Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
7 Tips Hemat Listrik supaya Kantong Tidak Bolong dan Lebih Menyayangi Bumi
17 Mei 2021
hemat listrik

Hemat listrik adalah perilaku bijak paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi. World Wide Fund for Nature bahkan membuat gerakan Jam Bumi atau Earth Hour, yaitu gerakan memadamkan lampu selama satu jam, setiap pekan terakhir Maret di setiap tahunnya.

Selain sebagai representasi sikap kita untuk lebih menyayangi bumi, hemat listrik juga sangat membantu mengerem pengeluaran supaya kantong tidak jebol setiap bulannya loh, Sahabat. Lumayan kan bisa lebih hemat ketika tagihan listrik keluar sehingga bisa masuk ke alokasi pengeluaran yang lain?

Nah, apa saja sih tips untuk menghemat listrik di rumah? Yuk, langsung simak 7 tips hemat listrik berikut ini!

1. Matikan Lampu saat Sudah Tidak Dibutuhkan

Ada waktu-waktu yang memang kita sangat membutuhkan penerangan supaya bisa lebih mudah dalam melakukan segala hal. Dan sebaliknya, ada waktu yang memang kita tidak membutuhkan penerangan sama sekali karena sudah terbantu sinar matahari.

Nah, di waktu tersebut, kita bisa memaksimalkan untuk menghemat listrik nih dengan cara mematikan lampu di setiap sudut rumah. Jika Sahabat sedang melakukan kerja dari rumah, bisa sekali loh memindahkan ruang atau meja kerja ke tempat yang dilimpahi banyak sinar matahari ketika siang supaya tidak perlu menyalakan lampu.

2. Matikan Peralatan Elektronik ketika Tidak Digunakan

Pendingin ruangan, televisi, laptop, komputer, pemutar musik, hingga dispenser tentu saja tidak digunakan setiap waktu. Ketika peralatan elektronik tersebut sudah tidak digunakan, sebaiknya matikan untuk lebih menghemat aliran listrik.

3. Cabut Kabel yang Tidak Digunakan dari Stop Kontak

Cabut colokan kipas angin, colokan ponsel, colokan laptop, diffuser elektronik, hingga colokan televisi jika memang sudah tidak digunakan. Hal tersebut dikarenakan, meskipun colokan tidak digunakan, tetapi aliran listriknya tetap berjalan loh, Sahabat.

Nah, untuk sikap lebih bijak sehingga lebih menyayangi bumi dan menghemat pengeluaran, Sahabat harus mencabut colokan-colokan yang memang sudah tidak digunakan. Nanti kembali dicolokan ketika memang akan digunakan kembali.

4. Gunakan Lampu LED dibanding Lampu Biasa

Tahukah Sahabat bahwa lampu LED lebih menghemat listrik sekitar 80 hingga 90%? Bahkan, lampu LED juga bisa bertahan hingga 20.000 jam sehingga sangat hemat untuk digunakan dalam jangka panjang.

Nah, mengetahui fakta tersebut, lebih baik untuk mengganti lampu di rumah ke lampu LED, kan? Selain lebih hemat, lampu LED juga lebih terang dibanding bohlam pada umumnya.

5. Manfaatkan Ventilasi sebagai Sarana Pertukaran Udara

Supaya tidak boros dengan menggunakan AC atau kipas angin lebih sering, lebih baik manfaatkan ventilasi dengan lebih baik untuk pertukaran udara. Buka jendela juga ketika pagi hari supaya sirkulasi udara berjalan sehingga udara di dalam rumah tidak sumpek.

Lagi pula, sebaik-baiknya udara segar, lebih baik menggunakan udara alami kan dibandingkan dengan AC yang mengandung freon dan bisa melubangi lapisan ozon?

6. Gunakan Listrik Prabayar

Nah, tips hemat listrik keenam ini menjadi ujung dari perilaku hemat listrik lainnya nih.

Seperti yang kita tahu, penggunaan listrik ada dua macam, yaitu prabayar dan pascabayar. Pada umumnya, masyarakat menggunakan listrik pascabayar yang ditandai dengan meteran model zaman dahulu di rumahnya.

Nah, untuk lebih membuat kita bijak akan penggunaan listrik, lebih disarankan untuk memakai listrik prabayar loh, Sahabat, seperti pulsa listrik. Hal ini dikarenakan kita bisa mengontrol perilaku penggunaan listrik.

7. Jangan Mengisi Daya Peralatan Elektronik Sepanjang Malam

Tips hemat listrik yang terakhir ini sih tidak hanya untuk menghemat pengeluaran biaya listrik setiap bulannya, tetapi juga sebagai representasi rasa sayang kita terhadap barang elektronik yang kita punya. Ialah berhati-hati ketika mengisi daya ponsel hingga laptop.

Baterai ponsel dan laptop memiliki pengaturannya sendiri loh untuk bisa terisi penuh. Mereka memiliki waktu seberapa banyak supaya lekas terisi penuh. Nah, memang sudah ada laptop dan ponsel yang memiliki teknologi pemutus aliran daya ketika daya penuh, tetapi tetap saja bisa rusak ketika kita mengecas semalaman suntuk, kan?

Itulah 7 tips hemat listrik supaya lebih hemat dan menjaga bumi tetap sehat yang bisa Sahabat jadikan referensi. Di zaman sekarang, kita memang harus lebih bijak dalam bersikap bukan?

Bumi semakin tua dan global warming semakin parah akibatnya. Kita tidak mau bukan anak-cucu kelak lebih kesusahan karena sekarang kita tidak menjaga tempat tinggal tercinta ini dengan baik?

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor