Logo Daihatsu
Menu

Apa Kegunaan Oli Shock Absorber? Ini Jenis & Ciri Kerusakannya

Otomotif

2022-12-05

Apa Kegunaan Oli Shock Absorber? Ini Jenis & Ciri Kerusakannya

Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai apa kegunaan dari oli shock absorber. Jika anda pernah melewati jalanan berlubang dan tidak rata saat mengendarai sebuah mobil. Ketika melewati jalanan tersebut, Anda terasa biasa saja dan tidak terjadi guncangan yang hebat, meski kondisi jalanan buruk. Hal tersebut terjadi karena pada sistem suspensi mobil terdapat shockbreaker.

Komponen ini berfungsi mengurangi guncangan hebat apabila mobil melewati medan jalanan rusak. Agar shockbreaker berfungsi sebagaimana mestinya maka diperlukan pelumas seperti oli shock absorber. 

Lantas apa kegunaan oli shock absorber pada mobil? Selengkapnya akan diulas secara lengkap mengenai oli shock absorber? 

Fungsi Oli Shock Absorber

Oli shock absorber merupakan pelumas yang digunakan untuk komponen sistem suspensi seperti shockbreaker. Berikut fungsi oli shock absorber selengkapnya. 

  1. Membantu mengayun shockbreaker ketika mobil melewati jalanan yang berlubang atau tidak rata.
  2. Melumasi shockbreaker agar meminimalkan gesekan yang terjadi pada sistem suspensi sehingga shockbreaker tidak cepat aus.
  3. Meredam guncangan atau getaran yang ditimbulkan oleh ban ketika mobil melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang.
  4. Membantu memastikan permukaan ban mobil bersentuhan dengan permukaan aspal atau jalan.
  5. Membantu meningkatkan respons terhadap kendali setir atau kemudi mobil saat mobil bermanuver.

Baca Juga : 4 Komponen yang Perlu Di Cek Saat Kaki-Kaki Mobil Bunyi Kletek-Kletek

Jenis-Jenis Oli Shock Absorber

Oli shock absorber pada mobil memiliki 2 jenis oli berdasarkan kinerja kedua katup shockbreaker (katup lunak dan katup keras). Berikut jenis oli shock absorber selengkapnya.

1. Tipe oli

Tipe ini berfungsi melumasi shockbreaker mobil secara keseluruhan. Pada tipe ini, oli akan mudah masuk ke dalam bagian dalam shockbreaker.

Biasanya oli shock absorber tipe oli digunakan pada mobil-mobil perkotaan. Tujuan pemberian oli ini untuk meredam guncangan ketika mobil sedang dikemudikan sehingga pengendara dan penumpang mobil merasa nyaman.

2. Tipe gas

Oli shock absorber tipe gas, memiliki fungsi yang sama dengan oli shock absorber tipe oli. Yaitu, sama-sama berfungsi untuk meredam guncangan atau getaran selama mengemudikan mobil.

Namun, perbedaannya pada tipe gas menggunakan gas nitrogen untuk mendorong sistem suspensi. Gas nitrogen tersebut digunakan untuk menjaga dan menstabilkan laju katup dan suhu fluida hidrolik yang meningkat.

Tipe gas biasanya digunakan oleh truk atau kendaraan yang mengangkut beban berat lainnya. 

Ciri-Ciri Oli Shock Absorber Rusak dan Harus Segera Diganti

Penggunaan mobil dengan jarak yang tempuh yang cukup jauh, dapat mengurangi kinerja sistem suspensi mobil. Hal tersebut terjadi karena komponen shockbreaker aus dan oli shock absorber sudah mulai habis.

Seperti diketahui, oli shock absorber memiliki fungsi layaknya pelumas pada mesin. Berikut ciri-ciri oli shock absorber mobil harus segera diganti.

1. Muncul suara berisik

Ciri shock absorber rusak adalah munculnya suara berisik pada sistem suspensi mobil bagian belakang. Hal tersebut terjadi akibat shockbreaker sudah mulai aus atau rusak.

2. Kebocoran oli atau merembes 

Oli merembes atau bocor biasanya terjadi akibat seal shock absorber rusak. Hal tersebut membuat sistem suspensi kekurangan oli dan dapat merusak bagian shockbreaker karena timbul gesekan yang terlalu besar.

3. Mobil kurang seimbang

Ciri selanjutnya, mobil menjadi kurang seimbang atau terasa miring ketika berjalan. Hal tersebut terjadi karena shockbreaker mengalami kerusakan sehingga sistem suspensi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

4. Ayunan mobil lebih terasa

Kerusakan shockbreaker dapat menyebabkan kinerja sistem suspensi bermasalah sehingga tidak dapat meredam guncangan ketika mobil melewati jalanan yang tidak rata.

Baca Juga : Alasan Ganti Shockbreaker Harus Sepasang

5. Bagian ban aus

Ciri terakhir, Anda bisa melihat bagian ban mobil Anda. Jika kondisi ban aus bisa jadi terjadi kerusakan pada shockbreaker sehingga harus mengganti shockbreaker dan oli shock absorber.

Setelah membaca ulasan di atas sekarang Anda lebih mengetahui apa kegunaan oli shock absorber pada mobil. Jika ciri-ciri tersebut terjadi pada mobil Anda, segera lakukan perawatan di dealer Daihatsu terdekat untuk mendapatkan layanan yang tepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Awet dan Terlihat Kinclong

2020-11-17

Tak sedikit orang yang menyukai mobil putih. Hal ini karena, warna tersebut mampu membuat mobil terlihat lebih elegan, apalagi jika disejajarkan dengan mobil berwarna ge

thumbnail

Jarang Terbongkar, Ini Rahasia Pedagang Mobil Bekas biar Untung Besar

2020-11-21

Jual beli mobil bekas terlihat sebagai bisnis yang menjanjikan. Bahkan saat pandemi Covid-19 saja, peminat mobil bekas mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tak heran jika saat i

thumbnail

Power Steering Berat? Begini Cara Mengatasi yang Aman

2022-07-27

Salah satu masalah yang sering terjadi pada kendaraan roda empat adalah power steering yang terasa berat dan terkadang disertai bunyi. Lantas, bagaimana cara mengatasi power steering berat? Simak s

thumbnail

Tidur di Mobil dengan AC Menyala? Amankah untuk Tubuhmu?

2021-02-18

Menyalakan mobil sudah sepaket dengan menyalakan AC. Setuju kan Sahabat? Apalagi di kala siang, AC seperti penyelamat dari paparan sinar matahari yang membuat panas dan