Logo Daihatsu
Menu

Cara Mudah Pasang Ring Piston Mobil Anti Ngebul

Otomotif

2022-08-09

Cara Pasang Ring Piston Mobil yang benar dan Anti Ngebul

Saat performa mesin mobil Anda mengalami masalah seakan tidak bertenaga lagi, berarti Anda perlu waspada. Biasanya kondisi tersebut menandakan ring piston harus segera diganti. Cara pasang ring piston mobil juga harus Anda perhatikan dengan baik dan teliti.

Jika pemasangan dilakukan dengan salah, asal-asalan atau terbalik maka mesin mobil akan sulit untuk dinyalakan, tidak bertenaga, keluar bunyi kletek, hingga mengeluarkan banyak asap putih dari knalpot. Tentu hal tersebut tidak ingin Anda alami.

Langkah-Langkah Cara Pasang Ring Piston yang Benar

Sebelum melakukan langkah-langkah pemasangannya, apa Anda sudah tahu fungsi dari ring piston ini? Jadi, ring piston ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran di kompresi dalam ruang bakar.

Selain itu, peran penting ring piston mobil untuk mengirim panas dan mengurangi gesekan dalam dinding silinder.

Agar mobil tidak ngebul ketika dipasang ring piston, simak langkah-langkah cara pasang ring piston mobil bensin maupun diesel yang benar berikut ini. 

1. Lakukan Pembongkaran Pada Mesin

Pada saat ingin pemasangan ring piston yang baru, Anda bisa bongkar mesin mobil terlebih dahulu karena piston berada di dalam mesin.

Sebelum melakukan pembongkaran, pastikan sudah hafal tata letak komponen di area mesin mobil supaya memudahkan Anda saat melakukan pemasangan. Pastikan Anda sudah melepas piston dari tangkai piston. 

2. Lepas Ring Piston

Jika sudah melepas piston dari tangkainya, langkah selanjutnya adalah lepaskan bagian ring piston satu per satu secara perlahan mulai dari ring kompresi 1, ring kompresi 2, hingga ring oli. 

3. Bersihkan Groove Ring Piston

Selanjutnya, Anda dapat membersihkan groove atau alur ring piston terlebih dahulu sebelum melakukan proses pemasangan ring.

Kebersihan groove sangat menentukan keberhasilan Anda pada saat melakukan proses pemasangan ring piston.

Kotoran yang melekat pada groove dapat menyebabkan ring tidak akan pas pada saat dipasang karena adanya ganjalan dari kotoran. Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu bagian dengan menggunakan kuas maupun kompresor.

Baca Juga : Penyebab Piston Kaliper Rem Mobil Berkarat dan Cara Membersihkannya

4. Pasang Ring Piston Satu per Satu Secara Urut

Ring piston pada dasarnya memiliki tiga jenis yaitu ring kompresi 1, 2, dan ring oli. Sebelum melakukan langkah pemasangan sebaiknya Anda ketahui ciri-ciri masing-masing jenis ring piston.

  • Ring Kompresi 1

Ring jenis ini memiliki ciri khas berbentuk oval atau tirus pada ujung pinggirannya, berwarna abu-abu atau putih, terletak di bagian piston paling atas dan berperan terhadap kompresi mesin. 

  • Ring Kompresi 2

Ring jenis ini memiliki peran menghasilkan kompresi mesin hingga mencegah oli mesin untuk masuk ke ruang pembakaran mesin.

Sehingga ring ini mencegah pemborosan oli mesin, dan mencegah mesin mobil Anda ngebul. Memiliki ujung tepi berbentuk siku-siku berwarna hitam dan terletak pada lajur kedua. 

  • Ring Oli

Ring jenis ini terletak pada bagian piston paling bawah, berbentuk spiral, berwarna cerah, berperan sebagai filtrasi oli mesin agar tidak masuk kebagian permukaan silinder.

Ring ini memiliki 3 bagian ring yang harus dipasang dengan benar sesuai susunan seperti rail ring (di atas), exander ring spiral (di tengah), dan rail ring (di bawah).

Setelah mengetahui jenisnya, saatnya lakukan pemasangan dengan memperhatikan susunan ring piston yang benar berikut ini :

  1. Pasang ring piston kompresi 1, pastikan Anda sudah mengecek kode huruf dan pastikan menghadap ke atas
  2. Langkah kedua pasang ring kompresi 2 seperti langkah sebelumnya
  3. Selanjutnya pasang ring oli sesuai urutan yang benar.

Pastikan Anda melakukan langkah diatas dengan benar dan jangan sampai salah pasang ring piston, ya. Gimana sangat mudah bukan? Langkah terakhir yaitu memasang ring piston ke silinder blok.

5. Pasang Ring Piston ke Silinder Blok

Setelah ring piston dipasang sesuai urutan yang benar, selanjutnya Anda bisa langsung pasang ring piston ke bagian blok silinder pada mobil

Begitulah cara pasang ring piston mobil anti ngebul yang bisa Anda terapkan saat mesin mobil mengalami masalah. Meskipun terbilang mudah, diperlukan ketelitian saat proses pemasangan.

Bagi Anda yang belum yakin untuk melakukan proses pemasangan sendiri di rumah sebaiknya Anda dapat membawa mobil Anda ke bengkel resmi Daihatsu terdekat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Menelisik Sejarah Singkat Lampu Lalu Lintas

2022-08-09

Lampu lalu lintas merupakan lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di simpang jalan, zebra cross dan beberapa tempat strategis lainnya. Lampu ini yang

thumbnail

Roof Rail: dari Fungsi hingga Tips Pemasangan agar Mobil Tetap Aman

2022-08-09

Roof rail adalah aksesoris mobil yang bisa membuat sehingga mobil tampak gagah. daripada lainnya yang tidak memilikinya. Namun, ada beberapa mobil yang tidak dilengkapi

thumbnail

Mengetahui Ukuran Garasi Mobil dan Faktor yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuatnya

2022-08-09

Garasi merupakan elemen penting dari sebuah rumah, khususnya hunian untuk mereka yang memiliki kendaraan pribadi. Ruangan luas yang ada di salah satu sisi rumah ini kera

thumbnail

Stasiun Pengisian Mobil Listrik - Daftar Tempat dan Cara Mengisinya

2022-08-09

Stasiun pengisian mobil listrik adalah tempat pengisian ulang baterai mobil listrik yang biasanya ada di tempat umum maupun privat. Stasiun pengisian mobil listrik terka