Logo Daihatsu
Menu

7 Tips Menjaga Imunitas Tubuh saat New Normal, Tetap Sehat di 2021

Travel

2021-01-07

new normal

Menjaga imunitas tubuh adalah hal yang wajib dilakukan di new normal. Tahun 2020 mungkin sudah usai dan di tahun baru kita semua berharap pandemi segera berakhir. Antivirus sudah masuk ke Indonesia, tetapi proses yang dilakukan pemerintah untuk menyalurkan antivirus kepada masyarakat tentu butuh waktu.

Menuju keadaan new normal usai pandemi membuat kita semua berhati-hati dalam bertindak, bukan? Kita tidak mau untuk terserang sakit, bahkan flu ringan sekalipun karena selalu merasa parno.

Nah, Sahabat harus memperhatikan 7 tips menjaga imunitas tubuh saat new normal berikut nih supaya semua kegiatan lancar di 2021. Beberapa bahkan hadir karena kebiasaan baru selama pandemi. Yuk simak!

Olahraga Rutin

Melakukan kegiatan olahraga kecil, seperti berlari, berjalan-jalan, bersepeda, bahkan yoga di rumah seakan menjadi kebiasaan baru selama pandemi, kan? Kita memang menjadi lebih memperhatikan stamina tubuh selama di rumah saja.

Nah, saat pandemi sudah mulai berangsur membaik dan tahap new normal dijajaki, jangan tinggalkan kebiasaan berolahraga ya, Sahabat. Tetap lakukan meskipun hanya sekadar 10—15 menit. Sebab, olahraga akan membantu sirkulasi darah lancar.

Menjaga Menu Makanan

Tips menjaga imunitas tubuh saat new normal berikutnya adalah memperhatikan menu makanan yang akan kita konsumsi.

Perbanyak makan sayur dan buah. Jangan biasakan memasukkan junk food ke dalam tubuh. Mungkin lebih bercita rasa dan praktis, tetapi junk food sama sekali tidak baik untuk tubuh karena bisa mengganggu fungsi tenggorokan hingga pencernaan.

Jangan Dehidrasi

Mengonsumsi air putih adalah hal penting yang harus dilakukan supaya imunitas tubuh tetap terjaga. Konsumsi air putih bahkan bisa menurunkan demam loh karena air putih bisa membantu detoksifikasi di dalam tubuh.

Nah, saat new normal kebiasaan mengonsumsi air putih harus dijaga bahkan ditingkatkan ya! Terlebih ketika merasa tidak enak badan atau tenggorokan kering, segerakan minum air putih. Jangan biarkan tubuh merasa dehidrasi.

Konsumsi Vitamin adalah Keharusan

Jangan sampai mengonsumsi vitamin saat merasa tidak enak badan saja ya, Sahabat. Kalau perlu diberi jadwal rutin untuk vitamin ringan, seperti vitamin C. Sebab, vitamin akan menjaga tubuh tetap mampu bekerja dengan baik meskipun ada bakteri atau virus yang mencoba masuk.

Tidak hanya berupa tablet kok, vitamin yang dikonsumsi bisa berupa minuman dengan kandungan vitamin yang terjamin. Vitamin dari bahan alami seperti buah dan sayur juga jauh lebih baik.

Cuci Tangan jangan Ditinggalkan

Mungkin cuci tangan adalah hal paling ribet untuk dilakukan, terlebih berkali-kali dalam sehari. Namun, cuci tangan dengan sabun adalah cara paling efektif sebagai tips menjaga imunitas tubuh saat new normal.

Jangan selalu andalkan hand sanitizer ya, Sahabat, karena mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun lebih ampuh membunuh bakteri atau virus.

Jangan Lupakan Masker

Sudah menggunakan make up dan masih harus memakai masker memang hal paling menyebalkan. Beberapa orang tidak ingin memakai masker adalah karena membuat kacamata berembun hingga susah bernapas.

Akan tetapi, masker sangat berguna loh, Sahabat, dari penyebaran virus dari satu orang ke orang lain. Jadi, meskipun di era new normal, masker adalah hal wajib untuk dipakai ya. Dan, jangan lupa untuk menjaga diri dari kerumunan. Jaga jarak adalah hal penting.

Istirahat yang Cukup

Dari kesemua tips menjaga imunitas tubuh saat new normal di atas, inilah yang paling wajib dilakukan: istirahat yang cukup. Biarkan tubuh bernapas dari rutinitas. Tidur atau hanya sekadar rebahan adalah hal yang membuat tubuh rileks.

Jangan memforsir diri dengan banyak beraktivitas tanpa henti. Ketika sudah saatnya tidur, beristirahatlah. Bagi waktu dengan baik antara bekerja, melakukan hobi, dan istirahat ya, Sahabat.

Itulah ketujuh kebiasaan yang harus Sahabat terapkan sebagai tips menjaga imunitas tubuh saat new normal. Tetap sehat dan bahagia ya! Banyak hal yang harus dicapai di 2021 sehingga jangan sampai tumbang!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Rekomendasi Tempat Wisata di Jepang yang Layak untuk Dikunjungi

2021-04-20

Jepang punya banyak tempat wisata yang bisa disambangi. Hal itulah mengapa Jepang menjadi salah satu negara Asia yang masih laris disambangi. Pada artikel ini, kami baka

thumbnail

Selain Batik! Ini 5 Oleh-oleh Khas Pekalongan Ini Tak Kalah Menarik

2020-10-28

Pekalongan dikenal sebagai salah satu kota penghasil batik terbaik di Indonesia. Motif batik yang khas membuat banyak orang sengaja datang ke kota ini untuk berburu batik. Berbagai toko oleh-oleh d

thumbnail

7 Surga Tersembunyi di Pulau Sumba, Lebih Indah dari Hawaii!

2020-10-28

Keindahan alam Indonesia memang sangat mengagumkan, kita boleh bersyukur tinggal di negeri yang kaya ini. Tak hanya Bali yang menjadi daya tarik pariwisata di Indonesia,

thumbnail

5 Tempat Camping Ramah Anak untuk Pengalaman Seru

2021-01-05

Camping adalah kegiatan yang begitu seru, terlebih jika dilakukan bersama anak. Namun, hal tersebut tentu saja membutuhkan banyak persiapan. Memilih tempat camping ramah anak adalah salah satu hal