Logo Daihatsu
Menu

9 Macam Buah yang Bernutrisi Tinggi untuk Kesehatan Tubuh

Family

2021-02-16

buah

Buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang enak dan banyak manfaatnya. Sahabat bisa menikmati berbagai rasa buah yang segar dengan kandungan nutrisi tinggi. Beberapa jenis buah memiliki berbagai kandungan nutrisi tinggi untuk kesehatan tubuh. Buah juga bisa dinikmati sebagai camilan, campuran salad, atau makanan pelengkap yang sehat.

Nutrisi pada buah-buahan juga menjadi sumber nutrisi alami yang baik untuk anak-anak. Tak perlu asupan zat kimia tambahan, anak-anak bisa mendapatkan nutrisi yang tinggi dari buah dengan takaran yang sesuai. Untuk mengetahui kandungan nutrisi buah yang baik untuh tubuh, yuk simak rekomendasi buah-buahan berikut ini.

Jeruk bali

Salah satu jenis jeruk yang paling tinggi nutrisinya adalah jeruk bali. Ya, rasa segar dari buah ini ternyata bukan hanya lezat rasanya, tapi juga tinggi manfaatnya. Sumber vitamin dan mineral pada jeruk balik bisa membantu mengurangi resistensi insulin dan membantu penurunan berat badan, loh.

Nanas

Bagi negara beriklim tropis, buah nanas menjadi salah satu buah yang mudah ditemukan. Nanas merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi dengan kandungan bromelain yang mampu meringankan peradangan. Bromelain juga membantu penyerapan protein dan dinilai ampuh untuk mengurangi risiko kanker dan tumor.

Alpukat

Nah, kalau buah-buahan ini sering kali dinikmati pada sajian makanan penutup. Tidak hanya rasanya yang legit, alpukat juga memiliki kandungan kalium, serat, dan magnesium tinggi yang sangat baik untuk menyembuhkan peradangan. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang minim kalori dan bisa meminimalisasi risiko penyakit kardiovaskular.

Blueberry

Buah beri satu ini juga sering kali diolah menjadi campuran kudapan. Selain rasanya yang segar, blueberry memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk mengurangi risiko gagal jantung, diabetes, dan alzheimer. Konsumsi blueberry yang teratur juga bisa membantu meningkatkan sel metabolisme sehingga dapat melawan stress oksidatif.

Delima

Mungkin buah delima sudah semakin jarang ditemukan. Namun, buah berwarna merah merona ini merupakan salah satu buah yang paling sehat di dunia. Kandungan antioksidannya tiga kali lebih tinggi dari teh hijau dan bisa mencegah risiko kanker.

Apel

Sebagai salah satu buah yang paling umum dan mudah ditemukan, kandungan nutrisi apel memang sangat penting bagi kesehatan. Apel memiliki tekstur renyah dengan kandungan serat, antioksidan, kalium, vitamin C, K, dan B.

Pisang

Dalam satu buah pisang, sahabat bisa mendapatkan berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Pisang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, dan potasium yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itulah, buah pisang cocok untuk dikonsumsi untuk sarapan sebagai sumber energi.

Jambu biji

Buah jambu biji juga mengandung serat, asam folat, vitamin A, C, kalium, tembaga, dan mangan yang mampu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Sahabat bisa mengonsumsi jambu biji secara teratur untuk melancarkan pencernaan dan mencegah kanker usus.

Semangka

Nah, buah yang sangat segar ini juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat tinggi. Nutrisi tersebut berperan penting untuk mencegah dan membunuh sel kanker. Semangka juga mengandung likopen dan cucurbitacin E yang mampu menghambat risiko pertumbuhan tumor di dalam sistem pencernaan.

Baca juga : 4 Sehat 5 Sempurna: Mulai dari Sejarah Sampai Penggantinya

Jika sahabat senang makan buah-buahan, cobalah untuk menyeimbangkan nutrisi dari berbagai jenis buah. Selain enak dan praktis dikonsumsi, sahabat juga bisa mendapatkan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi berbagai buah-buahan juga bisa dibiasakan untuk anak-anak agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi alami bagi tubuh.

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Permainan Tradisional Sunda

2021-10-27

Permainan tradisional saat ini memang mulai ditinggalkan oleh banyak anak kecil di nusantara tercinta ini. Namun, dengan adanya pandemi seperti ini, anak-anak mengalami kebosanan yang bukan main ka

thumbnail

Mengapa Banyak Orang Terjebak dalam Hubungan Toxic?

2021-01-08

Hubungan toxic adalah istilah yang digunakan untuk sebuah hubungan yang tidak sehat baik secara fisik maupun mental. Hubungan toxic dapat terjadi pada hubungan apapun, s

thumbnail

15 Daftar Perabotan Rumah Tangga Minimalis Beserta Fungsinya

2021-01-22

Mengisi perabot rumah sering kali jadi hal yang gampang-gampang susah. Saat rumah masih kosong, sahabat mungkin juga merasa bingung menentukan barang yang pertama harus

thumbnail

Manfaat Makan Ikan Salmon

2021-03-17

Ikan salmon adalah ikan yang hidup dengan cara unik, dia lahir di perairan tawar, lalu menuju perairan asin (laut), dan kembali lagi ke perairan tawar untuk berkembang b