Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Apa itu Gearbox Mobil? Ini Fungsi, Penyebab Rusak & Solusinya
13 Maret 2023
Apa itu Gearbox Mobil? Ini Fungsi, Penyebab Rusak & Solusinya

Gearbox mobil merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang kinerja mobil. Meski begitu, tidak sedikit orang yang memahami komponen tersebut. Agar Anda lebih mengenalnya, Anda perlu memperhatikan ulasan berikut ini.

Apa itu Gearbox Mobil?

Gearbox merupakan komponen mobil yang terdapat di dalam sistem transmisi mobil. Gearbox sendiri terdiri dari beberapa gear yang saling terhubung satu sama lain. Gear tersebut berfungsi sebagai penyalur tenaga mesin ketika mobil berjalan. Tenaga tersebut nantinya akan disesuaikan sesuai instruksi penggunaan transmisi.

Fungsi Gearbox Mobil

Setelah Anda mengetahui apa maksud dari gearbox pada mobil, selanjutnya Anda perlu mengetahui fungsinya. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Pengubah momen puntir

Fungsi utama gearbox ialah untuk mengubah momen puntir (daya putar) atau torsi. Kemudian daya tersebut akan diteruskan menuju spindel mobil.

2. Penyedia rasio gigi transmisi mobil

Fungsi kedua sebagai penyedia rasio gigi ketika tuas transmisi diubah. Rasio gigi akan disesuaikan mengikuti beban mesin mobil.

3. Menstabilkan putaran mesin

Fungsi selanjutnya, gearbox akan menstabilkan putaran mesin sehingga tercipta gerakan putaran balik sehingga tidak selip.

4. Pengatur atau pengontrol kecepatan torsi dan laju kendaraan

Fungsi terakhir, gearbox akan menyesuaikan kecepatan torsi dan laju kendaraan sesuai pergantian tuas transmisi. Dengan begitu mobil dapat mundur dan maju dengan mulus.

Baca Juga : Cara Kerja Valve Body Gearbox pada Mobil Matic

Penyebab Kerusakan Gearbox dan Cara Mengatasinya

Mengingat fungsi gearbox yang sangat penting dalam menjalankan mobil agar bisa bergerak. Anda perlu mengetahui ciri-ciri kerusakan pada gearbox. Berikut ciri selengkapnya.

  • Cairan transmisi bocor, serta timbul aroma seperti terbakar.
  • Muncul suara bising, atau suara aneh ketika mobil sedang dinyalakan.
  • Pada bagian dashboard, lampu indikator mesin akan menyala. 
  • Ketika memindahkan tuas transmisi, posisi gigi akan sulit dipindahkan.
  • Mobil menjadi mudah tersentak ketika bermanuver.

Berikut beberapa faktor penyebab kerusakan gearbox pada mobil yang perlu Anda ketahui.

1. Komponen transmisi mobil aus

Adanya kerusakan pada bagian komponen transmisi mobil dapat menyebabkan kondisi gearbox rusak atau aus. Kerusakan tersebut menyebabkan roda gigi pada bagian gearbox saling tumpang tindih atau bergeser. Kondisi tersebut dapat menyebabkan gesekan yang lebih besar antar komponen transmisi dengan gearbox. Dengan begitu, maka sistem transmisi mobil akan mengalami cacat fungsi. 

Untuk mengatasinya, Anda perlu memperhatikan kondisi setiap komponen transmisi mobil. Jika kondisi sudah tidak layak atau sudah lama digunakan segera lakukan penggantian. Lakukan penggantian komponen-komponen tersebut ke bengkel profesional agar mendapatkan pelayanan dan suku cadang yang asli dan berkualitas.

2. Penggunaan komponen transmisi yang kurang berkualitas dan berbeda

Penggunaan komponen transmisi yang tidak sesuai standar atau berbeda dapat menyebabkan kerusakan pada gearbox. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya kecocokan antar komponen, karena tidak presisi. Hal tersebut menyebabkan gearbox tidak dapat menyalurkan tenaga mesin dengan seimbang. Oleh karena itu, Anda harus membeli komponen transmisi yang orisinil. Anda bisa mengunjungi dealer Daihatsu terdekat untuk mendapatkan komponen transmisi yang orisinil.

3. Pemakaian gearbox yang berlebihan

Penggunaan gearbox yang berlebihan juga dapat memperpendek usia gearbox. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu bijak dalam melakukan perpindahan tuas transmisi. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan jarak tempuh mobil Anda sudah mencapai batas maksimal penggunaan gearbox. Biasanya gearbox harus segera diganti apabila jarak tempuh sudah mencapai 100.000 hingga 250.000. Atau setidaknya ganti setiap 5 tahun sekali. 

4. Cairan transmisi (oli) kurang dari kapasitas yang dibutuhkan

Penyebab terakhir, disebabkan karena mobil kekurangan oli transmisi. Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya kebocoran, ataupun karena tidak pernah ganti oli. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengecek kondisi oli transmisi secara rutin. Gunakan oli berkualitas, agar suhu gearbox tetap stabil dan mencegah gesekan berlebih antar komponen. 

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerusakan pada gearbox mobil. 

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor