Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Bahan Pembuat Knalpot Mobil dan Cara Merawatnya!
12 Oktober 2018
knalpot

Supaya dapat berjalan, mesin mobil harus melakukan pembakaran. Sisa pembakaran tersebut harus dikeluarkan melalui knalpot. Jadi, fungsi utama knalpot adalah sebagai saluran pembuangan sisa pembakaran yang terjadi pada mesin mobil Sahabat.

Selain itu, knalpot bertugas untuk meredam suara bising saat pembakaran terjadi. Kemudian, knalpot juga harus mengatur polusi atau asap yang keluar dan membantu penambahan tenaga mesin. Sahabat, setiap knalpot mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Pemasangan knalpot pada mobil tidak boleh sembarangan. Misalnya, dalam hal diameter pipa knalpot. Diameter pipa knalpot dapat menjaga keseimbangan di antara kecepatan gas pembuangan dengan jumlah gas yang akan dibuang oleh mesin.

Knalpot dengan diameter yang besar akan mengurangi kecepatan pembuangan, namun dapat memberikan ruang yang lebih besar untuk jumlah gas yang akan dibuang. Di sisi lain, diameter pipa yang kecil bisa menambah kecepatan serta mengurangi jumlah gas pembuangan. Selain ukurannya, knalpot pun memiliki bahan-bahan pembuat yang berbeda-beda. Komponen penyusunnya berpengaruh pada daya tahan serta kekuatan knalpot, lho. Terdapat empat bahan pembuat knalpot yang sering ditemui, yakni Stainless, Alumunized, Galvanis, dan Monel. Apa, sih, perbedaan dari keempat bahan tersebut? Simak lebih lanjut, ya!

Bahan Knalpot Stainless

Stainless sering juga disebut logam alloy. Bahan ini tersusun atas campuran baja, kromium, nikel, dan lainnya. Knalpot dari stainless cenderung tahan karat. Makanya, harga knalpot stainless relatif mahal. Namun, knalpot yang ringan ini rentan panas dan bisa mengendapkan panas yang lebih besar dari material lainnya.

Bahan Knalpot Aluminized

Dapat dibilang, kualitas bahan yang satu ini berada satu tingkat di bawah stainless. Material aluminized tersusun atas campuran besi dan stainless. Bahan ini sering juga disebut sebagai pipa ALC. Aluminized berpotensi untuk berkarat.

Bahan Knalpot Galvanis

Dengan harga yang relatif murah, knalpot berbahan galvanis sering ditemui di pasar atau bengkel. Akan tetapi, material ini sangat mudah berkarat. Makanya, daya tahan knalpot galvanis lebih singkat daripada knalpot alumunized.

Bahan Knalpot Monel

Monel adalah pipa campuran nikel, tembaga, sedikit besi, sulfur, dan unsur-unsur lainnya. Banyak yang bilang, knalpot monel harus sering dirawat/dibersihkan supaya tidak muncul bercak-bercak karat. Biasanya, monel adalah bahan yang dipakai oleh pabrik mobil untuk membuat knalpot baru lainnya.

Selain keempat bahan di atas, ada juga bahan titanium dan karbon. Bahan ini ringan dan kuat. Cuma, biaya yang Sahabat keluarkan demi bahan ini bakalan lebih banyak. Hal itu disebabkan oleh pembuatannya yang membutuhkan teknik khusus. Apalagi, materialnya cukup sulit untuk ditemukan. Sekarang ini, bisa kita temui produsen knalpot yang menggabungkan beberapa bahan knalpot menjadi satu rangkaian. 

Misalnya, bagian kepala dan leher knalpot menggunakan bahan galvanis lalu bagian silencer menggunakan stainless. Paduan tersebut bisa membuat knalpot lebih tahan lama dengan biaya yang cenderung murah.

Nah, sekarang Sahabat udah tau beberapa bahan atau material penyusun knalpot. Sebetulnya, setiap bahan tetap memiliki kecenderungan untuk berkarat. Daya tahannya saja yang berbeda. Tentunya, daya tahan ini bisa Sahabat perpanjang dengan perawatan yang rutin, lho. Dengan sikat kawat, amplas halus, juga lap, Sahabat bisa mengurangi potensi terjadinya karat. Kalau sudah berkarat, Sahabat bisa pakai cairan anti karat. Kalau mobil kamu habis menerjang hujan, segeralah cuci mobil dengan air bersih dan sampo khusus mobil.

Ketika sudah dibilas dan mobil sudah betul-betul kering, Sahabat tinggal menyemprotkan cairan anti karat pada bagian-bagian knalpot yang kiranya membutuhkan. Untuk mencegah karat pada bagian knalpot mobil, Sahabat bisa memasukkan beberapa tetes oli ke dalam lubang knalpot. Nyalakan mobil setelah beberapa tetes oli dimasukkan ke dalam knalpot. Knalpot akan mengeluarkan asap putih. Tidak usah khawatir, itu berarti oli sedang merontokkan karat di bagian dalam lubang knalpot.

Baca juga : Cara Kerja Karburator Mobil 

Tips Sahabat Lainnya
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku