Logo Daihatsu
Menu

Alasan Mengapa Sorot Lampu Mobil Sebelah Kanan Beda dengan Sebelah Kiri

Otomotif

2022-06-24

lampu sorot

Sebelum mobil dilepas ke pasaran, biasanya akan dilakukan serangkaian Quality Control atau QC terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan bahwa mobil layak dan siap pakai.

Hanya saja, bagi Anda yang kurang familiar dengan mobil, mungkin akan langsung panik saat menemukan bahwa sorot lampu kanan dan kiri beda. Jangan panik, itu bukanlah kesalahan QC. Lalu kenapa demikian? Ikuti terus artikel ini ya!

Berikut Alasan Mengapa Sorot Lampu Mobil Sebelah Kanan Beda dengan Sebelah Kiri?

Jika Anda tipe pelanggan yang cukup teliti, maka Anda akan menyadari bahwa sorot lampu kanan dan kiri pada mobil Anda memiliki perbedaan ketinggian dan pancaran untuk setelan low beam atau sorot jarak dekat.

Jangan khawatir, para teknisi tersebut tidak bodoh. Mereka telah merancang struktur mobil sedemikian rupa demi keamanan saat berkendara.

Lalu apa hal yang menyebabkan rancangan yang secara logika tidak proporsional tersebut? Berikut penjelasannya:

Tingkat Visibilitas

Penempatan lampu kanan dan kiri pada mobil kebanyakan dibuat berbeda, tapi itu tidak harus demikian. Hanya saja, sebagian besar perusahaan otomotif merangkainya demikian.

Mudahnya, biasanya lampu kiri diletakkan 5 derajat lebih menonjol daripada lampu sebelah kanan. Ada juga yang mengatakan bahwa lampu mobil sebelah kiri lebih tinggi 5 cm daripada lampu mobil sebelah kanan.

Hal tersebut didasarkan supaya jangkauan penglihatan lebih luas dan jelas. Dengan jangkauan penerangan yang lebih luas, maka Anda akan lebih mudah melihat marka jalan maupun dapat mengetahui gerak lambat pada kendaraan sekitar atau jika ada yang menyalip.

Baca juga: Tips Memilih Fog Lamp atau Lampu Sorot

Hanya saja, perlu untuk digaris bawahi bahwa perbedaan ini hanya berlaku saat Anda menyetel lampu pada pengaturan low beam karena saat high beam atau sinar jarak jauh, keduanya menyala secara proporsional atau simetris.

Demi Keselamatan

Peletakan yang berbeda antar kedua lampu pada mobil juga untuk melindungi kita dan pengendara lain dari kecelakaan. Dengan sorot lampu yang lebih rendah di sebelah kanan, maka pengemudi lain tidak akan silau.

Maksudnya, karena setir mobil di sebelah kanan, maka lampu kanan diletakkan lebih rendah supaya pengemudi dari arah berlawanan tidak akan tersorot terlalu tajam. Sehingga mata akan lebih nyaman dan mudah untuk melihat pengendara lain.

Lalu bagaimana dengan mobil yang setirnya di sebelah kiri? Jawabannya adalah sama saja, tinggal dbalik saja. Jadi jika setir mobil di sebelah kanan, maka lampu kanan lebih rendah. Sedangkan jika setir di sebelah kiri, maka lampu kiri yang dibuat lebih rendah.

Memudahkan Pengguna Jalan Lain

Jika Anda berkendara di malam hari dan kondisi jalan minim penerangan, maka lampu sebelah kiri yang diletakkan lebih tinggi akan sangat bermanfaat bagi pengguna jalan lain dan Anda sendiri.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa saat menyalip, akan terasa lebih mudah dan mobil di depan akan segera mengenali bahwa Anda akan menyalip yang ditandai dengan sorot lampu di sebelah kiri yang lebih tajam daripada di lampu sebelah kanan.

Jadi itulah tadi beberapa alasan kenapa lampu sebelah kanan pada mobil Indonesia yang memiliki setir di sebelah kanan, dibuat lebih rendah daripada lampu sebelah kiri.

Tak lupa, mari untuk saling menghormati pengguna jalan lain dengan memastikan bahwa lampu mobil telah sesuai dengan standar keamanan.

Namun, bagi Anda yang menemukan bahwa lampu mobil Anda butuh untuk dikalibrasi ulang, maka silahkan datangi dealer Daihatsu kami. Kami akan menjadi pilihan yang pas untuk memastikan lampu mobil Anda telah diatur dengan benar.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa Itu Sistem Ganjil Genap? Ini Aturan Terbaru 2023

2023-01-17

Kemacetan hingga saat ini merupakan momok di tengah masyarakat yang belum diselesaikan dengan baik. Hal tersebut terjadi karena dampak pembelian kendaraan bermotor y

thumbnail

Manfaat Menyalakan Wiper Baru Saat Kondisi Kaca Mobil Kering

2022-01-30

Menyalakan wiper baru pada kondisi kaca kering ternyata memiliki banyak manfaat. Meski lebih banyak yang mengatakan bahwa tidak boleh menyalakan wiper saat

thumbnail

Apa itu Polimer Pada Pembuatan Ban Mobil? Intip Disini!

2022-08-12

Polimer yang merupakan karet sintetis pada pembuatan ban mobil adalah polipropilena. Pada dasarnya, produksi ban tidak mempergunakan karet sembarangan.Terdapat jenis polimer yang dipergunaka

thumbnail

Cuci Mobil Pagi dan Malam, Lebih Disarankan

2022-05-27

Mencuci mobil menjadi sebuah keharusan untuk Anda pemilik kendaraan roda empat. Mencuci mobil sudah termasuk ke dalam perawatan kendaraan yang hukumnya wajib. Sebagian o