Logo Daihatsu
Menu

7 Barang Esensial Berkendara yang Wajib Ada Di Mobil

Otomotif

2021-01-15

7 Barang Esensial Berkendara yang Wajib Ada Di Mobil

Hai Sahabat, barang esensial di mobil merupakan kebutuhan pokok dan wajib ada di dalam mobil. Khususnya bagi kamu yang menggunakan mobil untuk melakukan aktivitas setiap hari seperti kuliah, bekerja, pergi ke mall, jangan sampai lupa yah sediakan barang esensial di dalam mobil kamu. Karena, barang esensial sangat penting sekali loh, untuk merawat dan membantu kamu disaat mobil mogok, ban bocor dan terjadi masalah saat dalam perjalanan.

Kabel Jumper

 

Kabel jumper merupakan alat yang digunakan ketika mobil mendadak mogok yang disebabkan oleh aki yang soak. Teknik jumper dilakukan untuk mengalirkan listrik dari baterai lain ke baterai mobil yang soak, untuk mengisi aki mobil supaya bisa di starter. Jadi, untuk kamu pastikan jangan lupa untuk membawa kabel jumper dalam mobil.

Pelindung Kaca Mobil

 

Ketika cuaca sedang panas lebih baik untuk kamu menggunakan pelindung kaca untuk menghindari sinar UV dari panasnya matahari. Hal ini juga berguna untuk menjaga interior mobil kamu supaya lebih awet seperti jok dan dashboard mobil kamu Sahabat.

Dongkrak, Ban Cadangan dan Kunci Roda

 

Ban merupakan spare part yang penting untuk mobil, karena tanpa ban mobil tidak akan bisa digunakan. Untuk itu usahakan didalam mobil sediakan ban cadangan, karena untuk antisipasi ketika dalam perjalanan kamu mengalami ban bocor.

Tapi kamu juga harus butuh alat seperti dongkrak dan kunci roda, sebab tanpa alat ini ketika mengganti ban cadangan akan lebih sulit. Sebelum kamu bepergian jauh pastikan untuk membawa dongkrak, ban cadangan dan kunci roda ya Sahabat.

Segitiga Pengaman

 

Pastikan alat ini selalu ada di dalam mobil kamu ya Sahabat. Fungsi dari alat ini untuk menjaga jarak dan berhati-hati bagi setiap kendaraan yang melintas ketika kendaraan kamu terjadi masalah seperti mogok, ban pecah dan sebagainya. Hal ini dibutuhkan demi keamanan dan keselamatan bersama.

Charger Mobil USB

 

Ketika sedang berkendara pastinya handphone menjadi alat yang sangat penting seperti untuk mendengarkan lagu-lagu favorite di smartphone kamu dan penggunaan GPS atau penunjuk arah. Tapi sayang sekali jika hal ini tidak dapat dilakukan karena persoalan low battery. Untuk itu pastikan di dalam mobil tersedia charger USB supaya battery handphone kamu selalu penuh.

Perlengkapan P3K

 

Perlengkapan P3K merupakan hal yang wajib ada di dalam mobil kamu. Bukan hanya wajib loh Sahabat, tapi sudah ada di Pasal 57 No 3 Huruf G, UU No 22 Tahun 2009 yang menetapkan hal ini. Maka jika ada pelanggaran, polisi dapat memberikan sanksi.

Perlengkapan yang harus ada di dalam P3K seperti kapas, pinset, peniti, kasa steril, kasa gulung, plester rolls, cairan antiseptik, tissu antiseptik, gunting, paracetamol, selimut ringkas, kompres instan, sarung tangan dan senter.

Jika khawatir perlengkapan P3K tertindih dan rusak, kamu bisa meletakan di bawah bangku penumpang depan atau di bagasi. Pastikan perlengkapan ini tidak terganggu dengan barang-barang lain.

Tempat Sampah Mobil

 

Supaya mobil selalu bersih dari sampah seperti tisu, abu rokok, puntung rokok, plastik makanan dan minuman. Sebaiknya untuk kamu memiliki tempat sampah di dalam mobil kamu supaya mobil selalu bersih. Karena kebersihan sebagian dari iman loh sahabat.

Jangan sampai salah yah sahabat ketika memilih barang esensial mobil, karena barang esensial saat berkendara sangat menunjang dan membantu kamu ketika mengalami kendala dalam perjalanan.

Baca juga : Di Musim Hujan, Ini Bagian Terpenting Dalam Mobil yang Membutuhkan Perhatian Ekstra


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Setir Mobil Terasa Berat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2023-02-16

Saat ini banyak pabrikan mobil yang sudah menggunakan

thumbnail

Ganti Oli Mobil Berapa KM? Ini Waktu yang Tepat

2023-12-17

Pemahaman mengenai pentingnya pergantian oli secara rutin pada kendaraan menjadi kunci untuk mencegah potensi kerusakan pada mesin. Sahabat perlu tahu kapan waktu yang tepat, berapa kilometer yang

thumbnail

Benarkah Syarat Perpanjang SIM Harus Vaksin?

2021-10-26

Untuk mempercepat penyelesaian pandemi Covid-19, beberapa bulan ke belakang ini pemerintah semakin gencar menggalakkan program vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesi

thumbnail

Cara Perpanjang STNK Online & Syarat Terbaru 2023

2023-11-21

Perpanjang STNK saat ini semakin mudah dengan pilihan layanan online yang tersedia. STNK, sebagai dokumen legalitas kendaraan, menjadi keharusan saat bepergian. Tidak hanya sebagai syarat ketentuan