Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Apa itu Fender Mobil? Ini Fungsi dan Cara Menggantinya
22 Februari 2024
Apa itu Fender Mobil? Ini Fungsi dan Cara Menggantinya

Apakah Anda pernah mendengar istilah fender mobil? Jika iya, apakah Anda sudah mengetahui apa komponen tersebut beserta fungsinya? Jika belum, mari perhatikan ulasan berikut ini.

Apa Itu Fender Mobil?

Fender mobil merupakan komponen yang terletak di atas bagian sisi roda pada mobil. Komponen ini biasanya terbuat dari karet, baja, bahkan polyurethane (panel plastik bercampur karet) yang melengkung. Biasanya orang awam menyebutnya dengan istilah spakbor mobil.

Fungsi Fender Mobil

Fender mobil sendiri memiliki beberapa fungsi penting pada mobil. Adapun fungsi selengkapnya sebagai berikut.

1. Pelindung roda

Fender pada mobil berfungsi sebagai pelindung roda, sebab komponen ini bisa dibilang sebagai rumah untuk bagian roda mobil. Komponen ini akan menutupi roda sehingga saat mobil melaju di jalanan, maka fender berfungsi menahan serpihan serta puing-puing di jalanan. Tanpa adanya komponen ini, maka puing dan serpihan kerikil atau aspal akan terhempas seiring berputarnya roda ban. 

2. Pelindung pejalan kaki

Seperti yang dijelaskan di atas, tanpa adanya fender maka puing-puing atau serpihan tanah, pasir, kerikil, dan aspal ketika mobil berjalan. Kondisi tersebut dapat membahayakan pejalan kaki, apabila berjalan di area sekitar mobil tersebut. Dengan adanya fender, maka kondisi tersebut dapat dicegah.

3. Pelindung baret

Fender pada mobil juga bisa melindungi mobil dari risiko terkena baret ketika menyervis mobil. Fungsi ini sebenarnya merupakan fungsi dari fender cover. Komponen ini biasanya terdapat pada sisi kanan dan sisi kiri fender. 

Cara Mengganti Fender Mobil 

Ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui ketika hendak melakukan penggantian fender mobil. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Menempatkan mobil pada lokasi yang stabil dan aman

Sebelum melakukan penggantian fender mobil yang rusak, Anda perlu menempatkan mobil pada lokasi yang stabil dan aman. 

2. Cabut kabel aki

Langkah selanjutnya, cabut semua kabel yang menempel pada aki agar terhindar dari kecelakaan ataupun luka.

3. Siapkan peralatan penggantian

Langkah ketiga, Anda perlu mempersiapkan peralatan penggantian fender seperti berikut.

  • Obeng (slot dan philips)
  • Alat pemotong atau gergaji besi.
  • Kuas.
  • Semir cat mobil.
  • Tang.
  • Set kunci pas mulai dari ukuran 10 mm, 12 mm, 13 mm, 14 mm hingga 15 mm.
  • Fender baru.

4. Lepas bagian roda

Langkah keempat, lepas bagian baut roda dengan kunci pas. Kemudian gunakan dongkrak untuk mengangkat bagian mobil. Lepas roda yang rusak tersebut secara perlahan.

5. Lepas bagian komponen yang terikat dengan fender

Langkah kelima, lepas semua bagian baut dan komponen-komponen yang terikat dengan fender. Contohnya seperti bagian trim, bagian lampu, ataupun bumper. 

6. Lepas fender yang rusak

Langkah keenam, lepaskan fender yang lama atau rusak. Caranya Anda gunakan kunci pas untuk melepas baut-baut yang masih melekat pada bagian bodi mobil dan fender. Kemudian lepas bagian fender secara perlahan.

7. Pasang fender baru

Langkah ketujuh, pasang fender baru. Sebelum melakukan pemasangan fender baru, sebaiknya Anda perlu memeriksa komponen ini apakah ada kerusakan atau tidak. Jika tidak, pasang fender baru ke lokasi fender yang rusak. Gunakan baut baru agar pemasangan fender baru dan mobil dapat terpasang dengan kuat. Pasang kembali komponen yang terkait seperti trim, lampu, dan bumper.

8. Periksa hasil pemasangan

Langkah terakhir, periksa kembali hasil pemasangan fender baru apakah sudah sempurna atau belum. 

Demikian cara mengganti fender mobil yang benar dan bisa Anda contoh. Apabila Anda masih ragu untuk melakukan penggantian secara mandiri, Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat untuk meminta bantuan.

Tips Sahabat Lainnya
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku