Logo Daihatsu
Menu

Jaga Temperatur Mobil Agar Tetap Dingin dengan 6 Cara

Tips & Trick

2020-08-22

Saat berkendara ditengah teriknya matahari, kadang Sahabat merasa tidak nyaman dengan panas yang bisa meningkatkan suhu didalam mobil meskipun Sahabat sudah menggunakan AC. Dan bagian mobil yang perlu dijaga kestabilan suhunya yaitu kabin mobil, karena kenyamanan berkendara juga sebagian besar ditentukan oleh kenyamanan kabin mobil. Sahabat perlu menjaga kabin mobil mulai dari kebersihan, hingga temperatur udara yang ada di dalamnya. 

Cara Menjaga Temperatur Mobil 

Menjaga temperatur udara didalam mobil cukup sulit dengan perubahan cuaca yang tidak menentu hal ini merupakan hal yang kurang baik bagi kenyamanan berkendara. Tapi tenang saja Sahabat Daihatsu, ada beberapa cara yang dapat Sahabat lakukan untuk menjaga temperatur kabin mobil agar tetap stabil. 

Nah, sudah penasaran bagaimana cara untuk menjaga temperatur mobil? Simak cara berikut yuk!

1. Gunakan kaca film

Dengan melapisi kaca mobil Sahabat dengan menggunakan kaca film merupakan solusi yang baik untuk menjaga temperatur kabin mobil Sahabat agar tetap dingin. Seperti yang kita ketahui kaca film berfungsi untuk menahan panas yang masuk ke dalam kabin mobil. Sahabat juga perlu teliti saat memilih kaca film, lebih baik Sahabat memilih merek yang bagus dan benar-benar memberi perlindungan terhadap sinar matahari. Selain itu, Sahabat juga perlu perhatikan tingkat kegelapannya ya! Jangan sampai Sahabat memilih kaca film dengan tingkat kegelapan yang tinggi karena bisa mengganggu pengelihatan saat Sahabat berkendara dan tidak baik untuk mobil.

2. Tempatkan mobil di tempat yang sejuk

Menempatkan mobil di tempat yang sejuk merupakan cara yang umum dilakukan untuk menjaga temperatur pada kabin mobil tetap stabil. Dengan menggunakan cara ini setidaknya suhu didalam mobil tak begitu panas. Saat memilih tempat parkir, Sahabat bisa menempatkan mobil di tempat yang sejuk dan tidak langsung terkena sengatan matahari. Misalnya dibawah pohon rindang atau kanopi gedung. Sehingga saat Sahabat akan mengendarainya lagi suhu didalam kabin mobil tidak begitu panas.

3. Buka sebagian kaca mobil saat dalam keadaan panas

Jika Sahabat tidak menemukan tempat yang sejuk untuk memarkir mobil, Sahabat bisa menggunakan cara lain yaitu dengan membuka sebagian atau bisa dibilang sedikit saja, agar udara diluar bisa menghilangkan suhu tinggi didalam mobil karena udara diluar bisa masuk. Bila Sahabat tidak melakukan hal ini saat mobil sedang diparkir di tempat yang panas, temperatur kabin mobil akan sangat panas ketika Sahabat masuk kedalamnya.

4. Letakkan kain atau handuk dijok dan kemudi mobil

Jika kebetulan kaca film mobil Sahabat bukan tipe kaca yang dapat meredam panas, Sahabat dapat menyiasatinya dengan meletakkan kain atau handuk di jok dan kemudi mobil. Kain atau handuk ini bisa berfungsi untuk meredam panas sementara, sehingga udara panas tidak langsung menyentuh bagian-bagian yang ada di dalam kabin mobil.

5. Gunakan jok mobil dengan kualitas tinggi

Sahabat bisa juga menggunakan jok dengan kualitas tinggi, Sahabat bisa memilih jok kulit. Karena kebanyakan dari jok kulit dengan kualitas yang tinggi didesain untuk dapat menyerap panas dengan lebih baik sehingga kabin mobil tetap terjaga temperaturnya. Harga dari jok berbahan kulit memang sedikit lebih mahal dari jok yang terbuat dari bahan biasa, karena memang kualitas jok kulit yang tinggi. Bisa memberikan kenyamanan dengan meredam panas yang menyengat.

6. Cek level cairan pendingin yang ada pada mobil

Didalam mobil terdapat cairan pendingin atau yang lebih dikenal dengan coolant. Cairan pendingin ini berfungsi untuk menjaga keadaan mobil tetap dingin, terutama mesin. Apabila cairan ini berkurang, mesin mobil akan terus panas karena bekerja terlalu over dan terpapar teriknya sinar matahari. Dengan begitu mengakibatkan panas tersebut masuk ke dalam kabin mobil dan dapat mengganggu kenyamanan mobil. 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Tips Liburan Akhir Tahun Seru Bersama Keluarga

2020-11-24

Liburan bersama keluarga tentunya harus melakukan persiapan yang matang. Mengingat bukan hanya kamu sendiri tetapi anggota keluarga yang lain juga pergi bersama loh. Aga

thumbnail

7 Tips Agar Anak Mau Makan dengan Asupan Nutrisi Seimbang

2021-01-16

Masa pertumbuhan anak adalah fase paling penting yang harus selalu diperhatikan. Saat anak sulit makan, pasti muncul rasa khawatir atas kecukupan gizinya. Tak heran jika

thumbnail

Bagaimana Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil? Ikuti Langkah Ini!

2021-06-29

Ingin tahu cara menyambungkan Bluetooth ke mobil tapi masih bingung? Ikuti langkah-langkah di bawah ini, gampang banget kok!Untuk kamu

thumbnail

7 Bagian Penting Mobil yang Harus di Periksa Sebelum Mudik

2020-08-22

Lebaran sebentar lagi tiba artinya musim mudik segera menyapa. Mudik selalu menjadi momen tak terlupakan, baik karena macetnya yang tak tertahankan maupun kegembiraan ya