Logo Daihatsu
Menu

4 Tanda Kerusakan Bushing pada Mobilmu!

Tips & Trick

2021-04-09

bushing

Seringkali orang mengabaikan bushing pada mobil. Padahal, komponen tersebut tak kalah penting perannya. Bagi yang belum tahu, bushing merupakan komponen mobil yang berfungsi sebagai penyeimbang suspensi mobil, serta peredam getaran. Ciri khas komponen ini adalah ukurannya yang kecil, memiliki bentuk serupa tabung besi, serta memiliki karet di dalamnya.

Walau ukurannya kecil, komponen ini bisa mempengaruhi kinerja mobil. Apalagi, jika kondisinya sudah mulai rusak. Ada beberapa tanda yang menunjukkan, kalau bushing pada mobil mulai rusak. Beberapa tanda tersebut adalah:

1. Munculnya Suara yang Mengganggu

Tanda pertama yang bakal muncul adalah adanya suara yang mengganggu pada mobil. Suara tersebut biasanya terdengar seperti suara gesekan. Suara tersebut bisa Sahabat dengar dari kabin mobil. Terutama, saat mobil melewati jalan yang berlubang dan rusak.

2. Mobil Terasa Kurang Nyaman

Tanda selanjutnya yang akan muncul adalah mobil akan terasa kurang nyaman. Tanda ini akan terasa saat mobil berada di jalanan berlubang atau bergelombang. Pada mobil dengan bushing yang rusak, mobil akan terasa seperti berubah arah. Sekalipun Sahabat tidak sedang memutar kemudi mobil Sahabat.

3. Karet Bushing Mulai Retak

Karet merupakan bagian penting dalam sebuah bushing. Tanpanya, bushing tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai peredam getaran, serta penyeimbang suspensi. Pada bushing yang normal, karet biasanya masih memiliki bentuk yang bagus.

Hal sebaliknya akn terjadi pada bushing yang rusak. Pada bushing yang rusak, karetnya akan mulai sedikit retak. Keretakan karet bushing sendiri bisa terjadi oleh tiga sebab. Pertama, karena bushing bekerja terlalu berat. Kedua, karena mobil terlalu sering melewati jalanan rusak. Dan ketiga, karena strut bar pada bushing mulai pecah.

Salah satu ciri karet bushing mulai retak adalah munculnya bunyi decitan, serta bunyi seperti beradu. Bunyi-bunyian itu biasanya bakal muncul di bagian bawah jok depan mobil. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti karet bushing.

4. Mobil Tidak Seimbang

Tanda terakhir yang bakal muncul adalah mobil akan terasa tidak seimbang. Pada mobil dengan bushing yang rusak, mobil akan melaju tidak seimbang. Seolah-olah mobil hendak melayang ataupun oleng. Ini merupakan tanda bushing mobil rusak yang paling berbahaya. Sebab, kalau dibiarkan saja, hal itu bisa membuat mobil rentan mengalami kecelakaan.

Cara Mengganti Bushing Pada Mobil

Jika bushing mobil mengalami salah satu atau semua tanda di atas, maka Sahabat harus segera mengganti bushing mobilnya. Pada subjudul ini, kami akan beritahu berbagai cara yang mesti dilakukan, guna mengganti bushing pada mobil Sahabat. Cara-cara tersebut bisa Sahabat simak sebagai berikut!

1. Bongkar Sebagian Kaki-Kaki Mobil

Bushing mobil letaknya cukup tersembunyi. Biasanya ada di balik kaki-kaki mobil. Untuk itulh, Sahabat mesti membongkar kaki-kaki mobil, untuk bisa mendapatkan bushing mobil. Agar lebih mudah, Sahabat bisa memakai dongkrak untuk membongkar kaki-kaki mobil itu.

2. Ganti dengan yang Baru

Kalau sudah, lepaskan bushing mobil yang lama dari mobil. Kemudian, ganti dengan bushing arm baru. Habis itu, Sahabat bisa kembali memasang kaki-kaki pada mobil.

3. Gunakan Alat Press

Bila bushing rusak karena bagian karetnya retak, Sahabat bisa memakai cara satu ini. Dengan alat press, karet pada bushing mobil bisa terlepas dengan mudah. Kalau berhasil terlepas, Sahabat bisa langsung melakukan cara selanjutnya, yaitu:

4. Mengganti Karet Bushing

Gantilah karet bushing yang retak dengan karet yang baru. Caranya, ketok karet yang baru ke bushing mobil. Cara tersebut dilakukan agar karet bushing yang baru bisa terpasang dengan lurus. Sahabat bisa memakai palu, jika ingin mengetok karet bushing-nya. 

Kalau tidak, Sahabat bisa memakai alat press sebagai gantinya. Saat karet baru hendak dimasukkan, pastikan karet diberi pelumas berupa oli, agar bisa lebih mudah masuk ke bushing mobil.

Pasang kembali bushing ke tempatnya, bila karet bushing berhasil terpasang. Jangan lupa untuk kembali memasang kaki-kaki mobil.

Baca juga : Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Cepat Hamil setelah KB Suntik, Pola Hidup Sehat menjadi Hal Utama untuk Diperhatikan

2021-01-26

Memiliki keturunan adalah dambaan setiap pasangan. Namun, bisa hamil selalu memiliki tips dan trik tersendiri, terutama untuk perempuan yang sebelumnya sudah menjalankan

thumbnail

Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Gigi Dan Mulut

2021-05-31

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa merokok dapat mendatangkan banyak efek negatif bagi kesehatan secara menyeluruh. Merokok bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung, stroke, da

thumbnail

6 Langkah Awal Mengatasi Mesin Mobil yang Overheat

2020-08-22

Sahabat pasti pernah mengalami mesin mobil overheat saat di perjalanan? Perasaan kamu pasti was-was, khawatir, takut, bingung, dan sebagainya. Setelah kamu baca art

thumbnail

3 Bahan Dapur ini Bisa Bersihkan Karat Pada Mesin Mobil

2020-11-24

Mengetahui cara menghilangkan karat pada mobil sangat penting, agar penampilan dan performa mobil tetap dalam kondisi yang baik. Karena body dan sasis mobil terbuat dari