Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Door Trim Mobil? Begini Cara Merawatnya

Otomotif

2023-03-16

Apa itu Door Trim Mobil? Begini Cara Merawatnya

Door trim mobil merupakan komponen mobil yang memiliki fungsi penting. Meski begitu, tidak sedikit para pemilik mobil lalai untuk merawatnya. Agar Anda mengetahui seberapa pentingkah door trim untuk mobil. Yuk, perhatikan ulasan berikut ini beserta cara merawatnya yang benar.

Apa itu Door Trim Mobil? 

Di dalam mobil terdapat banyak komponen dan setiap komponen tersebut memiliki fungsi tersendiri, termasuk door trim. Komponen ini sering dikenal dengan istilah panel pintu mobil karena di dalamnya terdapat beragam tombol serta fitur mobil. Tombol tersebut berfungsi untuk mengaktifkan fitur keselamatan dan kenyamanan ketika berkendara. 

Oleh sebab itu, komponen ini perlu dirawat secara rutin. Untuk bagian sisi luar door trim, biasanya para produsen mobil membungkus komponen ini dengan material berbahan dasar kulit sintetis atau asli. Tidak hanya itu, door trim juga di desain untuk mempercantik interior mobil. 

Cara Merawat Door Trim Mobil yang Baik dan Benar

Mengingat fungsi door tim yang begitu penting, serta material pelapis yang terbuat dari kulit. Sebagai pemilik mobil, Anda wajib selalu memperhatikan kondisi komponen ini dan rutin merawatnya.

Jika tidak, maka fitur-fitur mobil yang disematkan pada door trim tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga mengurangi kenyamanan dan keamanan Anda ketika berkendara.

Lantas bagaimana cara merawat door trim yang benar? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut. 

1. Membersihkan kotoran dan debu yang menempel

Cara pertama, Anda bisa membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada bagian door trim. Seperti Anda ketahui, ketika Anda berkendara di jalanan banyak sekali polusi udara dan debu yang berkeliaran.

Hal tersebut, lama-kelamaan akan menyebabkan penumpukan debu dan kotoran di dalam door trim. Belum, lagi jika Anda sering mengonsumsi makanan dan minuman di dalam mobil. Hal tersebut juga dapat berpotensi bagian door trim mudah terkena kotoran. Untuk membersihkan kotoran tersebut dengan mudah, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner.

2. Gunakan alat yang bertekstur lembut untuk membersihkan

Langkah selanjutnya, Anda bisa menggunakan alat-alat pembersih yang memiliki tekstur lembut. Anda bisa menggunakan sikat berbahan dasar nilon untuk membersihkan kotoran yang tersisa dan menempel.

Gunakan kain lap berbahan dasar microfiber untuk membersihkan lapisan luar door trim apabila lapisannya terbuat dari bahan vinyl. Pastikan Anda gunakan lap tersebut dalam kondisi kering. Untuk door trim dengan lapisan kulit, Anda hanya perlu menggunakan kain lap lembut saja. 

3. Gunakan cairan khusus

Langkah selanjutnya, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus sesuai dengan material lapisan door trim, Apabila lapisan tersebut terbuat dari bahan vinyl, Anda perlu menggunakan cairan khusus vinyl. Karena jika Anda menggunakan cairan pembersih dengan kandungan kimiawi justru dapat merusak warna vinyl sehingga warnanya cepat pudar.

Sedangkan, untuk lapisan berbahan dasar kulit, Anda perlu ekstra memberikan conditioner khusus kulit. Hal tersebut perlu Anda lakukan, agar lapisan kulit tidak mudah pecah, berkerut dan berjamur. 

Baca Juga : 7 Rekomendasi Pembersih Interior Mobil Terbaik dan Ampuh

4. Membersihkan tombol fitur yang tersemat di door trim dengan hati-hati

Langkah keempat, Anda bisa membersihkan tombol door trim dengan hati-hati. Gunakan vacuum cleaner dan sikat nilon atau sikat lembut untuk membersihkan kotoran yang berada di celah-celah tombol. Bersihkan secara perlahan hingga bersih, dan hindari penggunaan sikat besi atau menyikat tombol terlalu keras karena dapat merusak fungsi tombol door trim.

Demikian beberapa cara perawatan door trim yang benar yang bisa Anda praktikkan. Bagaimana, cukup mudah bukan? 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Kerja Sistem Kelistrikan Mobil Diesel

2020-12-03

Bicara soal mobil diesel, tentu memiliki sistem kelistrikan yang berbeda dengan mobil bensin. Sistem

thumbnail

Kendaraan Tidak Mau Menyala, Berikut Cara Memperbaiki Bendik Stater Mobil

2021-01-12

Tatkala kendaraan kesayangan tidak mau menyala, tentunya hal ini akan membuat Anda sebagai pemiliknya merasa jengkel dan kebingungan. Apalagi bila Anda tidak mengetahui

thumbnail

Inilah Cara Kerja Airbag Mobil Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya

2020-12-15

Mengetahui cara kerja airbag mobil adalah hal yang akan membuat Sahabat menyadari betapa berartinya airbag pada mobil. Utamanya, bagi keselamatan Sahabat selaku pemilik