Logo Daihatsu
Menu

Mesin Bensin vs Mesin Diesel

Otomotif

2021-02-19

mesin bensin

Berdasarkan jenisnya, mesin mobil dapat dibagi menjadi dua, yakni mesin bensin dan mesin diesel. Keduanya mempunyai jumlah tahapan kerja yang sama. Langkah kerja kedua mesin dimulai dengan pengisapan, kompresi, tenaga/upaya, dan diakhiri lewat pembuangan. Namun, masing-masing mesin mempunyai karakteristiknya sendiri.

Apa saja perbedaan karakteristik mesin bensin dan mesin diesel? Lalu, bagaimana kekurangan dan kelebihan masing-masing mesin? Nah, baca dengan teliti, ya! Mesin bensin adalah sumber penggerak sebuah motor. Supaya dapat bekerja, genset pun menggunakan bensin. Mesin bensin biasa digunakan pada kendaraan roda dua dan roda empat. Mobil-mobil berukuran kecil biasanya menggunakan mesin ini.

Karakteristik mesin bensin yang bisa kita kenali dengan mudah adalah bahan bakar yang digunakan oleh mesin ini. Mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin, seperti Premium dan Pertamax. Maka dari itu, dalam bahasa Inggris, mesin ini disebut gasoline engine.

Pada proses pembakaran, mesin bensin membutuhkan komponen pengapian. Selain itu, rasio kompresi yang dibutuhkan juga cenderung kecil, yaitu antara 8:1 sampai 12:1. Akselerasi yang bisa Sahabat dapatkan dari mesin bensin pun tidak perlu diragukan. Mesin bensin bisa mengeluarkan suara yang begitu halus.

Ditambah lagi, tenaga maksimal pada mesin bensin sangatlah tinggi. Mesin ini mampu dioperasikan dalam rpm yang tinggi.

Karakteristik Mesin Diesel

Rudoft Diesel, seorang ilmuwan Jerman, menciptakan mesin ini pada 1893. Pada mulanya, mesin diesel digunakan oleh kendaraan-kendaraan besar seperti truk. Akan tetapi, akhir-akhir ini, sudah banyak mobil-mobil pribadi yang menggunakan mesin diesel.

Berbeda dengan mesin bensin, mesin diesel menggunakan bahan bakar diesel seperti Solar dan Biosolar. Mesin diesel disebut juga diesel engine dalam bahasa Inggris.

Mesin diesel tidak membutuhkan pengapian saat proses pembakaran. Sementara itu, rasio kompresinya cenderung besar, antara 15:1 sampai 22:1. Diesel engine tidak cocok untuk dioperasikan pada rpm yang tinggi.

Selain itu, akselerasi mesin diesel relatif lemah. Suara yang dihasilkan mesin diesel pun cenderung kasar.

Kelebihan dan Kekurangan

Mesin bensin dan mesin diesel mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Mesin bensin, seperti yang sudah dibahas, dapat dioperasikan pada rpm yang tinggi. Suara yang dihasilkan pun lebih halus.

Selain itu, berat mesin lebih ringan, biaya overhaul mesin juga cenderung murah, dan asap yang dikeluarkan terkesan lebih bersih walaupun mengandung racun.

Akan tetapi, mesin bensin relatif lebih boros daripada mesin diesel. Mesin bensin juga tidak cocok untuk mengangkat beban yang berat karena kapasitas torsi yang rendah. Ditambah lagi, Sahabat perlu melakukan pengecekan rutin terhadap komponen pengapian yang terdapat pada mesin bensin.

Di sisi lain, mesin diesel mampu membawa beban yang berat serta lebih kuat menempuh tanjakan. Mesin diesel pun lebih kokoh daripada mesin bensin. Penggunaanya, juga lebih irit. Diesel engine tidak mempunyai komponen pengapian sehingga mengurangi daftar kamu dalam memeriksa bagian-bagian mesin untuk diperiksa.

Selain itu, warna asap yang dikeluarkan mesin diesel relatif gelap, tapi tidak terlalu beracun daripada mesin bensin. Kelebihan lainnya adalah ketahanan mesin diesel terhadap genangan air.

Namun, mesin diesel bakal menghasilkan suara yang lebih kasar daripada suara mesin bensin. Akselerasinya pun relatif lambat jika dibandingkan akselerasi mesin bensin. Hal ini mempengaruhi tenaga maksimal yang merendah. Selain itu, mesin diesel tidak pas untuk dioperasikan pada rpm yang tinggi.

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, kini Sahabat sudah tau karakteristik, kelebihan, serta kekurangan mesin bensin dan mesin diesel. Keduanya punya keunggulan masing-masing yang harus disesuaikan dengan kebutuhan mobil kamu, lho.

Bagi Sahabat yang mengejar kecepatan atau akselerasi, tentunya mesin bensin lebih pas untuk digunakan. Namun, bagi Sahabat yang memang menggunakan mobil untuk mengangkat beban berat, untuk kokoh di tanjakan, atau untuk aktivitas-aktivitas off-road, pastinya mesin diesel adalah mesin yang tidak boleh diragukan lagi.

Jadi, Sahabat pilih mesin bensin atau mesin diesel?

Baca juga : Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa Penyebab Mobil Brebet di RPM Rendah?

2020-12-03

Penyebab mobil brebet di RPM rendah adalah hal yang jarang diketahui banyak orang. Padahal, mengetahui hal tersebut membuat kita paham mengapa mobil bisa brebet saat melaju di RPM yang rendah.

thumbnail

Bagaimana Jika Tidak Lulus Uji Emisi Kendaraan? Ini Penyebab dan Solusinya!

2023-11-21

Banyak orang bertanya-tanya tentang bagaimana jika tidak lulus uji emisi? Lantas, sebenarnya apakah hal yang menyebabkan kegagalan tersebut dan seperti apa solusinya

thumbnail

Berikut Penyebab Mobil Susah Hidup Di Pagi Hari

2021-01-14

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memanaskan mobil sebelum melaju di jalanan. Namun kadang kala mesin kendaraan tidak mau menyala secara langsung. 

thumbnail

Inilah Arti Simbol di Dashboard Mobil Agar Nyaman Berkendara

2023-04-18

Mengetahui arti simbol di dashboard mobil merupakan hal yang perlu dipelajari. Karena simbol tersebut dapat menjadi sumber informasi apabila mobil mengalami masalah.