Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
7 Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan, Ciri-Ciri & Cara Mengatasi
28 Desember 2022
7 Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan, Ciri-Ciri & Cara Mengatasi

Mengetahui ciri-ciri, serta penyebab mobil limbung sejak dini sangatlah diperlukan. Seperti Anda ketahui, mobil yang limbung ketika berjalan dapat berpotensi besar menyebabkan kecelakaan. Agar keamanan dan keselamatan Anda selalu terjaga saat mengemudikan mobil, yuk perhatikan ulasan berikut.

Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mobil limbung ketika berjalan. Berikut 7 penyebab mobil limbung saat jalan, antara lain :

1. Daya peredam guncangan shock absorber melemah

Penyebab mobil limbung yang pertama yaitu karena daya peredam guncangan shock absorber melemah. Kondisi shock absorber yang melemah, juga berpengaruh terhadap daya redam guncangan komponen tersebut.

Hal tersebut dapat menyebabkan mobil menjadi limbung dan berguncang hebat ketika melewati jalanan yang rusak. Kondisi tersebut juga berpotensi menimbulkan kecelakaan hebat ketika mobil melewati tikungan tajam dengan kecepatan yang cukup tinggi.

2. Deformasi per mobil

Deformasi (perubahan bentuk) pada per mobil juga dapat mempengaruhi sudut kemudi mobil sehingga mengakibatkan mobil limbung ketika berjalan.

3. Tinggi mobil

Tinggi bodi mobil juga menjadi penyebab mobil menjadi limbung saat jalan. Semakin tinggi bodi mobil, semakin besar juga peluang limbung yang ditimbulkan ketika mengendarai mobil. Apalagi ketika mobil berbelok. Kondisi ini biasanya terjadi pada mobil jenis minibus, SUV, dan MPV.

4. Keausan pada karet bushing suspensi

Apabila karet bushing suspensi mobil sudah longgar atau aus, maka Anda perlu waspada. Keausan pada komponen ini dapat membuat sudut kemudi mobil berubah dan sulit dikendalikan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan mobil limbung.

5. Ball joint sudah aus atau longgar

Ball joint yang sudah aus atau longgar juga menyebabkan mobil menjadi limbung ketika dikemudikan. Kondisi tersebut terjadi karena komponen ini mempengaruhi sudut-sudut kemudi mobil.

6. Kondisi ban mobil kurang angin

Kurangnya tekanan angin pada bagian ban mobil juga dapat menyebabkan mobil terasa limbung ketika dikemudikan. Apalagi jika mobil melewati jalanan yang kurang rata atau rusak.

7. Mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi

Penyebab mobil limbung yang terakhir yaitu karena mengemudikan mobilk dengan kecepatan tinggi. Semakin tinggi kecepatan mobil maka semakin tinggi pula daya dorongnya.

Apabila Anda kurang bijak dalam mengemudikan mobil, kecepatan tinggi dapat menyebabkan mobil limbung ketika berbelok. Bahkan berpeluang besar menyebabkan kecelakaan seperti mobil terbalik.

Baca Juga : Tips Bikin Xenia Tidak Limbung Saat Kecepatan Tinggi

Ciri-Ciri Mobil Limbung Ketika Berjalan

Berikut ciri-ciri mobil mengalami limbung ketika dikendarai. 

  1. Adanya guncangan hebat ketika mobil melewati jalanan yang kurang rata sehingga menyebabkan mobil bergoyang.
  2. Ketika berbelok di jalanan rata, muncul guncangan yang menyebabkan mobil menjadi bergoyang-goyang.
  3. Penumpang dan pengemudi mobil terasa akan terhempas ke luar, ketika mobil berkelok.
  4. Gerak mobil kurang wajar ketika berbelok atau pindah ruas jalan (jalur) ketika diikuti dari belakang.

Cara Mengatasi Mobil Limbung Ketika Berjalan

Berikut beberapa cara mengatasi mobil yang limbung ketika dikemudikan. 

1. Mengganti komponen suspensi yang sudah aus

Mengganti komponen-komponen suspensi mobil yang aus seperti ball joint, karet bushing suspensi, dan per mobil dapat mengurangi dan mencegah mobil limbung. 

2. Mengecek kondisi tekanan angin dan ban

Melakukan pengecekan ban dan tekanan angin pada ban dapat mengurangi kondisi mobil limbung ketika berjalan. Untuk memastikan kondisi ban mobil Anda aman, Anda bisa mengecek bagian dinding ban, tekanan angin apakah sudah cukup atau kurang, ketebalan ban, dan rotasi ban. 

3. Melakukan spooring dan balancing 

Melakukan spooring dan balancing pada kaki kaki mobil secara berkala juga dapat mengatasi masalah mobil limbung. Alhasil mobil akan selalu nyaman dan stabil ketika dikemudikan.

4. Mengurangi kecepatan

Mengendarai mobil dengan kecepatan normal juga dapat mengatasi masalah mobil limbung. 

Nah demikianlah pembahasan mengenai beberapa penyebab mobil limbung saat jalan beserta ciri-ciri dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor