Logo Daihatsu
Menu

Tips Membagi Waktu Antara Kuliah dan Kerja

Tips & Trick

2020-11-24

kuliah dan kerja

Kuliah sambil kerja tentu saja bukan perkara yang mudah untuk dilakukan, mengingat banyaknya tugas kuliah yang menanti untuk segera kamu kerjakan. Bahkan tak jarang kamu tidak memiliki waktu untuk dirimu sendiri karena terlalu sibuk kuliah di kampus sekaligus bekerja di kantor. Beberapa dari kamu mungkin adalah anak semester akhir yang biasanya mulai melirik-lirik lowongan kerja, karena merasa jam kuliah yang semakin berkurang. Terlebih bagi mahasiswa yang dapat uang saku minim dari orang tuanya, pastilah ada rasa ingin menghasilkan uang sendiri ketimbang menjadi beban orang tua. Atau kamu memang memilih untuk menunda kuliah dan baru kuliah saat kamu sudah bekerja.

Tips Membagi Waktu antara Kuliah dan Kerja

Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan untuk anak kuliahan seperti kamu loh, mulai dari pekerjaan yang paruh waktu, atau mungkin full time dengan penyesuaian jam kuliah yang kosong. Tapi tetap saja, ada kalanya kamu menemukan moment dimana kamu bigung dan susah membagi waktu dan memilih antara kuliah atau kerja. Nah, berikut kita simak bareng-bareng yuk bagaimana tips nya agar kamu bisa membagi waktu dengan baik antara kuliah dan kerja.

Tetapkan Skala Prioritas

Menetapkan skala prioritas adalah satu hal penting yang harus kamu lakukan. Karena dengan melakukan ini kamu dapat memperoleh kemudahan dalam memilih dan mengambil keputusan. Tetapkan mana yang lebih penting, lebih bermanfaat, dan lebih berguna. Karena itu lah yang harus di prioritaskan terlebih dahulu. Jadi dengan membuat skala prioritas paling tidak akan melatih kamu untu terbiasa mengambil keputusan terbaik dan menghindarkanmu dari kebingungan.

Diskusikan Dengan Dosen Atau Atasan

Kamu juga bisa membicarakan waktu kuliah dan bagaimana kondisi kerja kamu pada dosen mu atau sebaliknya menceritakan kepada bos mu di kantor tentang keadaan kuliahmu. Cobalah untuk meminta beberapa saran dan juga pencerahan yang akan membuatmu sedikit terbantu. Karena mereka pasti tidak akan mengabaikanmu jika kamu memang memiliki niat yang baik.

Fokus

Tetap lah untuk fokus pada tujuanmu. Karena ini adalah salah satu kunci sukses untuk mengatur waktu di kampus dan juga kantor. Selain itu, pastikan juga kamu itu tidak memikirkan tugas kuliah saat bekerja dan berada di kantor, begitu juga sebaliknya saat kamu di kampus. Belajar juga lah dari setiap kesalahan yang pernah kamu lakukan dan selalu focus untuk mengerjakan tugas-tugas dari kantor dan juga dosen sebaik mungkin. 

Cukup Istirahat 

Begadang? Bukan jamannya kamu nerapin system kebut semalem log guys. Kopi tidak bisa menjadi jalan keluar saat kamu harus mengerjakan tugas kuliah dan juga tugas kantor bersamaan. Jadi pada saat jadwal kerja dan kuliah semakin padat, maka pastikan kamu tetap tidur teratur dan cukup. Hal ini penting, agar kamu bisa focus dan bisa menyelesaikan semuanya dengan baik tanpa merugikan fisikmu.

Manfaatkan Gadget Semaksimal Mungkin

Jaman sudah semakin maju, teknologi pun semakin canggih. Kamu harus menjadi sesorang yang pandai memanfaatkan semuanya dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan laptop, smartphone canggihmu untuk lebih mempermudah pekerjaan dan pengerjaan tugas kuliahmu agar tidak ada yang keteteran.

Ingat, setiap hal perlu perjuangan dan kamu harus bisa menghadapinya sebagai sebuah tantangan yang akan membawamu pada hal yang lebih baik.

Baca juga : Ini Yang Membedakan Orang Produktif dan Orang Sibuk


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa Bisa Perpanjang STNK Tanpa KTP Asli? Ini Cara & Syaratnya

2022-10-21

Pengurusan surat kendaraan yang semakin mudah dan dapat dilakukan secara online, namun jika KTP Anda hilang apa bisa perpanjang STNK tanpa KTP asli? Lantas apakah be

thumbnail

Tips Mendahului atau Menyalip Kendaraan yang Benar

2020-11-24

Ketika berkendara di jalan raya tentu kita tidak boleh sembarangan. Ada adab dalam berkendara yang harus Sahabat ketahui dan patuhi. Oleh karena itulah ketika seseorang

thumbnail

Kebiasaan yang Tanpa Disadari Ini Bisa Membuat Keriput

2021-01-16

Sahabat mungkin sering kali merasa tidak percaya diri ketika memiliki kerutan atau keriput di wajah. Perlu dipahami bahwa keriput di wajah bukan hanya disebabkan oleh us

thumbnail

7 Jajanan Pasar Khas Medan: Lezat dan Membuat Ketagihan Para Wisatawan

2021-02-04

Jajanan pasar adalah makanan tradisional yang kerap kali diburu oleh wisatawan yang tengah berwisata kuliner. Nah, Medan memiliki banyak jajanan pasar yang khas nih, Sah