Logo Daihatsu
Menu

7 Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Bahan Alami supaya Menjadi Tempat yang Bersih dan Nyaman

Family

2021-05-25

mengusir tikus

Rumah dikategorikan sebagai tempat yang bersih dan bebas bakteri adalah ketika tidak ada semut, kecoa, ataupun tikus yang berkeliaran. Nah, bagaimana nih jika di rumah masih ada tikus? Sahabat bisa nih menggunakan 7 cara mengusir tikus di rumah berikut supaya rumah menjadi tempat yang bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Hewan pengerat ini memang bisa datang dari mana saja. Bisa dari cerobong pembuangan yang kotor hingga karena mencium bau makanan sisa yang tidak dibereskan. Nah, jika ingin mengusir hewan menyebalkan ini, langsung ikuti cara berikut saja.

Bahan yang digunakan untuk mengusir tikus bisa didapat dengan mudah dan alami loh. Jadi, tidak perlu memasang jebakan tidur disertai racun yang bisa membuat bangkainya ditemukan di sembarang tempat. Tidak perlu juga menyuruh kucing liar untuk menangkapnya.

1. Bubuk Cabai plus Deterjen

Cara mengusir tikus dari rumah yang pertama adalah dengan bubuk cabai yang dicampur dengan bubuk deterjen. Bagaimana caranya?

Sahabat campurkan bubuk cabai dan bubuk deterjen ditambah dengan air. Kocok hingga rata dan tuang ke botol spray. Semprotkan larutan tersebut ke tikus yang Sahabat jumpai di rumah.

Iya, memang harus disemprotkan secara langsung agar berefek. Hal itu dikarenakan cairan bersifat panas sehingga tikus akan merasa jera lalu pergi, tidak mau datang lagi.

2. Baking Soda

Baking soda memang bahan yang ampuh untuk digunakan di banyak hal ya. Masih ingat bahwa baking soda bisa digunakan untuk mengusir bau rokok di dalam mobil? Nah, bahan ini juga bisa untuk mengusir tikus di rumah loh, Sahabat.

Cara yang digunakan dengan baking soda mirip seperti ketika menjebak tikus dengan racun tikus, yaitu campurkan baking soda ke makanan yang biasa diincar tikus. Tempatkan saja di dapur atau sudut lain yang memang biasa dikunjungi tikus.

Nantinya, saat tikus mengonsumsi makanan yang sudah dicampur baking soda itu, dia akan mengembang karena efek gas baking soda. Bedanya dengan racun tikus adalah, baking soda tidak membuat tikus langsung mati, tetapi harus mengeluarkan gas terlebih dahulu yang menggerakkan mereka ke ruang terbuka.

3. Buah Mengkudu

 Buah mengkudu biasanya digunakan untuk menurunkan datang tinggi, kan? Nah, buah ini juga bisa digunakan secara cara mengusir tikus di rumah loh.

Caranya adalah dengan menumbuk buah mengkudu lalu campurkan dengan air. Seperti halnya bahan cabai plus bubuk detergen, Sahabat juga harus menyemprotkan langsung ke tikus.

4. Irisan Bawang

Bawang merah selalu ada di dapur kan? Selain sebagai penambah cita rasa, bawang juga bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus dari rumah loh. Hal ini dikarenakan tikus tidak menyukai tekstur dan aroma bawang merah.

Sahabat cukup iris bawang merah dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus atau dihuni tikus. Nanti, mereka akan tidak betah lalu lama-lama pergi deh.

5. Kantung Teh

Saat Sahabat bingung harus bagaimana dengan kantung teh celup bekas, jawabannya adalah untuk mengusir tikus. Iya, tidak salah baca kok.

Kantong teh bisa untuk mengusir tikus karena aroma mint di dalam teh akan membuat indera penciuman tikus tidak berfungsi. Nah, karena hal itu, nantinya tikus akan kabur deh dari rumah karena merasa terganggu.

6. Kulit Telur

Selain untuk dibuang atau dibuat kerajinan tangan, ternyata kulit telur berguna untuk mengusir tikus loh. Lah, bagaimana caranya?

Begini... Sahabat cukup menghaluskan kulit telur sehingga berubah menjadi butiran agak kasar. Nah, gunakan taburkan butiran kulit telur itu di sudut-sudut yang biasa dilalui tikus.

Kulit telur memang berefek membuat tikus menjadi linglung. Hal ini dikarenakan kulit telur mengandung kalsium yang tinggi. Selain tikus, kulit telur juga bisa untuk mengusir kecoa, siput, keong, kumbang, hingga kutu loh, Sahabat.

7. Kulit Durian

Bahan terakhir yang masuk ke dalam daftar cara mengusir tikus di rumah ini tidak disarankan untuk seseorang yang tidak menyukai durian ya, Sahabat. Terlebih, jika hanya dari bau durian saja sudah merasa pusing.

Akan tetapi, kulit durian memang ampuh sekali untuk mengusir tikus. Hal ini dikarenakan bau tajam dari durian sangat tidak disukai oleh tikus sehingga mereka menghindarinya.

Jika Sahabat ingin mencoba bahan ini, sangat mudah loh. Sahabat cukup memotong kulit durian menjadi beberapa bagian lalu tempatkan di sudut-sudut yang biasa didatangi tikus.

Itulah 7 cara mengusir tikus di rumah sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali. Saat malam juga tidak ada lagi deh suara mencicit yang mengganggu tidur. Tidak perlu risau lagi tentang, “Aduh, kok roti yang diletakkan di meja tiba-tiba ada bekas gigitan kecil?”

Yang pasti, harus rajin membersihkan rumah ya, Sahabat, supaya selalu rapi dan higienis!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Pahlawan Nasional dari Aceh

2021-02-22

Perjuangan para pendahulu kita saat melawan penjajah Belanda dulu sangat sengit. Harta, tenaga, bahkan nyawa mereka korbankan untuk bisa mengusir penjajah dari bumi Indo

thumbnail

7 Tips Hemat Listrik supaya Kantong Tidak Bolong dan Lebih Menyayangi Bumi

2021-05-17

Hemat listrik adalah perilaku bijak paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi. World Wide Fund for Nature bahkan membuat gerakan Jam Bumi atau Ear

thumbnail

Tips Memilih Souvenir Pernikahan Unik dan Murah, Bikin Tamu Pengin Minta Lagi!

2021-06-29

Hari pernikahan adalah momen yang spesial dalam hidup seseorang. Segala detail pernikahan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Mulai dari pakaian pengantin, riasan, dekor

thumbnail

Ide Tema 17 Agustus yang Kreatif dan Unik

2020-11-03

Momen 17 Agustus memang menarik setiap tahunnya. Banyak sekali orang yang memikirkan kira-kira tema 17 Agustus yang kreatif dan unik apa yang bisa digunakan untuk kampungnya. Semakin kreatif dan un