Logo Daihatsu
Menu

Ingin Kredit Mobil Tapi Takut dengan Cicilan Berat? Simak Tips Memilih Cicilan Ringan Berikut!

Tips & Trick

2020-11-24

cicilan mobil

Saat membeli mobil biasanya kita disudutkan pada 2 pilihan mengenai pembayaran, entah lunas ataupun dengan cara kredit. Kebanyakan orang dengan pendapatan yang tergolong besar memilih untuk membeli kendaraan pribadi mereka dengan membayar lunas, sedangkan untuk kalangan dengan gaji yang pas-pasan, kredit dianggap cara terbaik untuk membeli kendaraan pribadi mereka. 

Kini sudah banyak jasa pembiayaan atau bank yang mengeluarkan produk cicilan bagi Sahabat yang ingin membeli mobil, tapi Anda juga jangan mudah tergiur akan promo awal yang menawarkan bunga rendah tapi ternyata memiliki cicilan selangit. Nah buat Anda yang ingin membeli mobil tapi dengan cara kredit, simak tips berikut agar bisa memilih bank atau jasa pembiayaan yang memberikan cicilan mobil ringan dan tepat. 

1. Bank Memiliki Bunga Rendah

Pastikan bank yang dipilih memiliki bunga rendah agar Anda tidak kesulitan ke depannya. Sebelum memutuskan membeli kendaraan pribadi idaman, cobalah melihat review beberapa lembaga seperti bank atau perusahaan perkreditan yang menawarkan cicilan ringan. Pastikan bunga dari cicilan yang harus dibayar setiap bulannya rendah dan tidak berubah. Dengan cara ini, Anda bisa memastikan berapa jumlah uang yang harus disisihkan setiap bulannya untuk membayar cicilan tersebut.

2. Usahakan DP Cukup

Bila memungkinkan, usahakan Down Payment (DP) yang dibayar cukup atau lebih bagus lagi jika DP bisa lebih dari angka minimum yang ditentukan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa besaran Down Payment (DP) menentukan jumlah cicilan yang akan dibayar setiap bulannya. Bila memungkinkan, usahakan DP yang dibayarkan saat awal melebihi batas minimum yang ditentukan. Hal ini akan sangat membantu, karena dengan begitu cicilan yang harus dibayar setiap bulan akan lebih rendah.

3. Pastikan Bank Memiliki Banyak Variasi Asuransi

Jangan sampai lengah, pastikan bank yang dipilih memiliki banyak variasi dalam asuransi. Asuransi merupakan hal penting, baik dalam kesehatan maupun dalam membeli kendaraan. Pastikan bank atau jasa pembiayaan yang dipilih memiliki banyak variasi dalam mengasuransikan kendaraan yang Anda beli. Baca baik-baik setiap poin perjanjian sebelum memutuskan mana bank atau jasa pembiayaan yang dipilih.

4. Jangan Salah Memilih Tenor Cicilan

Tenor cicilan sangat menentukan, jangan sampai salah dalam memilih tenor bulanan. Perhatikan tenor yang akan diambil, perhatikan juga kemampuan dalam membayar jumlah cicilan setiap bulan. Caranya adalah dengan memperhatikan pendapatan yang didapat setiap bulan. Pastikan pendapatan dan tenor yang diambil seimbang, sehingga cicilan per bulan selalu dapat dipenuhi.

5. Jangan Tergiur Promo-promo Awal

Awas jangan tergiur dengan promo-promo awal yang membuat Anda kesusahan di tengah proses cicilan! Sekarang ini, banyak sekali bank atau jasa pembiayaan yang memberikan promo menggiurkan agar para pembeli mudah percaya dan dengan cepat memilih bank tersebut sebagai jasa pembiayaan mereka. Perhatikan setiap poin dalam formulir persetujuan cicilan sebelum memutuskan agar Anda tidak terjebak dengan termin yang kecil di awal namun tiba-tiba membesar di periode akhir cicilan.

Baca juga : 6 Keuntungan Membeli Mobil secara Tunai


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Bagaimana Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil? Ikuti Langkah Ini!

2020-11-24

Ingin tahu cara menyambungkan Bluetooth ke mobil tapi masih bingung? Ikuti langkah-langkah di bawah ini, gampang banget kok!Untuk kamu

thumbnail
New

Cara Membuat Kutu Air dari Susu yang Bisa Dipraktekan di Rumah

2020-11-24

Bagi Sahabat yang sedang memelihara ikan hias,

thumbnail
New

Tips Merawat Kopling Mobil Supaya Awet

2020-11-24

Lakukan dan hindari cara ini agar kopling agar tetap prima performanya. Berikut langkah-langkahnya membuat awet kopling.Kopling yang terpa

thumbnail
New

Jadi Cikal Bakal Sriwijaya, Ini Sejarah Kerajaan Kota Kapur

2020-11-24

Apakah Anda pernah mendengar tentang kerajaan Sriwijaya? Kerajaan dengan corak hindu tersebut, ternyata bermula dari eksistensi kerajaan Kota Kapur. Sejarah dari kerajaa