Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Komponen Shockbreaker Mobil Depan Belakang & Fungsinya
21 Maret 2023
Komponen Shockbreaker Mobil Depan Belakang & Fungsinya

Agar pengemudi dan penumpang mobil tetap merasa nyaman ketika melewati medan jalanan yang rusak atau kurang rata. Para produsen mobil menciptakan sistem suspensi yang di dalamnya terdapat berbagai komponen termasuk komponen shockbreaker mobil. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa komponen tersebut beserta fungsinya agar Anda lebih memahami pentingnya komponen tersebut. Berikut komponen selengkapnya.

Komponen Shockbreaker Mobil Depan dan Belakang beserta Fungsinya Lengkap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, shockbreaker merupakan bagian dari komponen sistem suspensi mobil. Sistem suspensi sendiri diciptakan untuk mengurangi guncangan yang terjadi akibat gesekan roda dengan jalanan yang rusak.

Sistem suspensi tersebut akan meredam guncangan tersebut, dengan memanfaatkan gerak shockbreaker yang mengikuti pantulan roda. Komponen shockbreaker tersebut terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan letak shockbreakernya, Yaitu bagian depan dan belakang. Agar Anda lebih memahaminya, yuk perhatikan ulasan berikut ini.

Komponen-Komponen Shockbreaker Mobil Bagian Depan

Ada beberapa komponen shockbreaker mobil bagian depan yang wajib Anda ketahui. Berikut komponen selengkapnya.

1. Seal oli

Komponen ini berfungsi sebagai penutup oli sehingga mampu mencegah adanya kebocoran minyak dari bagian slider garpu. 

2. Seal debu

Komponen ini berfungsi sebagai penghambat masuknya kotoran atau debu ke bagian slider garpu yang dapat menimbulkan goresan dan memperpendek usia slider garpu.

3. Slider garpu

Komponen ini berfungsi sebagai tempat wadah penampungan minyak atau oli shockbreaker.

4. Cincin stopper

Komponen ini berfungsi sebagai penahan seal oli agar tetap berada pada posisinya dan tidak naik ke atas.

5. Pegas reaksi

Komponen ini berfungsi sebagai peredam dan distributor daya kejut roda ketika mobil berjalan di jalanan yang permukaannya tidak rata. 

6. Tolak garpu

Komponen ini berfungsi sebagai pembagi ruang gerak torak garpu bagian bawah dan atas. Dengan begitu minyak atau oli shockbreaker dapat dialirkan ke bagian atas atau bawah torak. Mekanisme kerja tersebut mirip dengan mekanisme piston.

7. Tabung garpu

Komponen ini berfungsi sebagai penyedia ruang atau penyekat ruang dalam tabung serta bagian slide garpu. 

Baca Juga : Alasan Ganti Shockbreaker Harus Sepasang

Komponen-Komponen Shockbreaker Mobil Bagian Belakang 

Berikut beberapa komponen shockbreaker mobil bagian belakang yang perlu Anda ketahui.

1. Seal shockbreaker

Komponen ini berfungsi untuk mencegah kebocoran fluida yang terdapat di dalam shockbreaker. 

2. Orifice

Komponen ini berfungsi sebagai pengatur gerak satu arah fluida. Komponen ini berperan penting terhadap suspensi yang dihasilkan shockbreaker. Sebab komponen ini bisa dibilang sebagai sebagai penentu jenis suspensi apakah suspensi tersebut keras atau lembut. 

Bentuk komponen ini mirip dengan saluran lubang kecil yang terdapat pada komponen piston. Bentuk saluran tersebut mempengaruhi hasil suspensi, jika salurannya kecil maka suspensi yang dihasilkan keras. Suspensi keras ini biasanya digunakan untuk mobil-mobil dengan keperluan balap. Sedangkan jika salurannya besar, maka suspensi yang dihasilkan akan terasa lembut. 

3. Tabung shockbreaker

Komponen ini berfungsi sebagai rumah atau wadah fluida dan piston ketika bergerak. 

4. Piston

Meskipun sama-sama memiliki nama piston. Komponen ini berbeda dengan piston kompresi mesin mobil. Piston shockbreaker ini terletak di dalam shockbreaker dan berfungsi sebagai penggerak shockbreaker.

Di dalam komponen ini juga terdapat komponen lain yang dikenal dengan istilah piston rod. Komponen ini berfungsi untuk menentukan irama gerak naik turun piston sesuai dengan gerakan roda mobil.

Baca Juga : 4 Ciri-Ciri Shockbreaker Belakang Mobil Rusak dan Minta Ganti

Dengan membaca ulasan di atas, sekarang Anda sudah mengenal beragam komponen yang terdapat di dalam shockbreaker mobil beserta fungsinya. Jangan lupa cek selalu kondisi komponen-komponen ini ya, agar sistem suspensi mobil dapat berfungsi dengan baik.

Apabila salah satu komponen tersebut aus, segera lakukan penggantian di bengkel Daihatsu terdekat agar kenyamanan berkendara Anda selalu terjaga dan tentunya terhindar dari komponen palsu. 

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor