Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
7 Faktor yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat di Masa Modern
21 November 2020
faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat

Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk dapat mengatur pola hidup sehat di masa modern seperti sekarang. Sudah banyak kemudahan yang membuat orang sering kali abai terhadap pola makan, pola aktivitas, dan lain sebagainya. Contoh sederhana, mungkin sekarang tubuhmu bergerak lebih sedikit karena sudah ada layanan ojek dan toko online.

Faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat merupakan kebiasaan sehari-hari yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh seseorang. Tidak sedikit orang yang baru memperbaiki pola kehidupan sehari-hari setelah mengalami masalah kesehatan. Sebelum hal itu terjadi, mari ketahui 7 faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat di masa modern.

1. Konsumsi Air Minum

Secara ideal, tubuh manusia memerlukan 45 – 60 persen air di dalam tubuhnya. Tidak heran jika air minum sangat disarankan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Meskipun terasa sederhana, banyak orang yang masih malas minum air minum. Jika hal ini tidak diperhatikan, tubuh bisa kekurangan air (dehidrasi).

Oleh karena itulah, konsumsi air minum yang disarankan oleh para ahli setidaknya sebanyak dua liter per hari. Semua minuman memang mengandung air, tapi jumlah dua liter air yang disarankan sebaiknya berupa air mineral. Jika dihitung secara kasar, dua liter air minum setara dengan delapan gelas.

Baca juga: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

2. Pola Makan Seimbang

Bukan hanya asupan air di dalam tubuh yang perlu dijaga agar tetap seimbang, tapi juga nutrisi yang menopang tubuh. Pola makanan sehari-hari perlu dijaga dengan porsi makan yang terkendali. Selain itu, sebaiknya konsumsi makanan dengan komposisi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan serat yang cukup.

3. Waktu Istirahat Cukup

Rutinitas yang dilakukan setiap hari sering membuat seseorang lupa diri dan kekurangan waktu istirahat. Mungkin banyak orang yang melakukan kegiatan menyenangkan seperti menonton drama korea hingga begadang. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena tubuh tetap butuh tidur untuk mengistirahatkan fungsi organ agar metabolisme tetap optimal.

4. Keseimbangan Emosi

Kesehatan tubuh memang penting, tapi keseimbangan emosi juga perlu dijaga agar tetap sehat. Seseorang bisa saja memiliki ambisi untuk mencapai sebuah tujuan tanpa merasa lelah. Di sisi lain, pikiran sering dipaksa berpikir tanpa melakukan aktivitas hiburan atau bersosialisasi. Jika terus dipaksakan, emosi bisa meledak atau bahkan membuat seseorang tertekan. Jadi, ekspresikan emosi dan perasaan dengan wajar walau lelah sekalipun, ya!

5. Aktivitas Bergerak dan Olahraga

Saat ini, semua hal sudah serbamudah meskipun seseorang hanya berada di rumah. Tidak jarang, jarak yang biasanya ditempuh dengan berjalan kaki malah diganti dengan layanan ojek online. Hal ini membuat tubuh lebih sedikit bergerak. Aktivitas di depan komputer sering kali membuat seseorang juga terlalu nyaman. Setidaknya, lakukan peregangan secara teratur atau biasakan berjalan untuk menempuh jarak yang dekat.

6. Kebersihan Tubuh

Tidak kalah penting dengan kebiasaan lain, tubuh juga harus dijaga agar tetap bersih. Virus atau bakteri mungkin menempel dan tertinggal di tubuh seseorang. Jika daya tahan tubuh kurang prima, seseorang bisa jatuh sakit. Meski terlihat bersih, biasakan diri untuk mandi dua kali sehari untuk menghindari bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan.

7. Kualitas Sirkulasi Udara

Semakin banyaknya jumlah kendaraan membuat kualitas udara semakin buruk. Pencemaran udara juga berasal dari asap pabrik, asap rokok, dan bahkan sirkulasi udara di rumah. Tubuh memerlukan udara bersih yang berkualitas agar fungsi organ tetap optimal. Oleh karena itulah, perhatikan sirkulasi udara dengan kadar oksigen berkualitas. Jika mungkin, kelola lingkungan agar tetap segar dengan menanam pepohonan di rumah.

Nah, itulah beberapa faktor yang bisa berpengaruh pada kesehatan di masa modern ini. Tak hanya rutinitas fisik yang terlihat, pastikan untuk mengelola rutinitas mental tetap seimbang, ya!

Penulis: Rizkita Darajat

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku