Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Apa itu Lower Arm Mobil? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya
12 Desember 2023
Apa itu Lower Arm Mobil? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Di dalam sistem suspensi mobil terdapat beragam komponen yang membantu kinerja sistem tersebut, termasuk lower arm mobil. Lantas apakah yang dimaksud dengan lower arm tersebut? Apakah memiliki peranan yang cukup besar? Bagaimana komponen tersebut bekerja? Yuk, ketahui jawaban dari semua pertanyaan tersebut dengan memperhatikan ulasan berikut ini.

Apa Itu Lower Arm?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lower arm merupakan salah satu komponen dari sistem suspensi mobil. Seperti diketahui, sistem suspensi mobil merupakan sistem yang berperan menjaga kenyamanan penumpang dan pengemudi saat berkendara. Sistem ini akan meredam getaran dan kejutan yang dihasilkan ketika mobil melewati jalanan yang rusak atau kurang rata. Keberhasilan kinerja sistem suspensi tersebut, dipengaruhi oleh beberapa komponen di dalamnya termasuk lower arm. 

Di kalangan otomotif sendiri, lower arm juga dikenal dengan istilah lengan ayun bawah karena terpasang di bawah rangka mobil. Lower arm sendiri pada mobil memiliki desain yang berbeda-beda tergantung dari jenis suspensi yang digunakan. Untuk suspensi jenis double wishbone biasanya desain lower arm berbentuk menyerupai huruf A. Untuk suspensi jenis macpherson biasanya bentuknya menyerupai huruf L. Dan untuk suspensi yang digunakan untuk kendaraan pada umumnya, lower arm berbentuk menyerupai huruf I. 

Fungsi Lower Arm

Pada sistem suspensi mobil, lower arm memiliki fungsi dan peran yang cukup penting. Adapun fungsinya sebagai berikut.

1. Mengontrol gerak roda

Lower arm memiliki fungsi utama yakni mengontrol pergerakan roda. Mulai dari gerak atas atau bawah, dan gerak maju atau mundur. Dalam mengontrol pergerakan tersebut, lower arm akan bersinergi dengan upper arm. Pada kondisi roda mobil bergerak, upper arm akan menjaga posisi roda agar tepat pada posisi yang ditentukan. Sedangkan, lower arm berfungsi menstabilkan roda ketika mobil melaju. 

2. Menopang knuckle arm

Selanjutnya, lower arm berfungsi sebagai penopang knuckle arm. Sebab, lower arm bisa dikatakan sebagai wadah dari knuckle arm. Seperti diketahui, knuckle arm merupakan komponen suspensi mobil yang terletak pada bagian depan roda mobil. Tepatnya, di antara bagian ban dan velg yang terhubung dengan komponen rem mobil dan bagian hub. 

Melalui ball joint yang tersemat pada lower arm, maka komponen rem, roda, dan knuckle arm akan ditopang. Dengan begitu, knuckle arm bisa bergerak lebih bebas karena tidak terhubung langsung dengan lower arm. 

Meski tidak terhubung secara langsung, knuckle arm masih membutuhkan lower arm dalam menahan beban mobil untuk menstabilkan pergerakan roda. 

3. Memastikan roda mobil berbelok secara beriringan

Lower arm pada mobil juga memiliki fungsi lainnya yang tak kalah penting, yakni memastikan roda berbelok secara beriringan. Lower arm akan memastikan pergerakan roda seirama ketika berbelok sesuai dengan sudut kemudi dan roda kanan kiri mobil. Apabila mobil dikemudikan untuk berbelok ke arah kanan maka roda mobil bisa leluasa berbelok sesuai arah kemudi tersebut. Hal tersebut berlaku juga ketika mobil berbelok ke arah kiri.

Cara Kerja Lower Arm

Cara kerja lower arm terbilang cukup kompleks. Ketika mobil melaju di jalanan yang kurang rata, maka akan menimbulkan getaran dan efek kejut. Getaran dan efek kejutan tersebut akan diserap oleh lower arm menggunakan bantuan bushing lower arm (karet peredam getar). Ketika mobil berbelok, lower arm akan membuat geometri suspensi tetap terjaga sehingga posisi roda sejajar dan tidak menimbulkan gesekan pada ban mobil secara masif.

Mengingat peranan lower arm yang cukup tinggi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara, kondisi lower arm harus selalu Anda perhatikan jika mobil sudah oleng, jok depan mengeluarkan bunyi decit, muncul bunyi kasar pada kolong mobil, setir mobil berat, hingga rem tersentak. Hal itu pertanda lower arm rusak dan harus segera diganti. Jangan lupa untuk melakukan penggantian di bengkel Daihatsu untuk mendapatkan suku cadang asli dan pelayanan terbaik. 

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor