Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu Hill Start Assist (HSA) dan Fungsinya?

Otomotif

2021-11-30

Hill Start Assist

Hill Start Assist atau HSA dapat Anda temukan pada hampir semua mobil keluaran terbaru. Fitur anti mundur ini masuk kategori fitur keamanan dan keselamatan yang melindungi Anda saat berkendara pada jalan menanjak dan menurun.

Hill Start Assist

Uraian ini akan membahas dengan jelas mengenai fitur HSA berikut apa saja manfaat dan fungsinya. Silakan simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Hill Start Assist Serta Fungsinya

Hill Start Assist (HSA) juga terkenal dengan sebutan hill holder atau hill hold control. HSA merupakan sebuah fitur yang awalnya hanya ada pada mobil – mobil mahal. Namun sekarang sudah tidak lagi.

Belakangan ini HSA yang merupakan satu fitur keamanan dan kenyamanan, sudah dapat Anda temukan hampir pada setiap mobil. Pasalnya fitur ini memiliki peranan sangat penting sehingga mobil kelas bawah pun menggunakannya.

Hal ini membuat mobil kelas bawah tersebut lebih berkualitas dan terjamin dari segi keamanan, keselamatan dan kenyamanan. Anda dapat menemukan fitur ini terutama pada mobil keluaran terbaru dengan harga dua ratus jutaan.

Anda perlu tahu bahwa HSA adalah fitur kontrol yang berupa teknologi bantuan pada sebuah mobil. Fitur ini bekerja untuk menahan mobil saat berada pada sebuah tanjakan.

Dengan kontrol HSA akan dapat membantu mencegah mobil merosot ke belakang. Caranya adalah dengan menahan posisi rem selama beberapa detik saat Anda melakukan perpindahan antara pedal rem dan akselerator.

Tak hanya itu, beberapa jenis HSA juga bisa mencegah kendaraan Anda meluncur ke depan saat melewati turunan. Lantas bagaimana sebenarnya fungsi dan manfaat fitur ini? Ikuti terus ulasan berikut ini.

Fungsi Fitur Hill Start Assist Pada Sebuah Mobil

Tak usah Anda ragukan lagi HSA merupakan fitur yang sangat bermanfaat pada sebuah mobil. HSA memiliki fungsi dan kemampuan mendeteksi jalan menanjak. Dengan sensornya, HSA mengetahui arah putaran roda walaupun sangat perlahan.

Karena itu, dengan adanya teknologi ini Anda tak perlu lagi khawatir saat akan menaiki tanjakan atau turunan. Mengapa, sebab teknologi HSA memungkinkan mobil Anda tak meluncur ke belakang selama 2 hingga 5 detik pada setiap tanjakan.

Cara Kerja Fitur HSA

Seperti yang ada dalam penjelasan mengenai fungsi fitur HSA, fitur ini bekerja dengan menggunakan sensor untuk mendeteksi tanjakan.

Yakni menggunakan sistem komputer yang membuat rem tetap aktif walaupun Anda tak menginjak pedal rem.

Dengan kata lain HSA akan mengaktifkan rem ketika Anda akan berpindah menginjak pedal gas untuk menambah tenaga mobil. Sehingga Anda tak perlu mengaktifkan rem tangan saat sedang dalam posisi menanjak.

Kondisi ini akan membuat Anda bisa fokus memegang setir saja sambil mengatur arah dan laju mobil. Selanjutnya HSA otomatis akan berhenti saat Anda menginjak pedal rem atau gas kembali.

Anda juga perlu tahu bahwa HSA tidak meningkatkan traksi mobil. Fitur ini hanya melakukan pencegahan agar mobil Anda tidak merosot. Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat menggunakan fitur ini.

Anda hanya perlu mengemudi seperti biasanya. Saat mencapai titik harus berhenti, peganglah rem kemudian saat akan menanjak kembali Anda harus lepaskan rem lalu injak pedal gas.

Ketika dalam masa peralihan lepas rem dan injak gas, mobil anda tidak akan mundur namun tetap berhenti selama beberapa detik. Itulah cara kerja yang canggih dari fitur HSA ini.

Fitur Hill Start Assist ini juga telah ada pada mobil keluaran Daihatsu, salah satunya adalah Daihatsu Terios. Karena itu bila Anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap silahkan kunjungi Daihatsu.co.id.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membuka Kunci Mobil Yang Terkunci Dengan HP

2022-08-01

Anda sedang mengalami masalah mobil terkunci dan sulit dibuka? Tenang, kami ada cara mudah untuk membuka kunci mobil yang terkunci dengan HP.Tidak jarang orang yang mengalami hal ini. Mulai

thumbnail

Mengenal Tipe Kondensor AC Mobil dan Jenis Zat Pendinginnya

2021-01-12

Mobil merupakan salah satu moda transportasi pribadi yang kini wajib dimiliki oleh semua keluarga. Selain memberikan kenyamanan, satu unit kendaraannya mampu menampung b

thumbnail

Ketahui Fungsi Sistem PCV pada Mesin Mobil dan Cara Kerjanya

2023-09-29

Fungsi sistem PCV (Positive Crankcase Ventilation) pada mesin adalah membuang blow by gas melalui proses pembakaran dan dialirkan kembali ke bagian silinder untuk pr

thumbnail

STNK Sementara Mobil Baru dan Aturan Plat Putih

2022-10-07

Salah satu dokumen kelengkapan berkendara yang harus dimiliki oleh setiap pengendara adalah STNK serta TNKB asli. Bagi pemilik kendaraan bermotor baru, tentunya dia