Logo Daihatsu
Menu

Yuk, Ikuti 4 Cara Bongkar Mesin Mobil yang Benar

Otomotif

2020-12-30

cara  bongkar mesin mobil

Sebuah kendaraan tidak selamanya bisa bekerja secara optimal setiap kali digunakan. Adakalanya kendaraan mengalami turun mesin, kondisi di mana mesin dalam kendaraan harus dibongkar. 

Kala kendaraan kesayangan Anda mengalami hal seperti ini, sebaiknya dibawa ke tempat servis resmi. Untuk itu, berikut akan diulas cara bongkar mesin mobil yang benar.

1. Melepas Kap Mobil

Hal yang paling penting sebelum bongkar mesin, yaitu melepas kap mesin. di mana di kap ini merupakan tempat berbagai komponen dari mobil berada. Lepaskan beberapa baut penghubung antara kap dengan mobil. 

Jangan lupa untuk memberikan tanda pada baut engsel guna memudahkan Anda tatkala akan memasangnya kembali nantinya. Ketika akan melepaskan kap, Anda bisa meminta bantuan asisten. Pastikan bahwa Anda melepaskannya secara perlahan, kemudian menyimpannya di tempat yang aman. 

Lepaskan beberapa koneksi listrik yang terdapat pada kap mesin ini. Biasanya koneksi listrik yang dilepaskan tersebut merupakan saluran untuk penerangan seperti lampu depan, lampu sein, dan lampu kabut.

Baca juga: 3 Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Konfigurasinya

2. Mulai Melepaskan Beberapa Komponen Luar Mesin

Cara bongkar mesin mobil selanjutnya, yaitu dengan memulai melepaskan beberapa komponen luar dari mesin. Pertama tama, lepaskan terlebih dahulu koneksi ground pada aki kemudian buang cairan radiator dan selangnya.

Hal ini untuk memastikan keamanan Anda ketika membongkar mesin. Saat membuang cairan tersebut, jangan sampai Anda merusak klem logam.

Kemudian lepaskan kipas radiator serta penutupnya (jika ada) dengan hati hati. Karena sirip aluminium yang terdapat di radiator mudah rusak. Beberapa bagian lainnya seperti alternator, rangkaian pengencang, kipas pendingin, dan belt juga perlu untuk dilepas. 

Tak hanya itu saja, lepaskan juga saluran masuk udara serta selang bahan bakar yang terdapat pada mobil. Perlu Anda ketahui, bahwa terdapat beberapa mobil dengan bahan bakar bertekanan, sehingga Anda perlu membuang bahan bakar tersebut serta melepaskan tekanannya. 

Kala membuka baut pompa power steering dan kompresor AC dalam cara bongkar mesin mobil ini, cobalah untuk melakukannya tanpa melepas bagian selangnya untuk menghemat waktu.

3. Melepaskan Semua Koneksi Listrik Pada Mesin

Usai melepas beberapa komponen luar mesin, berikutnya yaitu melepaskan semua koneksi listrik yang terhubung pada mesin kendaraan. Dalam hal ini Anda pun masih bisa membiarkan busi tetap berada pada tempatnya. 

Namun sebelumnya, pastikan dulu jika saluran buang dan koneksi listrik pada transmisi telah dilepas. Baru kemudian transmisi bisa dilepas dengan tenang.

4. Mengangkat Mesin Dengan Katrol

Seperti yang diketahui, bahwa setiap komponen mesin di dalam mobil disambungkan dengan beberapa baut. 

Untuk itu, lepaskan terlebih dahulu beberapa baut di dalamnya terutama baut yang memegang bonggol transmisi pada mesin dengan menggunakan alat khusus. 

Setelah itu, cara bongkar mesin mobil selanjutnya yaitu mengangkat mesin yang terdapat dalam kap mobil menggunakan katrol.

Kendaraan yang sering digunakan, pastinya akan mengalami turun mesin yang menyebabkan mesin harus dibongkar. Pembongkaran satu ini hanya bisa dilakukan oleh para teknisi di bengkel maupun tempat servis resmi. 

Kala performa yang diciptakan oleh kendaraan kesayangan Anda tidak lagi optimal, maka hal tersebut bisa jadi pertanda turun mesin.

Baca juga :  6 Langkah Awal Mengatasi Mesin Mobil yang Overheat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Mekanik? Berikut Tugas dan Tanggungjawabnya

2022-09-26

Apa itu mekanik? Mungkin ini menjadi pertanyaan yang pernah Anda lontarkan sebelumnya. Anda pasti sering mendengar istilah ini. Sebenarnya, apa tugas yang dimiliki m

thumbnail

Ukuran Carport 1 Mobil yang Ideal untuk Garasi Rumah, Yuk Cek!

2023-07-31

Sebelum membuat garasi di rumah untuk mobil yang hendak dibeli, sebaiknya para pemilik mobil perlu mengetahui ukuran carport 1 mobil yang ideal. Sebab jika, terlalu

thumbnail

Cara Memutar Setir Mobil yang Benar Saat Belok

2022-07-25

Pada dasarnya setiap pengemudi mempunyai gaya berkendara di jalan raya yang berbeda-beda. Lantas, bagaimana cara memutar setir mobil yang benar saat belok?Ketika memutar setir mobil. Ada pen

thumbnail

Mengenal Cara Kerja dan Keunggulan Kopling Hidrolik

2020-11-18

Sahabat, ada dua jenis transmisi mesin pada mobil, yakni transmisi manual dan otomatis. Jenis transmisi ini biasanya lebih sering disebut sebagai mobil manual dan mobil&