Logo Daihatsu
Menu

Komponen AC Mobil yang Perlu Sahabat Ketahui!

Otomotif

2021-02-18

ketahhui komponen ac mobil

Menurut sejarahnya, AC mobil pertama kali digunakan pada 1939 oleh pabrik mobil asal Amerika, Packard. Pada saat itu, AC masih menjadi perangkat opsional dalam mobil. Sempat mengalami kemandekan pada 1941, AC kembali dimarakan sejak 1953, saat Chrysler merilis sistem air temperatur.

Apabila pernah menjadi produk opsional, sekarang dapat dibilang, AC sudah menjadi barang wajib bagi mobil. Dengan AC, mobil kamu bisa tambah bergengsi. Tidak bisa dimungkiri, dingin atau tidaknya mobil bisa dipakai sebagai penilaian seberapa kerennya mobil kamu.

AC atau Air Conditioner adalah salah satu kelebihan mobil dibanding motor. Banyak orang yang memang memiliki mobil karena ingin nyaman saat berkendara. Sahabat tentunya lelah juga kalau setiap hari harus bergumul dengan keringat. AC adalah salah satu jalan keluar untuk mengatasi kelelahan tersebut.

Komponen AC Mobil 

Cara merawat AC tidak mudah, lho, karena perangkat ini tersusun atas komponen-komponen yang cukup banyak dan rumit. Untuk itu, biar bisa mengoptimalkan kerja AC mobilmu, kenali dulu komponen-komponen penyusunnya!

Kompresor

 

Kompresor AC akan berputar seiring dengan mesin mobil. Tugasnya adalah mengisap gas freon dari evaporator kemudian menekannya ke kondensor AC. Di dalam kompresor AC, terdapat oli khusus AC atau oli kompresor yang berguna sebagai pelumas.

Kondensor

 

Kondensor bertugas untuk mengubah gas freon menjadi zat cair. Freon akan menjadi dingin lewat bantuan hembusan angin dari extrafan atau motor cooling fan.

Baca Juga : Perawatan Kompresor AC Mobil

Receiver Drier

 

Zat cair atau refrigerant cair dari kondensor akan disaring kembali oleh receiver drier. Filter ini sangat diperlukan untuk menyaring debu atau kotoran.

Ekspansi Valve

 

Komponen ini merupakan jembatan kecil antara receiver drier dengan evaporator. Tugas ekspansi valve adalah menyalurkan refrigerant cair. Di komponen ini juga, refrigerant mengalami pengabutan.

Evaporator atau Cooling Unit

 

Kemudian, setelah mengalami pengabutan, refrigerant cair akan disalurkan ke evaporator dengan bentuk udara dingin. Kisi-kisi evaporator akan menerima hembusan dari blower sehingga udara dingin bisa menyelimuti kabin mobil.

Nah, setiap komponen-komponen di atas harus berfungsi dengan baik karena kerusakan pada satu bagian akan berpengaruh pada semua bagian. Hal ini disebabkan oleh kinerja yang bertahap dan berkala dari komponen-komponen AC mobil.

Perawatan yang rutin pun perlu dilakukan supaya AC tetap awet dan dingin. Misalnya dengan membawa atau mengeceknya di bengkel kesayangan. Tidak jarang, kotoran dan debu masuk ke komponen AC sehingga menghambat kerja mesin-mesin penyusunnya.

Sekarang, Sahabat sudah tau komponen-komponen yang menyusun AC. Setelah ini, tentunya kamu sudah semakin aware dengan AC mobilmu dan semakin ingin merawatnya kan?

Baca juga : Tugas Evaporator AC Mobil dan Penyebab AC Cepat Rusak 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Fungsi Pegas pada Mobil & Cara Merawatnya

2023-06-30

Fungsi pegas mobil terbilang penting terhadap keberhasilan kinerja sistem suspensi pada mobil. Seperti diketahui, sistem tersebut dibuat oleh produsen mobil dengan t

thumbnail

Bahaya Terus Memakai Ban Mobil yang Retak

2022-06-24

Anda pengguna mobil sebagai kendaraan sehari - hari? Apakah mobil Anda selalu dalam keadaan yang terawat? Perawatan mobil tidak hanya penting dari sisi mesinnya saja, pe

thumbnail

Apa Saja Perbedaan Premium, Pertalite dan Pertamax?

2022-09-08

Di Indonesia terdapat beberapa bahan bakar yang bisa digunakan untuk kendaraan bermotor. Bahan bakar tersebut meliputi pertalite, premium, hingga pertamax. Ketiga bahan bakar tersebut memiliki kara

thumbnail

7 Barang Esensial Berkendara yang Wajib Ada Di Mobil

2021-01-15

Hai Sahabat, barang esensial di mobil merupakan kebutuhan pokok dan wajib ada di dalam mobil. Khususnya bagi kamu yang menggunakan mobil untuk melakukan aktivitas setiap