Logo Daihatsu
Menu

5 Tips Mengecat Motor dengan Benar

Otomotif

2021-01-06

cara mengecat motor

Mengecat kendaraan berfungsi untuk menjaga tampilan kendaraan tetap cantik dan menawan seperti baru dan lapisan cat dapat melindungi bodi kendaraan. 

Selain datang ke bengkel terdekat, Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti tips cara mengecat motor sendiri berikut. 

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan 

Mempersiapkan segala bahan dan alat yang dibutuhkan untuk proses pengecatan adalah hal utama yang perlu dilakukan. 

Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan terdiri dari 

  • cat
  • thinner
  • dempul
  • epoxy
  • lakban kertas
  • amplas halus
  • compound

Setelah semua kebutuhan telah terpenuhi, pastikan Anda memilih tempat yang cukup lapang untuk melakukan proses pengecatan. 

Karena dilakukan sendiri tanpa bantuan dari sang ahli, tentu Anda perlu mempertimbangkan jika lokasi pengecatan agar cat tidak tumpah dan melebar ke tempat lainnya. 

2. Mencuci Part yang Hendak di Cat

Sebelum memulai cara mengecat motor, sebaiknya Anda memilah dan memilih part body motor yang hendak dilapisi cat baru. 

Namun pastikan tidak ada lagi debu maupun kotoran yang menumpuk usai membersihkannya, karena hal tersebut dapat merusak kualitas pengecatan.

Agar part motor lainya tidak terkena cat, silahkan lindungi dengan lembaran plastik atau koran. 

Anda juga perlu mempersiapkan kipas angin untuk membantu mengeringkan part kendaran secara maksimal, sekaligus menghindari menghirup aroma cat terlalu lama. Untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal. 

Siapkan pencahayaan tambahan sebagai solusinya. Dengan pencahayaan yang cukup akan membantu Anda melihat dengan lebih jelas ketika proses pengecatan dilakukan. 

Baca juga: Mengenal Prinsip Kerja Motor Listrik Beserta Fungsinya

3. Mengamplas Part Kendaraan

Setelah segala persiapan sudah dilakukan, kini saatnya mengamplas part kendaraan sebagai salah satu rangkaian cara mengecat motor dengan benar. 

Pengamplasan tidak boleh dilakukan secara asal, karena Anda harus memastikan jika hasil amplasnya terlihat merata.

Anda juga bisa menyiramkan air untuk memastikan bahwa cat lama sudah terangkat sempurna. 

4. Dempul Body Motor 

Usai menghilangkan cat lama, kini saatnya memberikan lapisan dempul agar permukaan part kendaraan tersebut kembali halus dan rata ketika di cat. 

Campuran dempul tidak boleh terlalu encer atau terlalu menggumpal, lalu ulangi proses pengolesan secara berulang karena dempul sangat cepat mengeras. 

5. Mulai Mengecat Part Body Motor

Silahkan bersihkan dan amplas kembali part kendaraan yang sudah diberikan dempul agar permukaannya lebih halus. Setelah itu, Anda sudah bisa mengecat part kendaraan dengan warna dan desain yang diinginkan dan tidak lupa memberikan lapisan cat primer untuk melindunginya dari karat. 

Anda juga bisa memberikan compound agar kendaraan tampak kinclong bak motor baru. Sebagai langkah penutupan cara mengecat motor, tidak ada salahnya melapisi part kendaraan dengan menggunakan pernis yang diklaim ampuh melindungi cat dari kotoran maupun debu membandel. 

Sebagian orang beranggapan bahwa mengecat ulang kendaraan kesayangan adalah hal lumrah. Bahkan Anda bisa menerapkannya sendiri di rumah dengan mengandalkan kreativitas dan sedikit ketelatenan melakukannya. 

Baca juga: Cara Mengecat Mobil dengan Benar


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Planetary Gear: Fungsi, Komponen & Cara Kerja Lengkap

2022-08-12

Bagi sebagian besar pengendara mobil matic pasti sudah akrab dengan salah satu komponen penting dari

thumbnail

2 Komponen Rem Mobil Beserta Fungsinya

2021-01-06

Sebagian besar orang, pasti sudah mengetahui jika kendaraan bermotor dilengkapi dengan berbagai komponen didalamnya. Salah satu komponen vital pada sebuah kendaraan yait

thumbnail

3 Cara Mematikan Lampu ABS yang Menyala pada Mobil

2022-10-25

Pada masa sekarang, penggunaan teknologi

thumbnail

Inilah Ukuran Kunci Busi Mobil Berdasarkan Modelnya

2023-01-06

Kunci busi mobil merupakan alat yang digunakan untuk memasang atau melepaskan busi mobil. Kunci tersebut terdiri dari beberapa ukuran, berdasarkan modelnya. Agar And