Logo Daihatsu
Menu

Pilihan Jenis Ban yang Sesuai dengan Kebutuhan

Tips & Trick

2020-08-22

Setiap orang memiliki preferensi sendiri soal mobil yang jadi mainannya sehari-hari, ada yang lebih suka dengan mobil jenis sporty, atau berkabin luas dan sebagian memilih mobil yang irit bahan bakar. Tentu setiap pilihan orang akan berbeda-beda, dan ini ternyata juga memengaruhi jenis ban yang mesti digunakan.

Anda yang sering berkendara jauh pasti memerlukan ban yang berbeda dengan mereka yang hanya hilirk mudik ditengah kota. Jelas penggunaan ban secara tepat akan memengaruhi kenyamanan berkendara. Karena itu saat beli ban coba sesuaikan jenisnya dengan rutinitas harian Anda. Kali ini kami akan memaparkan sedikit jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengendara.

1.  Sering berkendara jauh

Buat Anda yang sering melakukan perjalanan jauh wajib memiliki ban dengan jaminan kuat menempuh jarak yang panjang. Jika jumlah waktu yang ditempuh setiap hari lebih dari 5jam ban dari Michelin Defender mungkin hanya menjadi ban pilihan terbaik.

2. Sering berkendara dalam panas dan hujan

Jika Anda memerlukan ban yang menawarkan traksi sepanjang tahun baik di segala kondisi panas maupun hujan ada ban merek Nokian yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingin penumpang dibelakang lebih nyaman? Mungkin sesekali dapat mencoba Uniroyal Tiger Paw Touring.

3. Senang dengan tantangan mengemudi di daerah berlumpur

Jika kebetulan Anda senang menantang diri dengan mengemudi di lumpur, salju atau pasir, mungkin Anda akan memerlukan ban lebih besar dengan lug agresif agar bisa stabil disetiap kondisi. Ban merek Nitto Trail Grappler mungkin bisa jadi pilihan karena memiliki dinding samping 3-lapis dan konstruksi karet tebal yang meningkatkan ketahanan ban. 

4. Penyuka go green

Jika saat berkendara yang ingin Anda lakukan adalah menurunkan rolling resistance maka pilih ban yang dirancang untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar, membantu mengurangi emisi gas kendaraan. Banyak produsen juga telah menggunakan proses yang ramah lingkungan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Pertimbangkan Bridgestone Ecopia, Nokian ini eNTYRE dan ProContact Kontinental yang didesain dengan teknologi ECOPLUS.

5. Menyukai kenyamanan

Anda yang mendambakan perjalanan nyaman pilihlah ban yang dirancang untuk berjalan disemua kondisi cuaca, serta tahan menempuh jarak panjang. Salah satu ban yang cocok dengan kriteria ini adalah Michelin Pilot Super Sport.

Itulah beberapa pilihan jenis ban yang bisa Anda coba, jika tidak ada di Indonesia masih bisa Anda pesan lewat online shop. Pastikan ukuran ban tidak terlalu besar atau kecil ya, karena akan mengganggu kenyamanan berkendara. 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

6 Cara Ampuh Menghilangkan Kecoa di Mobil dengan Cepat

2023-01-10

Kecoa merupakan serangga yang menjengkelkan dan menjijikkan. Serangga tersebut biasanya menandakan bila tempat tersebut kotor. Misalnya seperti rumah yang sudah lama

thumbnail

7 Rekomendasi Makanan Khas Bali yang Harus Dicoba

2021-02-04

Sebagai salah satu lokasi wisata populer di Indonesia, sahabat pasti sudah tidak asing dengan wisata di Bali. Namun, jalan-jalan ke Pulau Dewata akan semakin lengkap jik

thumbnail

KIP Kuliah: Kartu Pintar untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia

2021-05-25

KIP kuliah adalah kartu bantuan biaya kuliah yang dikhususkan untuk lulusan SMA dan sederajat yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata dan kurang mampu. Jadi,

thumbnail

Mekanisme Sistem E-tilang

2020-09-27

Pengendara kendaraan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas bisa dikenai sanksi yang biasa disebut dengan istilah kena tilang. Proses penilangan biasanya dilakukan ol