Logo Daihatsu
Menu

Sering Diacuhkan, Ini Posisi Mengemudi Yang Tepat Saat Berkendara

Tips & Trick

2020-09-21

posisi mengemudi

Biasanya banyak pengemudi yang mengabaikan hal-hal sepele dalam berkendara. Yang sering kita temui adalah tata cara mengemui dengan posisi yang benar. Terkadang para pengemudi mengganti posisi duduk saat tengah menyetir mobilnya karena sudah tentu ingin mencari posisi yang nyaman. Namun kebanyakan posisi nyaman yang diinginkan cenderung tidak aman bagi si pengemudi itu sendiri.

Posisi Duduk Saat Berkendara Mobil

Bagaimana cara yang baik terutama posisi duduk yang nyaman dan sekaligus aman bagi pengemudi? Berikut Tipsnya.

1. Posisi Stir Mobil

Cara termudah untuk menjelaskannya adalah menggunakan bahasa jam. Pada saat berkendara posisi tangan sebaiknya berada pada jam 9-3 atau 10-2,. Posisi 9-3 lebih baik, karena tuas-tuas kontrol berada di area ini. Namun ada beberapa hal yang tidak dianjurkan saat kita mengemudikan kendaraan, seperti dengan hanya satu tangan, tangan di arah dalam lingkar kemudi (bahaya airbag) dll.

2. Jarak Jangkauan dengan stir

Lakukan pengaturan posisi sandaran punggung dengan cara meletakkan salah satu tangan di jam 12 stir dengan tangan lurus, kemudian sandaran diatur menempel merata dipunggung kita dari bagian bawah sampai pundak. Ini adalah titik terjauh di lingkaran stir yang harus dapat kita pegang.

3. Menyesuaikan Ketinggian Kursi

Selanjutnya atur ketinggian tempat duduk dan sesuaikan tubuh serta indra penglihatan agar mendapat pandangan yang maksimum saat berkendara, tak lupa kenakan safety belt dengan benar, atur semua posisi kaca spion, dan jika ingin menyalakan audio system, lakukanlah sebelum perjalanan.

4. Posisi Duduk Dengan Benar

Posisi duduk yang benar adalah, posisi badan tegak membentuk sudut 100-115 derajat. Oleh karena itu jok mobil juga harus diatur sedemikian rupa sehingga membentuk sudut 100-115 derajat dari alas duduk jok.

5. Pasang sabuk pengaman

Setelah posisi duduk sudah tepat dan nyaman, pastikan juga memakai sabuk pengaman dengan benar, yakni bagian perut dan dada terlindungi sabuk. Ini mengurangi risiko cedera saat terjadi tabrakan dengan kendaraan lain.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ingin Kredit Mobil Tapi Takut dengan Cicilan Berat? Simak Tips Memilih Cicilan Ringan Berikut!

2020-11-24

Saat membeli mobil biasanya kita disudutkan pada 2 pilihan mengenai pembayaran, entah lunas ataupun dengan cara kredit. Kebanyakan orang dengan pendapatan yang tergolong

thumbnail

Cara Mudah Menanam Bawang Putih

2021-03-23

Harga bumbu dapur di pasar sangat fluktuatif. Kadang murah, kadang mahalnya tidak masuk akal. Biasanya yang sangat fluktuatif adalah harga cabai. Jika lagi murah, bisa 1

thumbnail

Cara Alami Konsumsi 7 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

2021-01-16

Ingin mata tetap sehat selama digunakan untuk beraktivitas? Salah satu cara alami yang paling populer adalah saran untuk banyak makan wortel. Tidak heran jika wortel ser

thumbnail

Cara Menyetir Mobil Matic Saat Macet yang Benar dan Tetap Aman

2020-11-06

Cara berkendara kendaraan otomotif tentu berbeda-beda tergantung dari jenis kendaraan otomotif tersebut. Misalnya saja untuk kendaraan otomotif roda empat kita mengenal