Logo Daihatsu
Menu

8 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi ketika ke Puncak Bogor

Travel

2020-11-20

wisata puncak bogor

Puncak Bogor merupakan tempat wisata yang selalu menjadi kegemaran warga Jabodetabek. Penat dengan kehidupan kota Jakarta, sesak dengan debu, dan lelah dengan keadaan panas perkotaan Jakarta dan sekitarnya, memang menjadi alasan untuk berlibur ke wilayah Puncak yang menyejukkan. Terlebih, lokasi Puncak Bogor yang bisa ditempuh dengan jarak sekitar 70 kilometer.

Wilayah Puncak Bogor berada di antara dua kabupaten, yaitu Bogor dan Cianjur. Daerah wisata yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VII ini sudah menjadi destinasi wisata sejak masa penjajahan oleh Belanda loh, Sahabat. Bekas Belanda bisa dilihat dari pengelolaan kebun teh hingga bentuk bangunannya.

Banyak tempat wisata di Puncak Bogor sehingga menarik banyak wisatawan untuk terus berkunjung. Yang paling sering mungkin menginap di villa sambil bercengkrama dengan keluarga atau teman ya. Namun, di Puncak banyak sekali destinasi wisata yang bisa Sahabat jajal. Apa saja? Simak yuk 8 destinasi wisata di Puncak Bogor berikut ini.

Danau Lido

Danau Lido menjadi lokasi favorit keluarga untuk dikunjungi ketika ke Puncak Bogor. Danau ini berada di Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Bogor. Untuk memasuki Danau Lido, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp5.000 per orang, tetapi setiap kegiatan di dalamnya juga dikenakan biaya.

Ada banyak permainan air yang bisa dijajal oleh pengunjung, seperti mengelilingi danau menggunakan perahu naga, becak air, atau rakit. Tidak hanya itu, Danau Lido juga menawarkan kegiatan dengan ATV, layang gantung, hingga panjat jaring yang seru.

Oh iya, bagi yang gemar memanding, bisa juga loh memancing di Danau Lido. Hasil tangkapannya bisa dibawa ke rumah makan di sana untuk dimasak.

Little Venice Puncak

Ada satu kota di Italia yang menyajikan wisata berkeliling perumahan melalui kanal dengan menggunakan perahu, yaitu terdapat di Venice. Perumahan dengan gaya Eropa dan dicat menarik tentu saja sangat layak untuk dicoba. Namun, Sahabat tidak perlu terbang ke Italia untuk menikmati perjalanan tersebut. Puncak Bogor memiliki destinasi wisata yang mirip di Kota Venice.

Bernama Little Venice, replika destinasi di Kota Venice, Italia, yang bisa dicoba ketika ke Puncak Bogor. Kanal, dekorasi bangunan di sekitar kanal, hingga penggunaan perahu didesain semirip mungkin seperti di kota aslinya.

Pengunjung bahkan bisa berdandan ala orang Italia dengan gaun dan topi lebarnya guna bersembunyi dari sinar matahari. Untuk menikmati momen tersebut, Sahabat bisa masuk ke Little Venice dengan membeli tiket seharga Rp20.000 untuk masuk ke wilayah Little Venice dan Rp50.000 untuk mengikuti tur di kanal. Little Venice menyambut pengunjung mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Desa Wisata Pancawati

Daerah Caringin di Bogor memiliki destinasi wisata bernama Desa Wisata Pancawati. Di sini menyajikan wisata tradisional, mulai dari penginapan di rumah-rumah dengan gaya tradisional hingga mengenal kehidupan warga desanya.

Desa Wisata Pancawati sangat tepat dikunjungi ketika Sahabat penat dengan rutinitas pekerjaan yang memusingkan. Di sini, pengunjung diajak tinggal dan beradaptasi menjadi warga desa yang bisa menikmati pagelaran wayang hingga tari.

Warga desa yang ramah akan menyambut pengunjung dengan baik. Tinggal di desa wisata ini bahkan serasa tinggal bersama orang-orang yang sudah dikenal sejak lama. Pengunjung juga bisa belajar bercocok tanam loh.

Kebun Durian Warso Farm

Pecinta durian? Ingin makan durian sepuasnya sambil berjalan-jalan di wilayah yang sejuk dan menenangkan? Kunjungi Kebun Durian Warso Farm di bulan Desember hingga Mei. Wilayah perkebunan yang memiliki lebih dari 900 pohon durian tersebut bisa membuat pecinta durian bahkan kewalahan untuk menikmati buah tersebut.

Kebun ini memiliki luas sekitar 8,5 hektar. Selain durian juga terdapat pohon buah lain yang bisa dicicipi oleh pengunjung, seperti nangka, naga, hingga jambu. Tidak hanya menyajikan durian dalam bentuk buah segar, di Kebun Durian Warso Farm juga menyediakan berbagai olahan durian yang bisa pengunjung beli untuk oleh-oleh.

