Logo Daihatsu
Menu

Alasan Mengapa Knalpot Mobil Lebih Mudah Bocor di Musim Hujan

Otomotif

2022-05-22

knalpot mobil bocor di musim hujan

Risiko knalpot mobil bocor di musim hujan lebih besar. Hal itu karena faktor air hujan yang mengendap di bagian knalpot. Maka dari itu, membutuhkan pengecekan secara berkala.

Tujuannya untuk mengetahui lebih awal, apakah ada bagian yang rusak atau tidak. Anda juga harus kenal lebih dalam mengenai penyebabnya lebih mudah bocor ketika musim hujan.

Penyebab Knalpot Mobil Lebih Mudah Bocor di Musim Hujan

Anda harus berhati saat berkendara di tengah hujan, karena air hujan dapat memicu masalah. Terutama kebocoran pada bagian knalpot mobil. Sebenarnya apa penyebab knalpot mobil lebih mudah bocor saat musim hujan?

Korosi

Salah satu pemicunya adalah korosi atau karat. Air hujan bisa berdampak meninggalkan karat pada bagian mobil. Hal itu karena zat asam yang tercampur dalam kandungannya.

Zat asam ini sendiri berasal dari polusi udara. Jadi, di perkotaan tentu akan mengalami efek ini dengan cukup parah. Mengingat banyaknya pemilik kendaraan dan selalu berlalu-lalang setiap hari.

Anda tentu mengetahui tentang hal ini, sebab bisa dilihat dari kemacetan yang selalu terjadi di jalanan. Banyak orang yang mengenakan mobil pribadi, sehingga polusi pun bertambah.

Jadi, selain udaranya akan kurang sehat, polusi bisa menyebabkan hujan asam. Bukan hanya kendaraan yang menjadi imbasnya, para tanaman pun akan mudah mati.

Selain karena asam, air hujan juga cenderung membawa partikel lainnya. Misalnya pasir, debu, atau kotoran lainnya. Partikel tersebut bisa mengendap ke beberapa bagian mobil, termasuk knalpot.

Jika sudah demikian, maka performanya akan semakin menurun. Ketika hal ini terjadi terlalu sering, kebocoran pada knalpot pun tidak bisa ditunda lebih lama. Hal yang paling fatal jika sampai mengalaminya di tengah jalan.

Maka dari itu, ketika Anda sudah merasa kurang nyaman atau ada yang menjanggal, bisa segera memeriksanya. Dengan begitu, akan mengetahui penyebab atau permasalahannya lebih awal.

Faktor Usia

Penyebab knalpot bocor juga bisa karena usianya telah lama. Apalagi jika ditambah terkena air hujan terlalu sering, maka kebocoran terjadi lebih cepat. Maka dari itu, penting kiranya untuk mengetahui ketahanan usia knalpot.

Jadi, saat sudah melewati perkiraan, Anda bisa melakukan pemeriksaan secara rutin. Khususnya ketika musim hujan telah tiba. Dengan begitu, akan meminimalisir adanya hal buruk terjadi.

Perkiraan usia knalpot bisa dipengaruhi oleh pemakaian mobil, seperti apa Anda mengendarainya. Jika sering melewati medan terjal dan membutuhkan tenaga ekstra, tentu usianya tidak akan terlalu lama.

Selain itu, bisa karena kualitas dari knalpotnya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan memilih yang nanggung. Jadi, pilih kualitas yang bagus meskipun harganya akan sedikit mahal.

Harga knalpot dengan kualitas standar memang lebih murah, tetapi ketahanannya juga rendah. Jika Anda menghitung dari masa pakainya nanti, kemungkinan lebih menghabiskan biaya yang berkualitas rendah.

Hal itu karena masa pergantiannya lebih cepat. Apalagi jika jenis knalpotnya tidak tahan terhadap korosi. Jadi, pertimbangan kualitas memang harus diprioritaskan.

Keretakan di Bagian Knalpot

Adanya keretakan pada knalpot bisa karena mengalami benturan yang keras. Jadi, saat berkendara di waktu hujan akan lebih rentan mengalami benturan. Hal itu karena kondisi jalan yang tertutupi dengan air hujan.

Bagian yang bisa membuatnya cepat bocor jika terjadi keretakan pada bagian pipanya. Ketika hal itu terjadi, Anda jangan membiarkannya begitu saja. Sebab, bisa berefek pada performa dan daya konsumsi bahan bakar mobil.

Jika tidak ingin hal itu terjadi, Anda bisa memilih mobil Daihatsu. Hal itu karena kekuatan mesinnya dan lebih tahan terhadap benturan. Dengan begitu, tidak akan menyebabkan knalpot mobil bocor di musim hujan dengan mudah. Yuk, kunjungi website Daihatsu untuk melihat koleksi mobil baru dengan teknologi canggih!


Tag

Otomotif

Share This