar kembali, rutin ganti pelumas atau oli agar tidak terjadi masalah di sistem penggerak gardan. Pastikan Anda mengganti oli gardan tiap 40 ribu km.

5. Rutin mengecek timing belt

Pemasangan komponen ini yang kurang tepat dapat menimbulkan suara dengung, begitu pula ketika bagian ini dipasang terlalu kencang karena bisa terjadi selip. Untuk itu lakukan pengecekan secara berkala, terlebih sebelum kendaraan akan digunakan. 

Tips Merawat Mesin Mobil

Berikut cara merawat mesin kendaraan roda empat agar awet.

1. Panaskan mesin setiap hari

Ada baiknya untuk tetap rutin memanaskan mobil setiap hari, meski hanya beberapa menit setiap paginya. Mesin yang rutin dipanaskan umumnya jarang mengalami permasalahan, membuat oli merata ke seluruh mesin, serta performanya pun akan tetap terjaga prima.

2. Rutin menggunakan mobil

Selain itu usahakan untuk tetap rutin menggunakan kendaraan, meski hanya sesekali dalam satu minggu. Hal ini bermanfaat untuk melihat apakah ada perubahan dari kondisi mesin. 

3. Periksa oli

Ketika kendaraan sudah menempuh jarak 10 ribu km, ada baiknya untuk segera mengganti oli mesin. Cara melihat kondisi oli sangat mudah, karena umumnya indikator oli akan terlihat di bagian dashboard. 

Itulah penyebab dan cara mudah mengatasi suara mendengung pada mobil terasa sampai kabin yang cukup mengganggu karena terdengar hingga kabin.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Perbedaan Timing Belt dan Fan Belt Pada Mobil, Yuk Pahami!

2024-02-09

Bagi pemilik mobil, pemahaman tentang perbedaan antara timing belt dan fan belt menjadi suatu hal yang penting. Kedua komponen ini memegang peranan vital dalam kinerja kendaraan. Perbedaan keduanya

thumbnail

Alasan Mengapa Parkir Mobil Ban Harus Lurus untuk Kenyamanan Berkendara

2021-02-08

Parkir mobil merupakan salah satu bagian yang cukup krusial dalam menjaga komponen kendaraan agar tidak rusak. Mulai dari cara parkir, posisi ban dan setir, hingga lokas

thumbnail

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

2020-12-03

Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan