Logo Daihatsu
Menu

Berikut Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 dan 2, Yuk Simak!

Otomotif

2022-10-24

Berikut Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 dan 2, Yuk Simak!

Memahami perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 memang diperlukan. Mengingat peran penting ring piston mobil terhadap kinerja mesin mobil sehingga mobil bisa bermanuver dengan maksimal ketika dikemudikan. 

Kesalahan pemasangan kedua komponen ini seperti pemasangan yang terbalik akan berdampak serius pada mesin mobil. Berikut beberapa dampak yang ditimbulkan, keluar banyak asap putih dari knalpot mobil, oli boros, mesin mobil susah dinyalakan, keluar bunyi berisik dan aneh dari dalam mesin mobil, hingga mesin mobil kurang bertenaga. 

Berikut perbedaan dari kedua komponen tersebut, agar Anda tidak salah memahaminya. 

Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 dan 2 

Berikut beberapa perbedaan yang bisa Anda pahami antara ring piston kompresi 1 dan 2 :

Ring Piston Kompresi 1

  1. Komponen ini dipasang pada urutan paling atas atau nomor satu. Komponen ini terletak di atas ring piston kompresi. Letak komponen ini terbilang paling dekat dengan bagian ruang pembakaran mesin.
  2. Pada bagian tepi luar komponen ini berbentuk rata dan terasa halus ketika Anda merabanya. Sedangkan pada tepi bagian dalam komponen ini berbentuk tirus.
  3. Warna dari komponen ini identik dengan warna abu-abu atau perak dan chrome.
  4. Pada bagian atas ring terdapat tanda eksklusif seperti R,N,T, dan TOP. Tanda tersebut terletak di dekat gap (bagian tepi ring yang memiliki satu warna).
  5. Komponen ini memiliki beberapa fungsi krusial dalam mobil, antara lain: sebagai pencegah kebocoran udara pada proses kompresi mesin dan sebagai penyalur panas. Panas dari bagian kepala piston (mahkota) akan disalurkan pada bagian dinding silinder.

Baca Juga : Cara Mudah Pasang Ring Piston Mobil Anti Ngebul

Ring Piston Kompresi 2

  1. Komponen ini terletak di bawah ring piston kompresi 1 dan terpasang di urutan kedua.
  2. Ketika Anda meraba bagian tepi luar bagian ini hendaknya lebih berhati-hati, karena pada bagian sisi bawah sedikit tajam. Namun, pada sisi bagian tepi atas tetap terasa halus ketika merabanya. 
  3. Pada bagian tepi dalam komponen ini berbentuk rata, sedangkan pada bagian tepi luar komponen ini berbentuk tirus.
  4. Perbedaan warna ring piston kompresi 2 terbilang lebih pekat atau gelap daripada warna ring piston kompresi 1. Warna yang digunakan komponen ini identik dengan warna hitam.
  5. Komponen ini juga memiliki tanda khusus layaknya ring piston kompresi 1. Namun, pada komponen ini tanda khusus tersebut berupa 2R dan terletak di dekat gap dengan 2 warna.
  6. Komponen ini berfungsi sebagai penahan kebocoran udara yang berasal dari bagian ring piston kompresi 1. Selain itu, komponen ini berfungsi membersihkan dinding silinder dari sisa minyak pelumas atau oli yang menempel sehingga tidak masuk ke ruang pembakaran mobil.

Baca Juga : Daftar Ukuran Diameter Piston Mobil Terlengkap

Setelah Anda memperhatikan ulasan tentang perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 seperti atas, apakah Anda sudah paham? Jika Anda sudah paham, Anda bisa langsung mempraktikkan ilmu tersebut ketika Anda ingin mengganti atau memasang ring piston mobil. Anda tetap harus teliti ketika hendak melakukan pemasangan. 

Bila Anda merasa kurang ahli dalam pemasangan ring piston, hendaknya Anda segera meminta bantuan tenaga profesional yang ahli dalam bidangnya. Anda bisa mengunjungi bengkel profesional atau dealer resmi Daihatsu untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pemasangan ring piston yang tepat akan membuat mobil Anda semakin bertenaga dan lihai ketika bermanuver. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Efek Negatif Pemakaian BBM Diesel Tinggi Sulfur

2022-02-28

Kualitas bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan diese

thumbnail

Mengenal Beberapa Rambu Peringatan yang Lazim Ada di Jalan Raya

2021-01-04

Rambu peringatan adalah salah satu jenis

thumbnail

Berapa Standar RPM Normal Mobil Matic? Ketahui Disini!

2022-08-09

Bicara soal otomotif memang tidak akan pernah kehabisan materi untuk dibahas termasuk

thumbnail

Cara Melakukan Perawatan Freon AC Mobil yang Aman dan Praktis!

2021-08-01

Kenyamanan berkendara seseorang ketika mengendarai sebuah mobil biasanya semakin meningkat dengan keberadaan AC mobil. Namun begitu, freon AC mobil biasanya bisa habis d