Logo Daihatsu
Menu

9 Cara Efektif Mengatur Barang di Bagasi Mobil Belakang

Otomotif

2022-09-09

Cara Mudah Mengatur Barang di Bagasi Mobil Belakang

Ketika Anda berencana untuk melakukan perjalanan jauh bersama anggota keluarga misalnya berlibur atau mudik akan lebih nyaman bila Anda menggunakan mobil, apalagi mobil pribadi. Anda bisa berhenti sejenak di staycation saat di tengah perjalanan. Selain itu Anda juga bisa memuat barang bawaan yang banyak di bagasi mobil sendiri tanpa takut tertinggal seperti menggunakan kendaraan lain. 

Meski banyak barang yang bisa disimpan di bagasi, Anda juga harus memperhatikan penataan ruang di bagasi agar performa mobil tetap stabil dan tidak mengancam keselamatan penumpang. Berikut beberapa cara efektif mengatur barang di bagasi yang bisa Anda contoh.

Cara Mudah Mengatur Barang di Bagasi Mobil

Berikut ini tips mudah mengatur barang-barang Anda di bagasi mobil supaya bisa masuk dengan sempurna, yuk simak dibawah ini :

1. Memprioritaskan barang-barang yang dibutuhkan

Bagasi memiliki keterbatasan ruang sehingga tidak semua barang bisa dimasukkan. Sebaiknya Anda tentukan barang apa saja yang Anda butuhkan dan masukan di dalam bagasi. Apabila membawa barang yang berharga, posisikan barang di dekat Anda.

2. Cermat dalam menempatkan barang

Cara mengatur barang di bagasi mobil selanjutnya, Anda harus cermat dalam menempatkan barang-barang di bagasi. Anda bisa menyimpan barang-barang yang berukuran kecil ke dalam koper supaya tidak makan tempat.

3. Letakkan koper dan barang secara runtut berdasarkan ukurannya

Selanjutnya, Anda letakkan koper dan barang-barang ke bagasi dengan mengurutkan ukuran paling besar hingga kecil. Pastikan barang-barang yang berukuran besar terletak di bawah dan menyamping agar barang tidak terjatuh saat mengerem mobil secara mendadak. 

Baca Juga : Berikut Jenis Barang yang Aman Disimpan di Laci Mobil

4. Gunakan prinsip Center of Gravity

Prinsip ini memiliki arti semakin tinggi posisi beban maka menyebabkan body roll, sedangkan semakin rendah posisi beban, maka manuver mobil semakin bagus.

Pastikan Anda cermat dalam meletakkan barang, taruh barang-barang yang berat pada bagian bawah. Namun, jika barang berat tetapi mudah pecah atau riskan seperti laptop, sebaiknya taruh di bagian atas dan tidak tertumpuk dengan barang lain.

5. Perhatikan keseimbangan mobil

Pastikan Anda menempatkan barang dengan beban yang seimbang, tidak condong ke sebelah kanan atau kiri. Sehingga saat mobil melaju tidak miring karena beban yang tidak seimbang. 

6. Pastikan tidak ada ruang kosong

Ketika Anda menempatkan barang ke bagasi, sebaiknya posisi barang harus saling mengunci satu sama lain. Sehingga tidak ada ruang kosong, serta posisi barang seimbang, padat kanan kiri, dan barang tidak bergeser. Letakkan barang-barang yang memiliki ukurang tinggi dengan posisi tidur. 

Baca Juga : 7 Barang Esensial Berkendara yang Wajib Ada Di Mobil

7. Perhitungan akumulasi daya beban mobil

Ketika Anda meletakkan barang ke bagasi, Anda harus memperhitungkan beban barang, dan daya muat beban mobil. Selain itu Anda, juga hitung beban berat dari penumpang. Agar kinerja mobil dapat berjalan dengan baik ketika digunakan.

8. Gunakan bracket

Penggunaan bracket (jaring) pada mobil sangat dibutuhkan. Benda ini dapat Anda gunakan untuk mengikat barang-barang di bagasi. Agar posisi barang tersebut tidak bergeser, dan terjatuh di kursi penumpang belakang ketika mobil sedang melaju dan mengerem. 

9. Pastikan barang yang menumpuk tidak mengganggu visibilitas

Ketika mengendarai mobil, visibilitas atau jarak pandang wajib Anda perhatikan untuk menghindari tabrakan, atau benturan ketika memajukan dan memundurkan mobil.

Hindari penumpukan barang ke bagasi terlalu tinggi dan menutup kaca belakang mobil. Karena dapat mengganggu visus pandangan Anda ke belakang.

Nah, itulah beberapa cara efektif yang bisa Anda contoh ketika menempatkan barang-barang bawaan Anda ke bagasi mobil. Selamat mencoba. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kapan Harus Ganti Engine Mounting? Berikut Jawabannya!

2022-09-09

Seperti halnya komponen mobil lainnya, engine mounting juga harus rutin diganti. Jika tidak, hal itu bisa mempengaruhi performa dari mobil itu sendiri. Lantas, kapan har

thumbnail

Apa itu Mekanik? Berikut Tugas dan Tanggungjawabnya

2022-09-09

Apa itu mekanik? Mungkin ini menjadi pertanyaan yang pernah Anda lontarkan sebelumnya. Anda pasti sering mendengar istilah ini. Sebenarnya, apa tugas yang dimiliki m

thumbnail

Terasa Beda, Begini Cara Membuat Mesin Mobil Halus Kembali

2022-09-09

Anda mungkin sering mengira bahwa mobil dengan suara mesin kasar hanya dimiliki oleh mobil yang sudah lama. Namun, kondisi mobil baru juga ternyata bisa memiliki suara m

thumbnail

3 Penyebab Mobil Tidak Bisa Menyala dan Susah Distarter

2022-09-09

Kendaraan kesayangan tak bisa dinyalakan terkadang membuat sang pemilik menjadi kebingungan. Apalagi bila Anda masih awam dengan berbagai masalah yang terjadi pada mobil