Logo Daihatsu
Menu

Tanda-tanda Shockbreaker Belakang Mulai Rusak

Otomotif

2022-05-22

Shockbreaker Belakang Rusak

Setiap kendaraan pastinya dilengkapi dengan adanya shockbreaker. Shockbreaker ini berfungsi agar meredam kejutan saat melewati jalan yang tidak merata. Dengan menggunakan shockbreaker, maka Anda bisa berkendara dengan nyaman dan aman. Tentunya kenyamanan ini bisa didapatkan jika shockbreaker berfungsi dengan baik.

Apa jadinya jika shockbreaker mengalami kerusakan? Sudah pasti saat dikendarai terasa kurang nyaman dan bisa saja membahayakan. Untuk itu saat dirasa shockbreaker belakang rusak, maka segera diperbaiki agar kembali normal. Sudah pasti Anda juga perlu mengetahui bagaimana tanda-tanda dari shockbreaker yang mengalami kerusakan.

Waspada, Ketahui Tanda 4 Shockbreaker Belakang Rusak!

Pemahaman mengenai shockbreaker memang perlu Anda ketahui. Ini dilakukan agar saat dirasa shockbreaker tidak berfungsi dengan baik. Maka Anda bisa langsung memperbaikinya, sehingga kerusakan tidak semakin parah.

Selain itu juga ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan saat mengetahui tanda shockbreaker belakang rusak. Khususnya bagi Anda yang memang memiliki kendaraan yang digunakan sebagai transportasi harian. Berikut merupakan tanda-tanda shockbreaker yang mengalami kerusakan.

1. Mulai Terdengar Suara Berisik

Pada saat kendaraan tidak mengalami kerusakan, pastinya tidak menimbulkan suara aneh dan berisik. Namun jika Anda mendengar suara yang berisik dari arah belakang, khususnya pada bagian shockbreaker. Bisa dipastikan bahwa shockbreaker ini mengalami masalah tertentu. Pada kendaraan motor biasanya terdengar suara gemuruh, terlebih saat  melewati jalan tidak rata.

Sedangkan untuk kendaraan mobil saat terdengar suara bersih bisa terjadi karena kerusakan bushing arm. Apalagi jika ditambah dengan laju mobil yang melenceng ke kiri atau ke kanan, maka sudah pasti penyebabnya berasal dari bagian tersebut.

2. Oli Mengalami Kebocoran

Tanda yang paling mudah diketahui saat shockbreaker belakang rusak adalah ketika oli mengalami kebocoran. Shockbreaker tidak bisa berfungsi dengan baik jika tidak ada oli. Oli bisa mengalami kebocoran jika shockbreakernya mengalami kerusakan. Pada saat oli bocor, maka area sekitarnya akan berlumuran oli.

Jika Anda mendapatkan oli yang berlumuran seperti ini, sudah pasti menjadi tanda bahwa shockbreaker mengalami kerusakan. Kebocoran oli seperti ini juga bisa disebabkan karena seal penutupnya pecah, sehingga menyebabkan oli bisa keluar.

3. Ban Terasa Bergoyang

Shockbreaker yang berada di belakang kendaraan memiliki fungsi cukup penting sebagai kenyamanan saat berkendara. Pada saat shockbreaker belakang rusak, bisa ditandai dengan ban belakang yang terasa bergoyang. Bahkan ban juga tidak akan stabil saat melewati jalan yang tidak rata atau melewati polisi tidur.

Ban yang bergoyang seperti ini tidak hanya mengurangi kenyamanan Anda saat berkendara saja. Namun juga bisa saja membahayakan pengendara jika tidak segera diperbaiki.

4. Pantulan yang Tidak Normal

Tidak hanya terasa ban bergoyang saat melewati jalan tidak rata, Anda juga bisa merasakan pantulan yang tidak normal. Ini terjadi saat suspensi pada bagian depan atau belakang sudah tidak dapat memberikan pantulan yang sempurna karena shockbreaker yang rusak.

Pada saat mengalami hal ini bisa saja pengendara akan merasa kaget dan hilang kontrol. Hal seperti inilah yang bisa membahayakan pengendara. Untuk tu perawatan shockbreaker harus dilakukan secara berkala.

Lakukan pengecekan secara berkala di dealer resmi seperti Daihatsu. Pastikan selalu melakukan servis secara rutin agar kendaraan Anda bisa digunakan dengan baik dan tetap nyaman saat dikendarai.  Dapatkan juga wawasan seputar otomotif yang bermanfaat lainnya dengan cara mengunjungi website kami secara rutin.


Tag

Otomotif

Share This