Logo Daihatsu
Menu

7 Faktor yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat di Masa Modern

Tips & Trick

2020-11-21

faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat

Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk dapat mengatur pola hidup sehat di masa modern seperti sekarang. Sudah banyak kemudahan yang membuat orang sering kali abai terhadap pola makan, pola aktivitas, dan lain sebagainya. Contoh sederhana, mungkin sekarang tubuhmu bergerak lebih sedikit karena sudah ada layanan ojek dan toko online.

Faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat merupakan kebiasaan sehari-hari yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh seseorang. Tidak sedikit orang yang baru memperbaiki pola kehidupan sehari-hari setelah mengalami masalah kesehatan. Sebelum hal itu terjadi, mari ketahui 7 faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat di masa modern.

1. Konsumsi Air Minum

Secara ideal, tubuh manusia memerlukan 45 – 60 persen air di dalam tubuhnya. Tidak heran jika air minum sangat disarankan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Meskipun terasa sederhana, banyak orang yang masih malas minum air minum. Jika hal ini tidak diperhatikan, tubuh bisa kekurangan air (dehidrasi).

Oleh karena itulah, konsumsi air minum yang disarankan oleh para ahli setidaknya sebanyak dua liter per hari. Semua minuman memang mengandung air, tapi jumlah dua liter air yang disarankan sebaiknya berupa air mineral. Jika dihitung secara kasar, dua liter air minum setara dengan delapan gelas.

Baca juga: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

2. Pola Makan Seimbang

Bukan hanya asupan air di dalam tubuh yang perlu dijaga agar tetap seimbang, tapi juga nutrisi yang menopang tubuh. Pola makanan sehari-hari perlu dijaga dengan porsi makan yang terkendali. Selain itu, sebaiknya konsumsi makanan dengan komposisi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan serat yang cukup.

3. Waktu Istirahat Cukup

Rutinitas yang dilakukan setiap hari sering membuat seseorang lupa diri dan kekurangan waktu istirahat. Mungkin banyak orang yang melakukan kegiatan menyenangkan seperti menonton drama korea hingga begadang. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena tubuh tetap butuh tidur untuk mengistirahatkan fungsi organ agar metabolisme tetap optimal.

4. Keseimbangan Emosi

Kesehatan tubuh memang penting, tapi keseimbangan emosi juga perlu dijaga agar tetap sehat. Seseorang bisa saja memiliki ambisi untuk mencapai sebuah tujuan tanpa merasa lelah. Di sisi lain, pikiran sering dipaksa berpikir tanpa melakukan aktivitas hiburan atau bersosialisasi. Jika terus dipaksakan, emosi bisa meledak atau bahkan membuat seseorang tertekan. Jadi, ekspresikan emosi dan perasaan dengan wajar walau lelah sekalipun, ya!

5. Aktivitas Bergerak dan Olahraga

Saat ini, semua hal sudah serbamudah meskipun seseorang hanya berada di rumah. Tidak jarang, jarak yang biasanya ditempuh dengan berjalan kaki malah diganti dengan layanan ojek online. Hal ini membuat tubuh lebih sedikit bergerak. Aktivitas di depan komputer sering kali membuat seseorang juga terlalu nyaman. Setidaknya, lakukan peregangan secara teratur atau biasakan berjalan untuk menempuh jarak yang dekat.

6. Kebersihan Tubuh

Tidak kalah penting dengan kebiasaan lain, tubuh juga harus dijaga agar tetap bersih. Virus atau bakteri mungkin menempel dan tertinggal di tubuh seseorang. Jika daya tahan tubuh kurang prima, seseorang bisa jatuh sakit. Meski terlihat bersih, biasakan diri untuk mandi dua kali sehari untuk menghindari bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan.

7. Kualitas Sirkulasi Udara

Semakin banyaknya jumlah kendaraan membuat kualitas udara semakin buruk. Pencemaran udara juga berasal dari asap pabrik, asap rokok, dan bahkan sirkulasi udara di rumah. Tubuh memerlukan udara bersih yang berkualitas agar fungsi organ tetap optimal. Oleh karena itulah, perhatikan sirkulasi udara dengan kadar oksigen berkualitas. Jika mungkin, kelola lingkungan agar tetap segar dengan menanam pepohonan di rumah.

Nah, itulah beberapa faktor yang bisa berpengaruh pada kesehatan di masa modern ini. Tak hanya rutinitas fisik yang terlihat, pastikan untuk mengelola rutinitas mental tetap seimbang, ya!

Penulis: Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Menyantap Nasi Padang untuk Sahabat yang Lagi Diet

2021-02-03

Banyak pelaku diet yang menghindari nasi padang karena takut menggagalkan diet mereka. Padahal, nasi padang masih layak dikonsumsi, bahkan oleh pelaku diet sekalipun.

thumbnail

5 Contoh Proposal Karya Ilmiah untuk Berbagai Jenis Penelitian dan Cara Penulisannya

2021-04-05

Proposal karya ilmiah adalah salah satu syarat wajib sebelum seseorang memulai penelitian sebuah

thumbnail

Daftar Aplikasi Jualan Online

2021-01-26

Aplikasi jualan online adalah aplikasi yang digunakan untuk transaksi jual beli di era digital ini dan tidak lagi memerlukan tatap muka. Apapun sekarang dapat dibeli mel

thumbnail

Kisah Awal Terbentuknya Kerajaan Ternate dan Sejarah Singkat

2021-03-31

Kerajaan Ternate adalah suatu kerajaan yang berada di Pulau Ternate. Dulunya di wilayah ini terdapat 4 kampung yang dikepalai oleh seorang kepala marga. Seluruh wilayah