Logo Daihatsu
Menu

Amankah Mengemudi Sambil Mendengarkan Musik? Ini Tipsnya!

Otomotif

2021-08-31

mengemudi sambil mendengarkan musik

Mendengarkan musik telah menjadi rutinitas setiap orang yang ingin berkendara terlebih untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Musik membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan pastinya tidak terasa membosankan. Namun, amankah mengemudi sambil mendengarkan musik? 

4 Tips Terbaik untuk Mengemudi Sambil Mendengarkan Musik

Rutinitas mendengarkan musik merupakan hal yang wajar untuk dilakukan asalkan tetap memerhatikan batasan-batasan tertentu agar pengemudi tidak terganggu konsentrasinya dalam berkendara. Lalu, apa saja tips dan trik untuk mendengarkan musik sambil berkendara dengan nyaman yang dapat dilakukan? Berikut ulasan lengkapnya dari kami. 

1. Perhatikan tingkat volume musik

Perlu Anda ketahui bahwa tingkat volume musik yang terlalu keras dapat membuat komunikasi di dalam mobil terganggu. Sebaliknya, suara di luar mobil juga tidak bisa terdengar dengan jelas dan tentu hal ini akan sangat berbahaya untuk Anda. 

Hal ini dikarenakan musik dengan volume yang keras akan merusak konsentrasi dan berakibat tidak terdengarnya suara klakson hingga lalu lintas di sekitar Anda. Oleh karena itu, penting untuk menyetel musik dengan volume yang sedang-sedang saja atau tidak terlalu kecil dan tidak terlalu keras. 

2. Hindari musik dengan tempo yang cepat

Mengapa Anda perlu untuk menghindari musik dengan tempo cepat ketika berkendara dengan mobil? Alasannya cukup krusial, karena tanpa Anda sadari musik dengan tempo cepat dapat mendorong perilaku yang agresif di saat mengemudi hingga berakibat fatal pada si pengemudi dan pengendara di sekitarnya. 

Di sini, sikap agresif cenderung mengarah pada pengemudi yang cenderung melakukan pelanggaran dan kecerobohan. Untuk keamanan dalam berkendara, maka Anda perlu untuk mendengarkan musik dengan tempo seirama detak jantung normal saja yaitu 60-80 bpm. 

3. Buat playlist khusus

Daftar playlist musik menjadi hal yang penting di saat Anda berkendara. Dengan adanya playlist khusus yang telah dibuat, maka Anda tidak perlu susah untuk mengaturnya secara manual di ponsel. 

Mengapa hal ini penting? Karena faktanya bermain ponsel saat berkendara terlebih jika sambil mendengarkan musik akan sangat berbahaya dengan mengakibatkan kecelakaan. Maka dari itu, pembuatan playlist musik yang khusus akan sangat membantu. 

4. Cari genre musik yang tepat

Nah, tips terakhir untuk berkendara nyaman sambil mendengarkan musik adalah dengan mencari genre musik yang tepat. Pilihlah musik yang bergenre R&B, jazz, soul, klasik, ataupun instrumental. Genre-genre tersebut akan memberikan efek menenangkan sehingga Anda pun akan fokus dalam berkendara. 

Pembahasan di atas adalah beberapa cara efektif agar Anda tetap bisa mengemudi sambil mendengarkan musik dengan aman. Di antara lain dengan memperhatikan volume musik yang diputar, menghindari musik dengan tempo yang cepat, membuat playlist khusus, dan juga mencari genre musik yang tepat. 

Nah, untuk pengalaman mendengarkan musik terbaik saat berkendara, Anda perlu untuk melirik Daihatsu sebagai pilihan terbaik. Produk-produk mobil berkualitas di tempat kami memiliki kualitas speaker yang tentunya tidak perlu diragukan lagi. Spesifikasi terbaik tersebut kami hadirkan untuk para sahabat Daihatsu yang ingin mendengarkan musik dengan mutu terbaik. 

Ada beberapa produk mobil Daihatsu yang bisa kamu dapatkan di antara lain Proxy, Sigra, Luxio, Ayla, GranMax MB, GranMax PU, Grand New Xenia, All New Terios, dan All New Serion. Jika Anda tertarik untuk membeli salah satu di antaranya, langsung saja hubungi hotline kami melalui telephone ataupun website resmi Daihatsu. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

3 Penyebab Ketidakstabilannya Standar RPM Mobil Injeksi

2021-01-06

Ketika membicarakan otomotif pada kendaraan bermotor, pada bagian spesifikasinya Anda pasti akan menemukan istilah rpm. Meski begitu banyak orang yang masih belum mengen

thumbnail

Kapan Ganti Oli Gardan Mobil? Begini Cara Ceknya!

2022-08-22

Ketika Sahabat sedang servis mobil di bengkel, mekanik akan me

thumbnail

Tips Menaruh Tutup Tangki saat Isi BBM Agar Tidak Kelupaan

2022-04-07

Setiap pabrikan mobil tentu memiliki desain tersendiri dalam menentukan letak tangki dan posisi tutup tangki BBM (bahan bakar minyak). Sayangnya, terkadang saat Anda mel

thumbnail

Deretan APAR yang Cocok Untuk Mobil Pribadi

2021-04-19

Kebakaran merupakan kejadian yang bisa terjadi kapan saja di mobil Sahabat. Entah itu karena instalasi listrik yang bermasalah atau karena faktor eksternal lainnya. Cuku