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari memberikan konsep wisata edukasi. Di area ini memang terdapat hamparan taman dengan bunga matahari. Tidak hanya itu, terdapat kegiatan lain seperti ATV, luncur gantung, hingga permainan outbound lain.

Untuk anak-anak bisa melakukan kegiatan seperti belajar bercocok tanam di areal persawahan, beternak di area peternakan, hingga menyusuri sungai yang tersedia di area taman.

Untuk masuk ke area wisata ini, pengunjung harus membayar tiket seharga Rp25.000 untuk akhir pekan dan Rp20.000 untuk hari biasa. Pembayaran tiket sudah termasuk untuk melakukan 5 kegiatan wisata serta diskon sebesar 10% untuk menyantap hidangan di restoran bergaya Sunda di dalam kawasan wisata.

Bukit Gantole

Seperti yang diketahui, wilayah Puncak Bogor merupakan dataran tinggi. Di sini terdapat salah satu destinasi wisata yang memiliki kegiatan untuk menguji adrenalin, yaitu paralayang. Bukit Gantole namanya, terletak di Kawasan Agrowisata Gunung Mas.

Untuk menikmati sekali terbang di bukit ini, pengunjung harus membayar sebesar Rp35.000. Menguji adrenalin dan bisa mengusir stress kan?

Taman Bunga Nusantara

Bagi penyuka bunga, Puncak Bogor memiliki banyak destinasi wisata berupa taman bunga yang memanjakan mata. Salah satunya adalah Taman Bunga Nusantara. Taman ini terdapat di kawasan Kabupaten Cianjur di Jalan Mariwati KM 7. Untuk masuk ke sini, pengunjung harus membayar sebesar Rp30.000.

Kaktus, bunga teratai, bunga mawar, hingga 2.000 jenis bunga anggrek bisa Sahabat temui di taman ini loh. Untuk tanaman kaktus akan dijumpai di hamparan pasir putih yang luas selayaknya di gurun pasir.

Taman Bunga Nusantara memiliki desain tematik. Maksudnya adalah wilayah ini dibagi menjadi beberapa tema taman, seperti halnya Taman Bali dengan suasana khas Bali, Taman Perancis dengan penanaman bunga khas Perancis, hingga Taman Jepang. Di sini juga terdapat Taman Labirin yang seru sekali untuk dijelajahi.

Taman Safari Indonesia

Taman Safari Bogor merupakan destinasi wisata nomor 1 untuk dikunjungi ketika ke Puncak Bogor. Taman yang memiliki area seluas 170 hektar ini menjadi destinasi favorit keluarga yang ingin mengenalkan bermacam-macam hewan kepada anak-anak. Bagaimana tidak menarik untuk dikunjungi anak-anak, taman ini memiliki sekitar 2.500 jenis satwa, mulai dari harimau, beruang, galah, hingga komodo ada di sini.

Tidak hanya melihat hewan-hewan langka secara langsung, di Taman Safari juga terdapat pertunjukan satwa liar. Terhitung ada 6 pertunjukan satwa dengan 3 pertunjukkan yang paling digemari, yaitu Wild West Show, Dolphin Show, dan Elephant Show. Taman Safari juga menawarkan pertunjukan sirkus yang menarik hingga pertunjukan seni tradisional.

Taman Safari menyediakan wisata berkeliling taman loh, yaitu Safari Malam dan Safari Trek-Outbound. Seperti namanya, Safari Malam akan membawa pengunjung untuk berkeliling taman di malam hari menggunakan kereta wisata terbuka. Safari Trek-Outbound adalah petualangan trekking melalui medan yang sulit yang telah disediakan oleh pihak Taman Safari.

Delapan destinasi wisata tersebut tentu saja hanya sebagian kecil dari destinasi wisata yang terdapat di Puncak Bogor. Namun, ketujuhnya wajib Sahabat sambangi ketika ke Puncak ya supaya tidak hanya menginap di sebuah villa untuk tidur lalu besoknya langsung kembali ke rutinitas kerja dan sekolah.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Solo Traveling

2020-10-28

Melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru pasti sangat menyenangkan. Selain mendapat pengalaman baru, kamu juga refreshing atas kepenatan dunia kerja dan rutinitas seha

thumbnail

Daftar Makanan Khas Belitung yang Nikmat

2020-11-10

Selain destinasi wisatanya yang menakjubkan, Belitung juga memiliki s

thumbnail

Fakta Lembang Park & Zoo, Destinasi Wisata Viral saat Pandemi

2020-12-23

Lembang Park & Zoo adalah destinasi wisata baru di Bandung Barat. Lokasi tepatnya adalah di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat.

thumbnail

Menikmati Sunset di Pantai Pohon Cinta, Salah Satu Pantai Terbaik di Gorontalo

2021-01-21

Menikmati sunset adalah hal yang wajib dilakukan saat piknik ke pantai. Untungnya, Indonesia punya banyak sekali pantai yang menyajikan sunset yang indah.