Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
9 Tempat Wisata di Semarang Menarik untuk Dikunjungi
13 Juli 2020
semarang

Semarang merupakan kota terbesar di Jawa Tengah yang menjadi salah satu kota yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Banyaknya wisatawan yang berkunjung untuk traveling atau sekedar ada keperluan bisnis membuat Kota Semarang ini menyediakan berbagai objek wisata. Tempat wisata di Semarang mulai dari bangunan bersejarah hingga tempat untuk berburu foto menarik wisatawan sehingga banyak yang berkunjung. Banyak tempat menarik di Semarang, antara lain:

Kota Lama Semarang

Kota lama adalah tempat wisata yang paling populer di Jawa Tengah. Terutama bagi Sahabat yang gemar berburu foto klasik, ditempat inilah deretan bangunan tua ala Eropa sering menjadi tempat hunfot para fotografer. Di kota lama terdapat tempat yang biasa ramai pengunjung yaitu Gereja Blenduk dengan atap berbentuk kubah. Ada juga Taman Srigunting di depan gereja, kemudian Sahabat juga bisa menyewa sepeda tua untuk berfoto di depan gereja.

Selain bangunannya yang menarik, kota lama juga menyediakan kafe bernama Kafe Spiegel bernuansa bangunan klasik, jadi terkesan unik. Deretan kafe lain juga menawarkan suasana klasik zaman kolonial seperti Tokodeko, Retro Cafe, Kafe Nuris.

Lawang Sewu

Tempat wisata yang populer di Semarang selanjutnya adalah Lawang Sewu. Lawang sewu terkenal sebagai bangunan kuno yang angker, karena dahulu adalah gedung kantor pusat Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), yaitu perusahaan yang membangun jalur kereta antara Semarang dengan Jogja dan Solo. Gedung Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904 dengan bentuk unik dan ciri khasnya yaitu terdiri dari banyak pintu dan jendela, oleh karena itu masyarakat setempat menyebutnya dengan bangunan Lawang Sewu, yang artinya pintu seribu.

Lawang sewu terkenal angker karena kisah mistis yang dijumpai didalam gedung ini, seperti pada area sumur tua, pintu utama, penjara berdiri, penjara bawah tanah, penjara jongkok, ruang penyiksaan tawanan. Didalam gedung sering terjadi berbagai penampakan tentara Belanda, kuntilanak, genderuwo, dll.

Klenteng Sam Poo Kong

Semarang juga salah satu kota multi etnis yang didalamnya terdapat keanekaragaman suku. Salah satunya yaitu adanya Klenteng Sam Poo Kong yang digunakan sebagai tempat ibadah etnis Tionghoa di Semarang. Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1400 ketika kedatangan laksamana dari Tiongkok. Klenteng Sam Poo Kong dengan luas mencapai 3,2 hektar memiliki ciri khas warna dominan merah, berada di Kawasan Simongan, Semarang.

Candi Gedong Songo

Candi gedong songo merupakan bangunan yang terletak di Kecamatan Bandungan, Semarang.  Tempat wisata ini tidak hanya bersejarah, namun juga menawarkan pemandangan yang memukau karena lokasinya berada di lereng Gunung Ungaran. Di kawasan candi juga terdapat pemandian air panas alami. Oleh karena itu Candi Gedong Songo merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi.

Candi ini terdiri dari sembilang bangunan candi, sesuai namanya yaitu gedong songo. Dahulu, candi ini diberi nama gedong pitu, karena hanya ditemukan tujuh candi di dalamnya, kemudian pada tahun 1908 – 1911 ditemukan dua candi lagi sehingga menjadi sembilan. Candi-candi tersebut merupakan peninggalan Wangsa Syailendra pada abad ke-9 Masehi.

Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa merupakan Benteng peninggalan Belanda pada tahun 1834, sebelumnya bernama Benteng Willem I. Meski usianya sudah lebih dari 1 abad, namun benteng ini masih kokoh berdiri. Biasanya para wisatawan berkunjung untuk mendapatkan objek foto menarik berupa bangunan kuno. Benteng ini berada di Kecamatan Ambarawa, Semarang. Hal yang harus diperhatikan saat berkunjung di tempat wisata ini adalah harus meminta izin terlebih dahulu karena lokasinya berada di Kompleks Lapas Kelas II Ambarawa.

Umbul Sidomukti

Jika Sahabat berkunjung ke Semarang dan tidak datang ke Umbul Sidomukti maka akan terasa hambar. Karena tempat wisata ini dikenal dengan fasilitas lengkap dan nuansa sejuk, terletak di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian mencapai 1.200 meter diatas permukaan laut. Terdapat banyak fasilitas yang dapat dinikmati mulai dari kolam renang alami, outbound, area berkemah, hingga pondok wisata, atau Sahabat juga bisa melakukan aktivitas Tracking menyusuri kawasan Umbul Sidomukti.

Hutan Pinus Kayon

Hutan pinus kayon terletak di lereng Gunung Batur, Kecamatan Getasan, Semarang. Tempat ini cocok untuk para pecinta alam, bisa juga digunakan untuk berkemah, dan sumber airnya dijamin bersih. Deretan pohon pinus membuat hutan ini seperti hutan pinus yang nyata seperti di Jogja dan Bogor. Terdapat pohon pinus dengan bentuk batang unik, melengkung seperti sebuah kursi alami yang biasanya digunakan sebagai spot foto favorit.

Eling Bening Ambarawa

Eling bening juga salah satu tempat wisata di Ambarawa dengan pemandangannya yang indah dan beberapa fasilitas seperti kolam renang, restoran, outbound, area berkemah, kafe, ruang pertemuan. Sehingga tempat wisata ini cocok untuk liburan keluarga maupun liburan bersama rekan kantor

Di tempat wisata ini, Sahabat bisa menikmati pemandangan mengagumkan yaitu deretan delapan gunung, keindahan Rawa Pening, area persawahan, dan perkebunan kopi. Pada sore hari, pemandangan akan semakin menakjubkan dengan adanya sunset.

Kampung Pelangi

Kampung Pelangi yang sebelumnya bernama Kampung Gunung Brintik, dahulu dikenal dengan kampung kumuh. Kemudian dilakukan renovasi sehingga tempat ini bertransformasi menjadi tempat dengan penampilan menarik. Kini, kampung ini menjadi instagramable dengan latar belakang warna-warni. Banyaknya wisatawan yang berkunjung memberikan dampak positif yaitu masyarakat disana tampak lebih menjaga dan memperhatikan kebersihan lingkungan supaya kampung tidak kumuh kembali.

Demikian 9 rekomendasi tempat wisata di Semarang yang mungkin jika Sahabat pendatang baru dari kota lain ingin mengeksplorasi Kota Semarang.

Baca juga : 12 Tempat Wisata di Medan yang Hits

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor