Logo Daihatsu
Menu

Amankah Mobil Bekas Pakai Oli Mesin Encer?

Otomotif

2022-05-22

oli mesin encer mobil bekas

Memperhatikan kondisi mobil tetap terjaga dengan baik adalah hal yang paling penting untuk Anda lakukan. Khususnya pada mobil bekas yang performanya bisa saja kurang bagus dibandingkan dengan mobil baru. Untuk itu memberikan oli mesin encer mobil bekas bukanlah hal yang bagus.

Hal tersebut justru bisa menjadikan komponen mobil Anda bisa mudah rusak. Oli yang encer memanglah bukan pilihan yang terbaik untuk mobil Anda. Sudah pasti bisa menyebabkan kinerja mobil Anda bisa menurun saat memakai oli encer ini. Anda harus menghindari oli encer ini yang sudah jelas tidak aman.

Inilah yang Terjadi Jika Memberikan Oli Mesin Encer Mobil Bekas

Oli merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh mesin mobil agar bisa digunakan dengan baik. memberikan oli dengan kualitas terbaik menjadi salah satu hal yang peru untuk dipertimbngkan dengan matang. Jika tidak, maka bisa saja kualitas mesin mobil Anda menjadi menurun.

Tak hanya mobil baru saja yang menggunakan oli terbaik, melainkan mobil bekas juga. Mobil bekas memang membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Pada saat memberikan oli mesin encer sangatlah tidak disarankan.

Hal ini justru bisa menjadikan mobil kurang bisa bekerja dengan maksimal. Sudah pasti penggunaan oli encer tidaklah aman, dan hal ini bisa terjadi pada mobil Anda saat menggunakan oli encer.

1. Oli Menjadi Mudah Menguap

Bahan cair akan mudah menguap apabila terkena panas. Hal tersebut juga bisa saja terjadi pada oli. Namun oli yang memiliki molekul kuat dan teksturnya yang kental tidak mudah mengalami penguapan. Berbeda dengan oli encer sudah pasti lebih mudah mengalami penguapan.

Oli yang encer ini memiliki batas temperatur yang rendah, sehingga lebih mudah menguap. Apalagi jika sistem pendinginnya memang tidak didesain untuk oli yang encer ini. Hal ini menjadikan Anda lebih boros karena sering membeli oli.

2. Ketahanan Mesin Bisa Semakin Menurun

Pada saat menggunakan oli mesin encer mobil bekas bisa menyebabkan ketahanan mesin menjadi menurun. Keadaan seperti ini bisa terjadi karena oli tidak bisa bekerja secara maksimal untuk melumasi komponen mesin. Khususnya pada komponen mobil yang memiliki celah yang lebih besar. Hal inilah yang menyebabkan komponen bisa aus dengan waktu yang singkat.

3. Mesin Memiliki Suara yang Kasar

Selain itu oli encer ini juga bisa menyebabkan mesin memiliki suara yang lebih kasar. Ini terjadi karena oli encer dapat mengalir lebih cepat melalui komponen mesin. Jika hal ini terjadi maka gesekan pada mesin bisa berkurang.

4. Kualitas Emisi Akan Memburuk

Tidak semua mobil memiliki komponen dengan celah yang lebih besar karena faktor pemakaian jangka panjang, khususnya pada mobil bekas yang sudah cukup tua. Apabila menggunakan oli yang encer, memungkinkan oli akan ikut masuk ke dalam ruang bakar.

Baca Juga: Penyebab Volume Oli Mesin Berkurang

Jika hal ini terjadi, maka bisa menyebabkan ikut terbakar sehingga saat mobil Anda di gas penuh dapat meninggalkan emisi yang jauh lebih buruk.

Pada saat menggunakan mobil bekas tidak hanya memperhatikan komponen mesinnya saja, melainkan juga olinya. Bagaimanapun juga fungsi oli sangat penting baik kinerja mesin. untuk itu pastikan mendapatkan oli terbaik untuk mobil Anda.

Oli mesin encer mobil bekas memang tidaklah disarankan. Jika mengalami kerusakan pada mobil, maka segera diperbaiki di dealer resmi dari www.daihatsu.co.id.  Dapatkan informasi otomotif yang menarik lainnya dengan mengunjungi website kami.


Tag

Otomotif

Share This